Diajak Manortor dan Menyanyi Sinanggar Tulo, Sandiaga Uno Terkenang SD

Kabupaten Samosir jadi harapan untuk tingkatkan kapasitas

Medan, IDN Times - Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) disambut tarian tortor, pada Kamis (20/7/2023).

Sandiaga berada di Samosir dalam rangka menghadiri Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia. Berlokasi di Sopo Bolon HKBP Pangururan.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno diajak manortor dan juga menyanyikan lagu Batak "Sinanggar Tulo".

1. Lagu Sinanggar Tulo ini merupakan lagu wajib Sandiaga Uni saat SD

Diajak Manortor dan Menyanyi Sinanggar Tulo, Sandiaga Uno Terkenang SDMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)

Usai Manortor dan menyanyi, Sandiaga mengatakan, "Sinanggar Tulo" adalah salah satu lagu wajib yang harus dinyanyikan saat dirinya Sekolah Dasar (SD). Saat itu, Kepala Sekolah orang batak, marga Panggabean.

“Sinanggar Tulo ini lagu wajib dinyanyikan saat saya SD. Kepala Sekolah saat itu, Ibu Tiur. Ini lagu wajib,” ucapnya.

Untuk diketahui, Manortor merupakan prosesi tarian sebagai bentuk kegembiraan dan penghormatan bagi orang batak. Begitu juga "Sinanggar Tulo".

Baca Juga: Baliho Ganjar dan Prabowo Ramai di Sumut, Sandiaga: Saya Ajak ke Toba

2. KaTa Kreatif diharapkan dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif

Diajak Manortor dan Menyanyi Sinanggar Tulo, Sandiaga Uno Terkenang SDMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)

Saat ini Sandiaga Uno terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir, agar dapat terus berkembang dan berkarya. Hal ini sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Kabupaten Samosir merupakan lokasi ke-21 dari rangkaian program Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia tahun 2023.

Peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan KaTa Kreatif adalah pelaku Ekonomi Kreatif yang berada di Kabupaten Samosir dengan jumlah peserta sebanyak 200 pelaku ekonomi kreatif subsektor Seni Pertunjukan, Kuliner dan Kriya.

“Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir,” sebut Sandiaga Uno.

Kemenparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kabupaten Samosir dengan melalui kegiatan jejaring kabupaten/kota kreatif, sehingga dapat mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya untuk memperkuat kolaborasi nasional agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Kegiatan workshop ini turut dihadiri Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom. Kegiatan workshop juga diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya, Ade Sugriwa, untuk berbagi pengalaman dan memberi materi pembelajaran terkait pengembangan bisnis ekraf melalui strategi branding dan digital marketing.

3. Kabupaten Samosir jadi harapan tingkatkan kapasitas bersaing dan ciptakan lapangan kerja luas

Diajak Manortor dan Menyanyi Sinanggar Tulo, Sandiaga Uno Terkenang SDMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)

Dengan terlaksananya workshop di Kabupaten Samosir ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi sekitarnya.

Selain itu juga meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan terutama bagi Kementerian/Lembaga pusat dan daerah yang dapat direalisasikan dengan rencana aksi dengan tegas dan gerak cepat untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil merata.

Baca Juga: Senyum Sang Flamboyan di Reli Danau Toba 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya