Kapolsek Miliarder, AKP Manaek Lebih Kaya daripada Kapolda Irjen Panca

Sumber harta kekayaan berdasarkan LHKPN KPK 2021

Para petinggi Polri mulai dari jajaran paling atas hingga Kapolres dipanggil Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo ke Istana negara, Jumat (14/10/2022).  Salah satu poin yang dikritisi Jokowi adalah soal gaya hidup mewah para polisi.

Jokowi menilai, gaya hidup mewah itu menimbulkan kecemburuan sosial di tengah krisis ekonomi yang melanda.

"Ini yang semua Kapolda, Kapolres, Pejabat utama semua harus tahu bahwa keadaan ini harus mengerti sehingga memiliki sense of crisis yang sama. Hati-hati dengan ini, hati-hati," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2022).

Jokowi meminta para polisi tidak memamerkan kemewahan ke tengah publik. Mengingat, polisi adalah pengayom dan pelindung masyarakat.

Setelah pernyataan Jokowi, kekayaan para Kapolda-Kapolda di Indonesia banyak diulas berdasarkan data dari Laporan Kekayaan Harta Pejabat Negara (LHKPN) KPK.

Yang paling mengejutkan terjadi di Sumatera Utara. Ada seorang Kapolsek di Kota Pematangsiantar harta kekayaannya lebih besar dari pada Kapolda Sumut. Yuk simak.

1. Harta AKP Manaek lebih banyak Rp2,8 Miliar dari Kapolda Irjen Panca

Kapolsek Miliarder, AKP Manaek Lebih Kaya daripada Kapolda Irjen PancaKapolsek Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumut, AKP Manaek S Ritonga memiliki kekayaan Rp 11,4 miliar (Dok. IDN Times)

Berdasarkan LHKPN KPK tahun 2021, Kapolsek Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumut, AKP Manaek S Ritonga memiliki kekayaan Rp 11,4 miliar.

Jelas jumlah yang mengejutkan untuk seorang polisi berpangkat AKP. Bahkan kekayaan Manaek lebih besar dari pada Kapolda Sumut, Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak.

Berdasarkan data LHKP KPK kekayaan Irjen Panca hanya Rp8,6 miliar. 

2. Kekayaan AKP Manaek bertambah Rp11 miliar lebih dalam setahun

Kapolsek Miliarder, AKP Manaek Lebih Kaya daripada Kapolda Irjen PancaFoto Kolase Kapolsek Siantar Martona, AKP Manaek S Ritonga dan Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak (Dok. IDN Times)

Dalam laporan pertamanya ke LHKPN KPK tahun 2020, AKP Manaek melaporkan kekayaannya hanya Rp134 juta.

Harta yang dimilikinya kala itu hanya Motor Honda Tahun 2016 seharga Rp8 juta dan kas  senilai Rp126.800.000

Setahun kemudian, mantan Kapolsek Siantar Utara ini kembali melaporkan harta kekayaannya ke LHKPN KPK. Ia secara resmi melaporkam harta kekayaannya menjadi Rp11,4 miliar.

AKP Manaek melaporkan memiliki tiga bidang tanah masing-masing senilai Rp 1,1 miliar, Rp 2 miliar, dan Rp 8 miliar.

Kemudian tiga unit alat transportasi dengan total 187 juta, serta kas dan setara kas senilai Rp 113 juta.

Total kekayaan AKP Manaek S Ritonga senilai Rp 11,4 miliar lebih adalah hasil sendiri.

Beberapa waktu lalu sejumlah jurnalis pernah menanyai AKP Manaek terkait harta kekayaannya ini, namun ia bungkam. 

3. Berikut harta yang dimiliki Kapolda Sumut Irjen Panca

Kapolsek Miliarder, AKP Manaek Lebih Kaya daripada Kapolda Irjen PancaKapolda Sumut, Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak (Dok. IDN Times)

Dari data LHKPN itu, Irjen Panca memiliki tanah dan bangunan di Semarang dan Tangerang Selatan. Luas aset di Semarang masing-masing; tanah 254 meter dan bangunan 180 m2. Nilai tanah dan dan bangunan di Semarang nilainya mencapai Rp4 miliar

Sementara untuk tanah dan bangunan di Kota Tangerang Selatan, Jakarta, Panca memiliki luas tanah 250 m2 dan bangunan 180 m2 dengan nilai Rp3 miliar.

Panca tercatat hanya memiliki dua unit mobil, itupun bukan kategori mewah yang harganya lebih dari Rp500 juta.

Panca hanya punya Toyota Harier 2010 dan Honda CRV 2014. Nilainya masing-masing Rp175 juta untuk Toyota Harier dan Rp250 juta untuk Honda CRV. Bahkan jika ditotal kedua mobilnya tak menyentuh angka Rp500 juta.

Data LHKPN menunjukkan Panca memiliki Rp105 juta harta bergerak lainnya dan Kas dan setara kas Rp1,105 miliar.Total keseluruhan kekayaan Panca adalah Rp8,635 miliar.

Baca Juga: Tak Punya Mobil Mewah, Segini Harta Kekayaan Kapolda Sumut Irjen Panca

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya