2 Tahun Menjabat, Muryanto Amin Jadi Rektor PTN Terkaya Ke-6 Indonesia

Rektor PTN lain di Sumut kira-kira berapa ya kekayaannya?

Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau kampus negeri di Indonesia memiliki kewajiban untuk melaporkan harta kekayaan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui LHKPN.

Berdasarkan laporan kekayaan yang dilaporkan LHKPN tahun 2021 menunjukkan bahwa beberapa rektor PTN atau kampus negeri memiliki kekayaan yang tak kaleng-kaleng.

Dari data yang telah dirangkum oleh Akun TikTok @SangJuaraSchool dari laman resmi masing-masing PTN atau kampus negeri di Idonesia. Rektor PTN paling kaya nomor 1 memiliki kekayaan mencapai lebih dari Rp60 miliar.

Baru 2 tahun menjabat sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Muryanto Amin langsung melejit menduduki peringkat keenam terkaya.

Posisi ini juga menempatkan Muryanto sebagai pimpinan kampus negeri paling kaya di Sumut. Yuk simak perbandingannya:

Baca Juga: Intip Kekayaan Pejabat di Sumut: Ijeck Terkaya, Harta Edy Menyurut

1. Rektor UI paling tajir

2 Tahun Menjabat, Muryanto Amin Jadi Rektor PTN Terkaya Ke-6 IndonesiaRektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro (www.feb.ac.id)

Di jajaran rektor PTN se-Indonesia, Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, menjadi yang terkaya dengan Total Kekayaan Rp62,3 miliar.

Disusul Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia dengan kekayaan Rp29,2 Miliar, Rektor ITS Prof. Dr. Ir Mochamad Ashari, memiliki kekayaan Rp25,5 Miliar dan Rektor UIN Malang, Prof. Dr. HM Zainuddin mencatatkan kekayaan Rp18,6 Miliar.

Kemudian Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, PhD memiliki kekayaan Rp14,1 miliar, disusul Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin dengan total Kekayaan Rp13,1 miliar dan Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti dengan kekayaan Rp10,3 miliar.

2. Setahun menjadi rektor, harta kekayaan Muryanto bertambah Rp3,6 miliar

2 Tahun Menjabat, Muryanto Amin Jadi Rektor PTN Terkaya Ke-6 IndonesiaMuryanto Amin resmi dilantik jadi Rektor USU di Jakarta, Kamis (28/1/2021) (Dok.IDN Times/istimewa)

Meski ‘hanya’ posisi keenam rektor PTN terkaya, namun peningkatan harta kekayaan Muryanto Amin cukup signifikan. Saat masih menjabat Dekat FISIP USU, berdasarkan laporan LHKPN KPK 2019, harta kekayaan Muryanto Amin hanya Rp8,5 Miliar.

Dengan rincian memiliki harta dalam bentuk tanah dan bangunan senilai Rp4,1 miliar, memiliki dua mobil innova dan satu fortuner senilai Rp960 juta.

Harta bergerak lainnya Rp136 juta, Surat berharga Rp543 juta, serta kas dan setara kas Rp. 2,8 miliar.

Setahun kemudian saat masih menjabat Dekan FISIP USU, berdasarkan laporan LHKPN KPK 2020, harta kekayaan Muryanto Amin bertambah Rp1 miliar menjadi Rp9,5 miliar.

Dengan rincian memiliki harta dalam bentuk tanah dan bangunan senilai Rp4,4 miliar, memiliki dua mobil innova dan satu fortuner senilai Rp810 juta.

Harta bergerak lainnya Rp136 juta, Surat berharga Rp354 juta, serta kas dan setara kas Rp. 3,7 miliar.

Pada 28 Januari 2021 Muryanto dilantik sebagai Rektor USU periode 2021-2026. Setahun menjabat ia kembali melaporkan kekayaan ke LHKPN KPK. Kekayaan Muryanto bertambah Rp3,6 miliar dari tahun sebelumnya menjadi Rp13,1 miliar yang akhirnya mengantarkan dirinya ke posisi 6 rektor PTN terkaya di Indonesia.

Dengan rincian harga dalam bentuk tanah dan bangunan Rp7,8 miliar, dua mobil innova dan satu fortuner senilai Rp650 juta. Ada juga Harta bergerak lainnya Rp219 juta, Surat berharga Rp362 juta, kas dan setara kas Rp3,3 miliar, serta harta lainnya Rp774 juta.

Jumlah kekayaannya ini membuat Muryanto sebagai rektor kampus negeri terkaya di Sumut. Berapa ya kekayaan rektor kampus PTN lain di Sumut?

3. Yuk intip harta kekayaan pimpinan kampus negeri lain di Sumut

2 Tahun Menjabat, Muryanto Amin Jadi Rektor PTN Terkaya Ke-6 IndonesiaHarta kekayaan rektor PTN se-Sumut (IDN Times/Mardya Shakti)

Di Sumatera Utara ada 7 kampus berstatus negeri: USU, Universitas Negeri Medan (Unimed), UIN Sumatera Utara, Politeknik Negeri Medan (Polmed), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), IAIN Padangsidimpuan, dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung.

Dari tujuh pimpinan kampus negeri ini, hanya Rektor IAKN Tarutung, Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian, M.Si yang tidak ditemukan laporan LHKPN-nya (LHKPN KPK tahun 2021).

Di luar Muryanto Amin dan Albiner Siagian, Direktur Polimedia Periode 2022-2026 Tipri Rose Kartika, S.E., M.M menjadi yang terkaya dengan total kekayaan Rp5,6 miliar. Tipri memimpin tiga kampus Polimedia di Indonesia, masing-masing di Jakarta, Medan, dan Makassar.

Rektor Universitas Negeri Medan untuk periode 2019-2023 adalah Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes memiliki kekayaan Rp3,2 miliar.

Direktur Polmed 2019-2023 Abdul Rahman memiliki kekayaan Rp2,8 miliar.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan Muhammad Darwis Dasopang memiliki kekayaan Rp1,4 miliar.

Sedangkan Plt. Rektor  UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag hanya memiliki kekayaan Rp1,1 miliar.

Itulah deretan kekayaan pimpinan kampus negeri di Sumatera Utara.

Baca Juga: Kronologi Pemakzulan Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya