Comscore Tracker

Tas Ancaman Bom Bikin Heboh di Siantar, Polisi Buru Peneror

Tim penjinak bom turun ke lokasi

Pematangsiantar, IDN Times - Suasana di sekitaran Jalan MH Sitorus, Kecamatan Siantar Barat mendadak heboh pada Senin (30/8/2021). Puluhan warga penasaran sekaligus cemas karena adanya temuan tas bertuliskan 'awas ada bom' di tiang yang tidak jauh dari Taman Hewan Pematangsiantar itu. 

Kepolisian dibantu TNI langsung merapat ke lokasi temuan. Police line pun langsung dipasang mengelilingi tas ransel yang tergantung itu untuk menjaga jarak aman warga.  

1. Tim Jibom diturunkan ke lokasi

Tas Ancaman Bom Bikin Heboh di Siantar, Polisi Buru PenerorIlustrasi. Tim Penjinak Bom Polda Aceh saat berada di rumah Ahmad Yani (Antara//Syifa Yulinnas)

Kapolres Siantar AKBP Boy Siregar yang ditemui di lokasi meminta agar warga menjauhi area penemuan tas sembari menunggu hasil dari pemeriksaan Polisi. 

"Sesuai SOP, kita harus melakukan perimeter supaya tidak ada kerumunan yang mendekat dengan barang tersebut. Atas perintah pimpinan, kami menunggu dari tim Jibom dari Gegana Polda Sumut," ujarnya. 

Beberapa jam kemudian, tim penjinak bom (Jibom) Polda Sumut tiba di lokasi. Personil dengan pakaian khusus menurunkan tas tersebut. 

Baca Juga: Lurah Dianiaya di Siantar, Oknum TNI Diperiksa di Denpom

2. Isi tas ternyata pecahan keramik

Tas Ancaman Bom Bikin Heboh di Siantar, Polisi Buru PenerorTas bertuliskan 'awas ada bom' berisi keramik (IDN Times/Gideon Aritonang)

Setelah dibuka, tas itu ternyata berisi bongkahan keramik. "Informasinya seperti itu (tidak bahan peledak). Saat ini akan diperiksa lagi tas yang mencurigakan itu," katanya.  

Boy sangat menyayangkan perilaku semacam itu. Ia menegaskan, akan melakukan penindakan kepada pelaku. "Jadi ini bukan semacam prank, namun sudah tindakan ancaman," tegasnya. 

3. Polisi cari pelaku teror tersebut

Tas Ancaman Bom Bikin Heboh di Siantar, Polisi Buru PenerorKapolres Siantar AKBP Boy Siregar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Boy melanjutkan pihaknya dibantu TNI masih menggali informasi atas temuan itu. Mereka, kata dia akan mencari pelaku teror yang meresahkan warga tersebut. 

"Saat ini baik polisi dan TNI tengah mencari informasi soal tas itu. Kita sedang melakukan penyisiran mencari saksi-saksi yang mengetahui dari jam berapa tas itu ada, dan siapa yang menaruhnya," ujarnya.  

Baca Juga: Makanan Gratis dari Sang Perantau untuk Warga Binjai 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya