Comscore Tracker

Warna-warni Karnaval Mobil Hias pada Perayaan Kemerdekaan  di Siantar

Gambarkan keberagaman budaya Indonesia

Pematangsiantar, IDN Times - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Kota (Pemko) Siantar melaksanakan dengan khikmat. Salah satu yang menarik adalah Pemko Pematangsiantar bersama Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) menggelar karnaval budaya dan mobil hias. 

Kegiatan ini menggambarkan bahwa Indonesia sebagai bangsa yang besar sangat kaya dengan budaya serta adat istiadatnya.

1. Mobil hias pertama Garuda Pancasila

Warna-warni Karnaval Mobil Hias pada Perayaan Kemerdekaan  di SiantarIDN Times/Patiar Manurung

Mobil hias dilepas Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah didampingi seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Pada urutan pertama ada mobil hias Garuda Pancasila.

Ini menggambarkan nilai Pancasila yaitu ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia yang merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Baca Juga: HUT ke-74 RI, Bendera Selebar 50 Meter Dibentangkan di Air Danau Toba

2. Urutan kedua adalah keberagaman agama, menggambar toleransi

Warna-warni Karnaval Mobil Hias pada Perayaan Kemerdekaan  di SiantarIDN Times/Patiar Manurung

Urutan kedua, sesuai susunan panitia ada mobil hias miniatur gedung tempat beribadah dari berbagai agama, antara lain mesjid, gereja, vihara. Hal ini memberi pesan agar masyarakat memahami bahwa perbedaan agama sebuah kekayaan yang harus dijaga dan setiap warga harus hidup bertoleransi.

Mobil ini pun beranjak secara pelan mengikuti peserta lainnya. Pada bak mobil terbuka ini beberapa orang ikut mengenakan baju sesuai agama masing-masing.

3. Mobil hiasan hasil kreativitas sejumlah instansi

Warna-warni Karnaval Mobil Hias pada Perayaan Kemerdekaan  di SiantarIDN Times/Patiar Manurung

Warna-warni mobil hias dari berbagai suku merupakan hasil kreativitas berbagai instansi. Pada setiap mobil hias ada pasangan bak pengantin mengenakan baju adat istiadat secara lengkap.

Hal ini turut menarik perhatian masyarakat yang ada di sepanjang Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo. Tidak kalah menarik adalah mobil hias yang menggambarkan kekayaan tanaman dan hewan di Indonesia.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan, 696 Narapidana Klas II A Siantar Dapat Remisi

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You