Comscore Tracker

PT Inalum Latih Pemuda di Sekitar Perusahaan Operasikan Alat Berat

Bekali pemuda dengan kemampuan untuk bekerja

Batubara, IDN Times -PT Inalum bekerjasama dengan United Tractor School melaksanakan pelatihan penggunaan alat berat Ekskavator untuk pemuda sekitar di wilayah operasional Inalum. Pelatihan ini dilaksanakan di Pekanbaru yang dimulai sejak tanggal 11 Januari 2022 sampai 11 Maret 2022.

Senior Vice President CSR/PKBL Inalum, Ismail Midi menyebut program ini merupakan komitmen perusahaan untuk memberikan pendidikan keahlian kepada masyarakat sekitar terutama pemuda yang masih belum mendapatkan kesempatan pekerjaan. Ismail berharap melalui program ini seluruh peserta dapat segera lulus sertifikasi dan mendapatkan pekerjaan dengan keahlian baru tersebut.

“Kami melihat masih banyak pemuda di sekitar perusahaan yang belum mendapatkan pekerjaan, oleh karena itu program ini kami rasa berguna sebagai salah satu upaya untuk mengurangi pengangguran usia produktif.  Peserta yang lulus dari program ini akan mendapatkan surat izin mengoperasikan alat berat (lisensi) dan sertifikat dari United Tractor School yang tentu sangat bernilai sebagai bekal dan keahlian baru dalam rangka memperoleh pekerjaan sebagai operator alat berat khususnya eskavator," kata Ismail.

1. Pelatihan ini diikuti 10 pemuda dari tiga desa terdekat

PT Inalum Latih Pemuda di Sekitar Perusahaan Operasikan Alat BeratInalum latih pemuda operasikan eskavator (Dok.IDN Times/istimewa)

Pelatihan diikuti oleh 10 pemuda dari 3 desa terdekat Perusahaan di Kabupaten Batu Bara yaitu Desa Lalang, Desa Kuala Indah, dan Desa Kuala Tanjung. Sebelum dilaksanakannya pelatihan di lapangan, selama satu minggu pertama peserta dibekali materi terlebih dahulu melalui via kanal daring mengenai teori dan standar keselamatan pengoperasian alat berat. 

Setelah itu, para peserta dikirim ke Pekanbaru untuk melakukan pelatihan secara langsung bersama United Tractor School. Adapun pelaksanaan pelatihan ini memenuhi protokol kesehatan untuk mengurangi risiko terjadinya klaster COVID-19 serta peserta diwajibkan karantina selama 3 hari sebelum dilaksanakannya pelatihan.

Baca Juga: Kemen BUMN Cek Kesiapan Inalum Penuhi Kebutuhan Aluminium Nasional

2. Kegiatan ini bagian dari program TJSL Inalum

PT Inalum Latih Pemuda di Sekitar Perusahaan Operasikan Alat BeratInalum latih pemuda operasikan ekskavator (Dok.IDN Times/istimewa)

Pelatihan ini merupakan wujud dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) INALUM di bidang pendidikan berkualitas yang mendorong peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitar perusahaan agar memilki kemampuan untuk bersaing dalam dunia kerja khususnya dibidang proyek pembangunan dan pengoperasian alat berat.  

3. Targetnya peserta uji kelayakan mengemudikan ekskavator

PT Inalum Latih Pemuda di Sekitar Perusahaan Operasikan Alat BeratIlustrasi eksvator. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Target dari pelatihan ini adalah semua peserta lulus uji kelayakan mengoperasikan ekskavator dan dapat memperoleh sertifikat dri United Tractor sekaligus surat izin operasi alat berat dri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker)

Baca Juga: Inalum Operating Produksi 243 Ribu Ton Alumunium Sepanjang 2021

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya