Comscore Tracker

Profil Surya, Dari Tenaga Pendidik Kini Jadi Pemimpin Asahan

Sebelumnya gantikan Taufan Gama yang meninggal

Medan, IDN Times- Nama Surya tak bisa dilepaskan dari Kabupaten Asahan. Selain bupati saat ini, dia lahir dan besar di kabupaten ini. Tepatnya di Pulau Raja, Pulau Rakyat, Asahan pada 22 Mei 1955. 

Surya sudah berada di jajaran pemerintahan Asahan selama lebih dari satu dekade. Ya, dia menjadi wakil Bupati dua periode, kemudian menjadi Plt hingga akhirnya duduk sebagai bupati.

Sebelum memenangkan Pilkada 2020 sebagai bupati, Surya lebih dulu menjabat bupati periode 2019-2021 menggantikan Taufan Gama yang meninggal karena menderita penyakit jantung. Seperti apa perjalanan karier Surya?

1. Sebelumnya berawal dari seorang guru

Profil Surya, Dari Tenaga Pendidik Kini Jadi Pemimpin AsahanDok. IDN Times/Istimewa

Sebelum berkarier di dunia politik, Surya merupakan salah satu tenaga pendidik. Sebelumnya ia lebih dulu menempuh pendidikan di STTMI Medan kemudian melanjutkan D-3 nya di STTM Medan.

Ia mengabdi sebagai tenaga pengajar di Sekolah SMK Budhi Darma dari tahun 1980 dan kemudian seiring berjalannya waktu berkat pengabdian dari Surya, SMK Budhi Darma semakin berkembang tahap demi tahap. 

Surya juga memiliki pengalaman riwayat diklat dan penataran. Di antara nya yaitu, Financial Training of Private Technical and Vocational School di Jakarta tahun 2002, Pengembangan Sistem Informasi Sekolah di PGGGT tahun 2001 di Bandung, dan lainnya.  

Baca Juga: Wajib dibawa Pulang, Ini 10 Oleh-Oleh Khas Asahan yang Enak Banget

2. Menggantikan Taufan Gama yang meninggal karena sakit jantung

Profil Surya, Dari Tenaga Pendidik Kini Jadi Pemimpin AsahanDok.IDN Times/istimewa

Karier politik Surya diawali saat menjadi Anggota DPRD Asahan. Kemudian dia menjadi Ketua DPRD Batubara tahun 2008-2009. Dari situ Surya dipinang Taufan Gama Simatupang untuk menjadi Wakil Bupatinya tahun 2010-2015. Duet Taufan-Surya berlanjut pada periode berikutnya memenangkan Pilkada 2015 dan menjabat untuk periode 2015-2020.

Namun tahun 2019, Taufan mengalami sakit jantung dan meninggal dunia. Surya kemudian diangkat jadi Plt sebelum jadi Bupati defenitif selama dua tahun

Surya juga aktif dalam bergabung dengan partai politik seperti pernah menjabat sebagai DPD II Partai Golkar Kabupaten Asahan dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Batu Bara. Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan menetapkan pasangan Surya dan Taufik menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati. 

3. Surya berpasangan dengan Taufik memenangkan Pilkada 2020 dan sempat digugat rival ke MK

Profil Surya, Dari Tenaga Pendidik Kini Jadi Pemimpin AsahanDok.IDN Times/istimewa

Ada 3 calon paslon di Pilkada Asahan. Surya merupakan Plt Bupati Asahan yang merupakan Wakil Bupati Asahan sebelumnya berpasangan dengan Taufik Zainal Abidin. Dua rival lainnya adalah Nurhajizah yang merupakan Mantan Wakil Gubernur Sumut 2017-2018 berpasangan dengan Henri Siregar, serta Rohmansyah berpasangan Winda Fitrika, yang merupakan istri dari almarhum Bupati Asahan, Taufan Gama.

Pasangan Surya dan Taufik memenangkan Pilkada Asahan dengan jumlah suara terbanyak sebanyak 139.005 suara. Sebelumnya hasil Pilkada Asahan tahun 2020 sempat digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan oleh pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Asahan nomor urut 1, Brigjen TNI (purn) Nurajizah dan Hendri Siregar. Namun MK menggugurkan perkara sengketa Pilkada tersebut. Surya-Taufik pun dilantik untuk periode 2021-2024 pada Februari 2021.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya