Comscore Tracker

MHX 2022, Selangor Malaysia Tingkatkan Daya Tarik Wisata Kesehatan

Selangor punya 46 rumah sakit bertaraf internasional

Medan, IDN Times- Jumlah wisatawa  berobat ke Malaysia masih tinggi setiap tahunnya. Pada 2019 sebelum pandemi, total 1,3 juta turis kesehatan berobat ke Malaysia.

Dari jumlah tersebut, 60 persennya adalah wisatawan dari Indonesia, yang selanjutnya menduduki peringkat 3 besar negara bagian untuk jumlah wisatawan wisata kesehatan yang tiba di Negara Bagian Selangor sejak tahun 2015.

Untuk itu Pemerintah Negara Bagian Selangor melalui Badan Promosi Pariwisata Resmi, Tourism Selangor melanjutkan partisipasinya dalam Malaysia Healthcare EXPO (MHX) 2022  di Centre Point Shopping Mall, Medan mulai tanggal 22-25 September.

MHX 2022 yang diselenggarakan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) diselenggarakan untuk kedua kalinya tahun ini setelah penyelenggaraannya awal tahun ini di Jakarta. EXPO kini hadir kembali dengan menyatukan berbagai pihak yang melibatkan rumah sakit, pusat kesehatan, dan perawatan rawat jalan Malaysia untuk menciptakan kesadaran dan paparan terhadap layanan perawatan kesehatan yang tersedia di Malaysia, khususnya di Negara Bagian Selangor.

 

1. Selangor miliki 46 rumah sakit dan pusat kesehatan

MHX 2022, Selangor Malaysia Tingkatkan Daya Tarik Wisata KesehatanIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kelanjutan EXPO kali ini menunjukkan keseriusan MHTC dan Tourism Selangor dalam menonjolkan keunggulan health tourism sebagai cabang pariwisata yang berperan penting di kawasan khususnya di Negeri Selangor.

Delegasi dari Negara Bagian Selangor dipimpin oleh Azrul Shah Mohamad, Chief Executive Officer Tourism Selangor, dan juga diikuti oleh perwakilan dari MSU Medical Centre, ReGen Rehab Hospital dan Dental Republik yang fokus pada perawatan bariatrik, rehabilitasi dan kedokteran gigi.

“Negara bagian Selangor memiliki 46 rumah sakit dan pusat kesehatan yang memiliki peralatan medis canggih dan modern, serta keahlian medis yang sangat berkualitas, untuk memberikan pengalaman wisata kesehatan total, dengan fokus pada layanan dan keramahan yang ramah kepada wisatawan kesehatan,” beber Tuan. Azrul Syah.

Azrul Shah mengaku yakin EXPO kali ini akan mampu menarik minat masyarakat khususnya penggemar kegiatan pariwisata, serta daya tarik keaslian dan keunikan nusantara yang menjadi daya tarik Selangor. 

“Pemerintah Malaysia telah melonggarkan syarat masuknya wisman ke Malaysia sejak 1 Agustus secara total, termasuk wisata kesehatan, di mana wisatawan asal Republik Indonesia dapat kembali menikmati keunikan wisata Selangor,” katanya. 

Baca Juga: Cerita Pembalap Drag Bike Medan Membangun Mimpi di Dunia Balap

2. Pemerintah Malaysia sudah melonggarkan syarat masuk wisman

MHX 2022, Selangor Malaysia Tingkatkan Daya Tarik Wisata KesehatanIlustrasi Paspor. IDN Times/Hana Adi Perdana

Azrul Shah mengaku yakin EXPO kali ini akan mampu menarik minat masyarakat khususnya penggemar kegiatan pariwisata, serta daya tarik keaslian dan keunikan nusantara yang menjadi daya tarik Selangor. 

“Pemerintah Malaysia telah melonggarkan syarat masuknya wisman ke Malaysia sejak 1 Agustus secara total, termasuk wisata kesehatan, di mana wisatawan asal Republik Indonesia dapat kembali menikmati keunikan wisata Selangor,” katanya. 

3. Jumlah wisatawan kesehatan berkontribusi pada peningkatan pendapatan Negara Bagian Selangor

MHX 2022, Selangor Malaysia Tingkatkan Daya Tarik Wisata KesehatanMHX Expo yang digelar Negeri Bagian Selangor di Center Point Mal Medan (Dok.Istimewa)

Jumlah wisatawan kesehatan ke Malaysia yang meningkat berkontribusi pada peningkatan pendapatan wisata kesehatan Negara Bagian Selangor dari RM 175 juta pada 2017 menjadi RM 285 juta pada 2019.

MHX 2022 adalah platform terbaik untuk memberikan paparan kepada publik dan mengiklankan keunikan Negeri Selangor kepada perwakilan media dan wisatawan yang berada di Republik Indonesia. 

Hal ini dipandang berpotensi meningkatkan branding Negara Bagian Selangor sebagai destinasi wisata kesehatan unggulan di kawasan Asia Tenggara, bertepatan dengan kampanye “Splendid Selangor, Take Me Anywhere!”. yang sedang aktif dimobilisasi oleh Tourism Selangor, khususnya di situs media sosial.

Sejalan dengan pelonggaran pariwisata internasional sejak 1 Agustus, Tourism Selangor menyambut wisatawan Indonesia ke negara bagian, tidak hanya untuk wisata kesehatan, tetapi juga untuk menjelajahi destinasi wisata menarik dan tempat-tempat di sekitar negara bagian. Informasi tentang negara bagian Selangor bisa diakses lewat www.selangor.travel, situs web resmi Tourism Selangor. 

Baca Juga: Banyak Even Sport Tourism di Jakarta, Yakin Menarik Wisatawan Medan 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya