Kolaborasi Inalum dan Ruang Guru Upgrade Mutu Pengajar

Diikuti 25 guru dari Kabupaten Toba

Medan, IDN Times- Inalum melakukan upaya peningkatan program peningkatan kompetensi pengajar bagi tenaga pendidik di kawasan Paritohan, Toba, Sumatra Utara. Untuk itu perusahaan aluminium plat merah ini bekerja sama dengan Ruang Guru dalam program Pelatihan Kompetensi Pengajar (PKP).

Senior Vice Presiden Departemen Administrasi Inalum Daniel J.P. Hutauruk mengatakan kolaborasi ini penting agar kompetensi bisa ditingkatkan. Selain itu perlu dilakukan di berbagai daerah lain agar lebih merata.

“Kami dari Inalum berterima kasih atas kolaborasi dan partisipasi semua pihak sehingga kegiatan peningkatan kompetensi ini bisa berjalan lancar. Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan mutu pendidikan dari sisi pengajar sehingga percepatan kemajuan pendidikan di Indonesia bisa lebih cepat tercapai. Semoga program yang berjalan saat ini bisa menjadi role model di sekolah lain,” ujar Daniel, Selasa (30/5/2023).

1. Diikuti 25 guru dari SMAN 1 Pintu Pohan dan SMAN 1 Aek Songsongan

Kolaborasi Inalum dan Ruang Guru Upgrade Mutu PengajarPelatihan Kompetensi Pengajar (PKP) yang digelar di Paritohan, Toba, Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Kegiatan PKP ini digelar Desember 2022 hingga April 2023. Penutupan sekaligus awarding digelar Jumat (26/5/2023).

Pesertanya berasal dari 25 guru yang berasal dari SMA Negeri 1 Pintu Pohan Meranti sebanyak 10 peserta dan dari SMA Negeri 1 Aek Songsongan sebanyak 15 peserta. I

Indikator keberhasilan kegiatan PKP dapat dinilai dari beberapa variable antara lain tingkat keaktifan mencapai 100 persen,  Uji Kompetensi Pedagogik ( UKP ) meningkat hingga mencapai 17 persen, serta pemahaman akan teknologi yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang lebih baik.

 

Baca Juga: INALUM Pasang Target Raih Proper Emas Lagi Tahun Ini

2. Banyaknya perubahan di zaman digital perlu adanya penyegaran metode pengajaran

Kolaborasi Inalum dan Ruang Guru Upgrade Mutu PengajarPelatihan Kompetensi Pengajar (PKP) yang digelar di Paritohan, Toba, Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Sementara itu Vice President CSR Inalum Zainuddin Iqbal Sidabutar mengatakan PKP merupakan misi Inalum menjalankan tiga pilar CSR BUMN yaitu pemberdayaan UMKM, lingkungan dan pendidikan. Pilar pendidikan perlu dilakukan penyegaran baik dalam metode pengajaran ataupun peningkatan kompetensi dalam belajar mengajar karena banyaknya perubahan maju di zaman ini.

“Menurut Inalum, untuk meningkatkan mutu pendidikan, perlu dilakukan perubahan metode belajar, serta motivasi yang kuat. Metode belajar yang meliputi pedagogik dan teknologi merupakan cakupan dari modul PKP yang diikuti. Tentu ini merupakan tantangan bagi para pengajar agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman. Kami berharap, komitmen Inalum dalam meningkatkan mutu pendidikan bisa relevan untuk jangka panjang,” ujar Iqbal.

3. Pengajar merasa perlu di-upgrade

Kolaborasi Inalum dan Ruang Guru Upgrade Mutu PengajarPelatihan Kompetensi Pengajar (PKP) yang digelar di Paritohan, Toba, Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Pada kesempatan itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada para peserta terbaik dalam beberapa kategori yaitu Participant Of The Month, Best Of uji kompetensi akhir, Best Of RBFT, Best Of Webinar, The Most Improved Teacher, dan The Best Teacher.

Mei Hutapea dari SMA Negeri 1 Pintu Pohan Meranti mengatakan PKP perlu dilakukan rutin agar para pengajar bisa lebih upgrade.

“Upgrade kompetensi pengajar menuntut sistem belajar mengajar yang aktif. Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan PKP ini diharapkan dapat memberikan sharing knowledge kepada rekan-rekan pengajar lainnya guna meningkatkan mutu pendidikan dan aktivitas belajar mengajar yang akan berdampak positif khususnya bagi anak didik,” pungkas Mei.

Baca Juga: Cerita Abdul, Jemaah Haji Medan yang Pasrah Gagal Berangkat Sebab Visa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya