Jangan Sampai Narkoba Masuk ke Lingkungan Sekolah

Puluhan siswa Taruna Yapim mendapat penyuluhan

Tapanuli Tengah, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menggelar penyuluhan pencegahan bahaya narkoba bagi pelajar SMA/SMK Taruna Yapim Pandan, Jumat (3/5).

Acara yang dilaksanakan di Aula Taruna Yapim ini dihadiri dua narasumber, yakni Desi Hotnida N Situngkir dari Dinas Kesehatan Tapteng dan Kasat Res Narkoba Polres Tapteng, AKP Martoni.

1. Kadispora Tapteng berharap agar narkoba tidak masuk ke lingkungan sekolah

Jangan Sampai Narkoba Masuk ke Lingkungan SekolahIDN Times/Hendra Simanjuntak

Kepala Dispora Tapteng, Drs Hikmal Batubara mengatakan, acara yang diselenggarakan oleh pemkab Tapteng ini bertujuan untuk memberi pemahaman bagi para siswa-siswi tentang penyalahgunaan narkoba.

"Apalagi zaman sekarang narkoba itu sudah marak dimana-mana, jadi kita takutkan narkoba itu jangan sampai masuk ke lingkungan sekolah apalagi sampai terindikasi kepada pelajarnya," kata Hikmal.

Baca Juga: Pokdarwis Dilatih untuk Kembangkan Pariwisata di Tapteng

2. Pelajar diharapkan tetap fokus pada pendidikan

Jangan Sampai Narkoba Masuk ke Lingkungan SekolahIDN Times/Hendra Simanjuntak

Dikatakannya, dengan digelarnya acara penyuluhan bahaya narkoba ini bisa menjauhkan para siswa-siswi dari bahaya narkoba. Dia pun berharap agar para siswa-siswi Taruna Yapim untuk tetap fokus dengan pendidikan.

"Semoga dengan penyuluhan ini para siswa-siswi Yapim dapat terus meningkatkan prestasinya serta memajukan sekolah Yapim hingga berdaya saing dengan sekolah yang lain," ujarnya. 

3. Semoga bisa menciptakan generasi muda di Tapteng yang bersih dari narkoba

Jangan Sampai Narkoba Masuk ke Lingkungan SekolahIDN Times/Hendra Simanjuntak

Di tempat yang sama, Kabid Kepemudaan Betti E Pasaribu juga berharap, dengan adanya penyuluhan bahaya narkoba ini mampu menciptakan generasi muda di Tapanuli Tengah yang berprestasi dan bersih dari kenakalan remaja.

"Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan tadinya bisa diambil nilai positifnya dan dapat menjadikannya sebagai pembelajaran di kemudian hari," katanya.

4. Pemakai narkoba sangat rentan menyerang pelajar

Jangan Sampai Narkoba Masuk ke Lingkungan SekolahPexels.com/Pixabay

Sementara itu, Kasi Kefarmasian Dinkes Tapteng, Desi Hotnida N. Situngkir juga menuturkan bagaimana penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Menurutnya, pemakai narkoba itu sangat rentan menyerang anak remaja dan pelajar.

"Rentannya anak remaja pengguna narkoba itu disebabkan karena tidak berkerja, faktor keluarga, dan faktor Individu. Penggolongan narkotika termasuk dalam UU no 35/2009 pasal 127," tuturnya.

5. Ini pesan Kasat Narkoba Polres Tapteng kepada pelajar

Jangan Sampai Narkoba Masuk ke Lingkungan SekolahIDN Times/Imam Rosidin

Pun begitu, AKP Martoni yang menjabat sebagai Kasat Res narkoba Polres Tapteng juga menjelaskan jenis Narkoba yang sangat perlu untuk dihindari oleh para pelajar.

"Narkoba itu ada berbagai jenis, ada sejenis tanaman yang namanya Narkotika, dan ada pula sejenis obat-obatan yang namanya Psikotropika. Jadi untuk adik-adik, jangan sampai mencoba nya, karena Narkoba itu dapat merusak otak dan jantung," jelasnya.

Untuk menghindari dari barang haram tersebut, Martoni juga berpesan kepada para siswa agar terlebih dahulu mencintai diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang positif.

"Individu kita dulu yang harus kita benarkan dengan melakukan hal yang positif, contohnya berolahraga untuk bentengi diri kita sendiri," ungkapnya.

Baca Juga: Rekapitulasi Suara KPU Tapteng Sempat Molor karena Kunci

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya