Comscore Tracker

HUT ke-74 RI, Bendera Selebar 50 Meter Dibentangkan di Air Danau Toba

Karang Taruna Simalungun gelar upacara

Simalungun, IDN Times - Karang Taruna (KT) Kabupaten Simalungun menggelar upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/8), di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun. Acara sakral itu berjalan sukses meski dalam kondisi yang cukup ekstrem.

Amatan IDN Times di lokasi upacara, bendera merah putih sepanjang 50 meter dengan lebar 10 meter tidak dinaikkan di tiang bendera seperti pada umumnya, melainkan dibentangkan melebar di permukaan air Danau Toba.

1. Pengunjung turut serta dalam upacara

HUT ke-74 RI, Bendera Selebar 50 Meter Dibentangkan di Air Danau TobaIDN Times/Gideon Aritonang

Upacara peringatan kemerdekaan itu juga diikuti puluhan masyarakat yang kebetulan berwisata di sekitaran lokasi upacara. Sekomando dengan kader karang taruna, pengunjung juga memberikan hormat saat pembentangan sang saka merah putih.

Begitupun saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan berdoa, pengunjung dengan hikmat mengikuti arahan protokol upacara.

Baca Juga: Tangis Haru Paskibraka Sumut Usai Naikkan Bendera di HUT ke74 RI

2. Tahun depan bendera yang dibentangkan diperpanjang menjadi 500 meter

HUT ke-74 RI, Bendera Selebar 50 Meter Dibentangkan di Air Danau TobaIDN Times/Gideon Aritonang

Bona Uli Rajagukguk, ketua KT Simalungun menjelaskan, berangkat dari suksesnya upacara peringatan HUT RI ke-74 di perairan danau toba kali ini, tahun yang akan datang pihaknya akan menambah ukuran bendera hingga 500 meter.

Hal itu kata Bona, akan menjadi sejarah bagi Kabupaten Simalungun dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. "Sebenarnya ini pun tidak ada perencanaan yang panjang, jadi saya berterimakasih kepada kader yang ada di Girsip ini," katanya.

3. Menjadi agenda tahunan sekaligus promosi wisata di Danau Toba

HUT ke-74 RI, Bendera Selebar 50 Meter Dibentangkan di Air Danau TobaIDN Times/Gideon Aritonang

Lebih lanjut dikatakan Bona, dimulai sejak tahun 2019 ini, Karang Taruna dibawah kepemimpinan nya akan mengandekan setiap tahun upacara di perairan danau toba.

"Jadi ini sebenarnya agenda Karang Taruna Girsang Sipangan Bolon. Kedepan upacara HUT RI seluruh kader Karang Taruna Kabupaten Simalungun dipusatkan di sini," bebernya.

Masih kata anggota DPRD Simalungun terpilih ini, selain memperingati HUT RI, upacara yang diadakan di perairan danau toba juga akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke danau toba.

"Mari kita kaum millennial turut mempromosikan danau toba ini. Sejalan dengan program Presiden Jokowi," ucapnya

Baca Juga: Sempat Tegang, Paskibraka Sumut Dapat Aplaus dari Masyarakat 

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya