Golkar Tertinggi di Simalungun, Ini Prediksi Caleg-caleg yang Lolos

Suara Golkar meningkat dari 2014

Simalungun, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Simalungun telah selesai menyelesaikan tugas rapat pleno hingga tingkat Provinsi. Berdasarkan data yang dikumpulkan di lapangan, peraih suara terbanyak sekaligus memperoleh kursi terbanyak berada di tangan partai Golkar.

Sembari menunggu data riilnya diumumkan KPUD, sementara pucuk ketua DPRD bakal di tangan partai Golkar.

Baca Juga: Abaikan Usulan Pemilihan Ulang, KPU dan Bawaslu Simalungun Dilaporkan

1. Nama-nama 50 caleg yang diprediksi bakal duduk menjadi dewan

Golkar Tertinggi di Simalungun, Ini Prediksi Caleg-caleg yang LolosPemilu.com

Adapun nama-nama Caleg Simalungun yang diprediksi duduk menjadi anggota DPRD periode 2019-2024: dari Partai Golkar ada sembilan orang, antara lain, Timbul Jaya Sibarani, Marandus Sitindaon, Sugiarto, Binton Tindaon, Lindung Samosir, Jarminta Purba, Umar Yani, Edi Suprapto dan Jon Ridakalmen Sidauruk.

PDI Perjuangan sebanyak delapan orang yaitu Rospita Sitorus, Maraden Sinaga, Jonson Riduan Sinaga, Mariono, Aripin Panjaitan, Jhon Manat Purba, Samrin Girsang, Junita Veronika Munte. Partai Demokrat sebanyak tujuh orang yaitu, Walpiden Tampubolon, Johannes Sipayung, Iswansyah Purba, Histoni Sijabat, Erna Sari Purba, Andre Andika Sinaga, Elias Barus. Partai Gerindra sebanyak enam orang yaitu, Bona Uli Rajagukguk, Juarsa Siagian, Sastro Joyo Sirait, Fao Saut Sinaga, Badri Kalimantan, Erwin Parulian Saragih

Nasdem sebanyak lima orang antara lain, Bernhard Damanik, Ucok Alatas Siagian, Tumpak Silitonga, Jamerson Saragih, Karpan Saragih. Partai Hanura ada empat orang yaitu, Sardin Gultom, Esron Simbolon, Suriawan, Jarusdin Sinaga. PKS ada dua orang,  Ikwanuddin Nasution dan Usmayanto. PPP juga dua orang, Hendra Sukmana Sinaga dan Adianto Pasaribu.

Kemudian, PAN juga dua orang,  Edi Sumanto dan Salbin Damanik. Selain partai lama, dua partai baru ikut mewarni kursi dewan yaitu Perindo dengan perolehan kursi sebanyak e,pat orang, yaitu Lisnawati Sirait, Agus Irawan Sinaga, Sariadi Saragih, Saida Purba. Terakhir partai Berkarya dengan perolehan satu kursi yakni Benrif Sinaga.

2. Ketua DPC Golkar Simalungun menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat

Golkar Tertinggi di Simalungun, Ini Prediksi Caleg-caleg yang LolosIDN Times/Patiar Manurung

Ketua DPD Golkar Simalungun, Timbul Jaya Sibarani mengakui, hasil data sementara yang dikumpulkan melalui rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kabupaten, partai berlambang pohon beringin berwarna kuning yang dipimpinnya tersebut mampu meningkatkan perolehan suara, tetapi hal itu tidak berpengaruh terhadap jumlah kursi jika dibandingkan periode 2014-2019. Pada Pemilu 2014, Golkar memperoleh suara sebanyak 78,963 suara dan tahun ini 83,108 suara.

Baginya, kontestasi pemilu kali ini memiliki tantangan yang cukup berat dan disyukuri karena hasilnya masih cukup memuaskan. Apa yang diperoleh ini, kata Timbul Jaya Sibarani, tidak lepas dari kerja keras kader dan Caleg menjalankan strategi politik dan pendekatan atau konsolidasi ke tingkat akar rumput. “Saya sangat bersyukur karena masyarakat memberikan kepercayaan kepada Caleg Golkar,” terangnya.

Untuk perolehan suara tertinggi internal parpol didapatkan caleg pendatang baru, Juminta Purba, yang maju dari Dapil Simalungun 3 dengan raihan 6.100 suara. Saat ini istri Juminta merupakan anggota DPRD Kabupaten Simalungun juga dari Partai Golkar. Untuk suara terbanyak bagi Golkar ada di Dapil Simalungun 6 dengan torehan kurang lebih sebanyak 17 ribu suara.

3. Golkar mewakili masyarakat dalam pemerintahan

Golkar Tertinggi di Simalungun, Ini Prediksi Caleg-caleg yang LolosANTARA FOTO/FB Anggoro

Langkah utama yang menjadi senjata kemenangan Golkar, menurutnya, salah satunya adalah memaparkan visi dan misi partai Golkar kepada masyarakat. Golkar mewakili masyarakat di dalam pemerintahan.

“Bersama-sama dengan masyarakat ke depannya membangun Simalungun ini. Paling tidak kami akan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang memberi kepercayaan kepada Golkar,” ucapnya.

Tidak lupa dilakukan penguatan struktur partai mulai dari tingkat Kecamatan, Nagori hingga kepada saksi. “Kita juga memberikan pencerahan bahwa sesungguhnya pemilihan ini perlu banyak hal yang dipertimbangkan. Tidak semata-mata mendudukkan seseorang tetapi mendudukkan wakil yang tepat, yang mampu membela aspirasi rakyat,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan banyak aspresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan kepada penyelenggara serta aparat TNI/Polisi yang mengkawal pemilu berjalan tertib dan aman.

Baca Juga: Bakti Sosial Ramadan, Panther Mania Bantu Gereja di Simalungun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya