Comscore Tracker

[BREAKING] Gempa di Danau Toba, Getaran Terasa di Balige dan Samosir

Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo

Toba, IDN Times - Gempa bumi tektonik berskala magnitudo 5.0 terjadi di Danau Toba, Sabtu (27/3/2021) sekitar pukul 15.46 WIB. Gempa ini paling terasa di Balige, Kabupaten Toba dan Samosir sehingga sempat membuat warga heboh.

Sesuai data yang diterima IDN Times, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Hal ini dibenarkan Koordinator SAR Danau Toba, Octo Tambunan.

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,0. Kemudian di-update menjadi magnitudo 5,2. 

Episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 2.43 LU dan 98.96 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah Barat Laut Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara pada kedalaman 137 KM.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat dari aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Samosir I-II MMI. Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat sendiri diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Baca Juga: Genjot Kualitas SDM, 30 Pelajar Danau Toba Disekolahkan ke Bali

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya