Comscore Tracker

Bobby Pertanyakan Program Akhyar Soal Flying Garden Cegah Banjir

Bobby: Kalau untuk polusi mungkin #DebatkeduaPilkadaMedan

Medan, IDN Times - Pasangan nomor urut 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman mempertanyakan soal rencana pasangan nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dengan program Flying Garden di rooftop gedung. Rencana itu dipertanyakan Bobby karena disebutkan Akhyar menjadi salah satu upaya mencegah banjir pada debat kedua Pilkada Medan 2020, di Hotel Grand Mercure, Sabtu (21/11/2020) malam.

"Flying garden bagaimana caranya bisa mencegah banjir? Kalau untuk polusi mungkin saya setuju," tanya Bobby kepada Akhyar.

Kemudian, Akhyar menjelaskan jika nantinya untuk menambah ruang terbuka hijau menyiapkan tanaman-tanaman di atas gedung.

"Penjelasannya, nanti di atas gedung-gedung kita kita naikkan tanah menjadi taman. Ketika hujan, akan menahan air agar tidak cepat turun ke parit. Menjadi penahan atau mengantrekan air agar tidak bersamaan masuk ke parit. Volume parit yang terbatas. Setelah 2 jam kemudian air yang tertahan tidak meluap," kata Akhyar.

"Ini sudah saya praktikkan di rumah saya sendiri. Jadi Green city yang kita bangun bersama-sama," bebernya.

Bobby kembali menanggapi soal Flying Garden tersebut. "Kalau kami drainaselah dulu dibersihkan. Bukan flying garden yang pada dasarnya untukpolusi. Kalau resapan lebih ke arah biopori. Kalau rooftop bukan untuk penanganan banjir," beber Bobby.

Baca Juga: Debat Panas Akhyar dan Bobby Soal Sumber Data Anggaran Rp30 Triliun

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya