Comscore Tracker

Arung Jeram di Sergai, Sandiaga Sempatkan Bantu Modal Usaha Janda Tua

Desa Buluh Berduri masuk 50 desa wisata

Serdang Bedagai, IDN Times- Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Buluh Berduri, Sipispis, Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Kamis (23/6/2022). Di sana Sandiaga menyempatkan diri arung jeram.

Usai berganti pakaian, Sandiaga bertemu seorang nenek bernama Ngatemi. Nenek berusia 69 tahun itu hidup sendirian setelah menjanda. Sandiaga memberikan bantuan untuk modal usaha hingga membenahi fasilitas rumahnya.

"Nanti sudah lengkap dengan semua peralatannya, jadi tinggal dipasang. Ini WC duduk. Ibu kan usianya juga sudah lanjut. Sekaligus juga saya serahkan bantuan untuk usahanya," ujar Sandiaga, Sumut, Kamis (23/6/2022).

1. Nenek Ngatemi adalah seorang buruh cuci

Arung Jeram di Sergai, Sandiaga Sempatkan Bantu Modal Usaha Janda TuaMenparekraf Sandiaga Uno membantu seorang janda tua di Desa Buluh Tua, Sergai (Dok.Istimewa)

Ngatemi biasanya melakukan pekerjaan sebagai buruh cuci. Dia mencuci piring, dan baju hingga membersihkan rumah. Mendapat bantuan dari Sandiaga, air mata mengalir dari pipinya.

"Jangan menangis Ibu, Ibu yang penting bersyukur, doain kita, mudah-mudahan sekarang ga usah lagi susah-susah malam-malam ke sungai," ucap Sandiaga.

Baca Juga: Pesona Pantai Cemara Kembar di Sergai, Sering Jadi Tempat Prewedding

2. Desa Wisata Buluh Berduri masuk 50 desa wisata terbaik

Arung Jeram di Sergai, Sandiaga Sempatkan Bantu Modal Usaha Janda TuaMenparekraf, Sandiaga Uno mengunjungii Desa Wisata Hilisimaetano (Dok.Istimewa)

Sandiaga mengunjungi Sergai sebagai bagian program  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sebab, Desa Wisata Buluh Berduri terpilih sebagai 50 besar desa/kampung wisata terbaik.

Sebelumnya Sandi juga mengunjungi Desa Hilima

3. Desa ini terkenal dengan wisata arung jeram

Arung Jeram di Sergai, Sandiaga Sempatkan Bantu Modal Usaha Janda TuaKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai Joni Walker Manik (baju biru) terlihat menikmati derasnya arus sungai Bah Bolon saat ber-arung jeram baru-baru ini di kawasan Ancol, Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (Dok. Pribadi)

Desa ini menawarkan wisata arung jeram di aliran sungai Bah Bolon. Ada pula air terjun Bahgua setinggi 25 meter hingga Batu Boru Manjile yang memiliki cerita sejarah kerajaan Bajalingge.

Pengunjung juga bisa mencicipi beragam kuliner seperti mie glongsor, ikan cencen, hingga ombus-ombus. Lalu, aneka fesyen seperti ikat kepala laki-laki yakni gotong, hiasan kepala perempuan bernama bulang, dan kain tenun ulos.

Baca Juga: Sandiaga Bantu Perbaiki Gubuk Perempuan Sebatang Kara di Nias Selatan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya