2 Jenazah Terduga Teroris Dimakamkan, Keluarga Histeris dan Pingsan 

Keduanya tewas saat baku tembak di Hamparan Perak

Medan, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mengembalikan dua jenazah terduga teroris jaringan bom bunuh diri di Polrestabes Medan kepada keluarga, pada Selasa (19/11). Mereka meninggal dunia usai ditembak tim gabungan Densus 88 dan jajaran Polda Sumatera Utara, saat penyergapan di Kota Datar Dusun I Kikik, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sabtu (16/11) kemarin.

Informasi yang diperoleh IDN Times, dari Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan, keluarga didampingi kepala lingkungan (Kepling) membawa jenazah K menuju tempat pemakaman Umum (TPU) menggunakan mobil ambulance sekira pukul 12.50 WIB. Jenazah rencananya  dimakamkan di TPU, Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan sekira pukul 13.20 WIB.

1. Jenazah disambut keluarga dan diiringi isak tangis

2 Jenazah Terduga Teroris Dimakamkan, Keluarga Histeris dan Pingsan Pemakaman jenazah terduga teroris yang tewas dalam baku tembak di Hamparan Perak (Dok.IDN Times/istimewa)

Begitu tiba di Kampung Sentosa Barat, Lingkungan XX, Canang Kering, rombongan jenazah disambut keluarga, warga sekitar dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis dan jajaran. Jenazah langsung dibawa ke TPU untuk segera dimakamkan, karena jenazah sudah dimandikan, dikafani dan di sholatkan di rumah sakit.

Puluhan warga ikut mengantar jenazah ke TPU Muslim Sentosa Barat. Isak tangis tampak mengiringi proses penguburan. Bahkan ada keluarga yang pingsan ketika melihat jenazah dimasukkan ke dalam liang kubur. Prosesnya berjalan dengan cepat dan aman karena banyak warga yang membantu dan mendapat mengawalan dari pihak TNI-Polri.

Baca Juga: 2 Jenazah Terduga Teroris yang Tewas Tertembak Diserahkan ke Keluarga

2. Warga banyak membantu proses pemakaman

2 Jenazah Terduga Teroris Dimakamkan, Keluarga Histeris dan Pingsan Pemakaman jenazah terduga teroris yang tewas dalam baku tembak di Hamparan Perak (Dok.

Di TPU, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis mengucapkan terima kasih kepada warga yang mau menerima jenazah dan turut membantu proses pemakaman sehingga fardhu kifayah terakhir dapat terlaksana.

"Fardhu kifayah telah dilaksanakan. Alhamdulillah situasi lancar dan tidak ada masalah," kata Ikhwan.

Selanjutnya, Ikhwan mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Belawan agar jangan mudah terjerumus atau mengikuti kelompok pengajian yang sifatnya tertutup. Dia lebih menyarankan agar warga mengikuti pengajian terbuka di masjid-masjid yang ustaz serta kegiatannya jelas.

“Kita bersama TNI dan pemerintah setempat akan terus meningkatkan pengamanan di wilayah ini," jelas Ikhwan.

3. Lurah Sicanang mengimbau kepada pelaku lain untuk segera menyerahkan diri

2 Jenazah Terduga Teroris Dimakamkan, Keluarga Histeris dan Pingsan Pemakaman jenazah terduga teroris yang tewas dalam baku tembak di Hamparan Perak (Dok.IDN Times/istimewa)

Di lokasi yang sama, Lurang Sicanang, Zulkifli juga memberikan imbauan, dia mengatakan agar warga sekitar tetap menjalankan aktivas seperti biasanya dan jangan merasa takut. Kemudia dia juga menginstruksikan agar pelaku lain yang merasa terlibat peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan, untuk segera menyerahkan diri.

"Jika ada masyarakat yang merasa terlibat sebaiknya segera menyerahkan diri," ucap Zulkifli.

Pihak keluarga K alias Bakpau Bin Samsudin belum bersedia diwawancari wartaman. Mereka kelihatan masih trauma atas kejadian yang dialami anggota keluarganya.

Sementara jenazah terduga teroris berinisial P dimakamkan di TPU Jalan Kemiri III Simpang Limun Medan, di hari yang sama.

Baca Juga: [BREAKING] Jenazah Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Dikubur Malam Hari

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya