Comscore Tracker

KPU Binjai Sosialisasi Ajak Masyarakat Binjai Gunakan Hak Pilih

KPU juga ingatkan pentingnya jaga protokol kesehatan

Binjai, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, bersama dengan Relawan Demokrasi (Relasi) menggelar kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sasaran kali ini adalah masyarakat yang tengah berolahraga di Lapangan Merdeka Binjai, Minggu (11/10/2020) kemarin. Kegiatan dipimpin langsung oleh Komisioner KPU Kota Binjai Divisi Sosialisasi Sumber Daya Manusia (SSDM) dan Partisipasi Masyarakat Robby Effendi.

Sosialisasi juga menghadirkan tim Relawan Demokrasi (Relasi) berjumlah 30 orang serta staf KPU. Tim menyebar guna memberikan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk datang serta menggunakan hak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Dalam menyampaikan sosialisasi, seluruh tim tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19.

1. Ingatkan masyarakat untuk jalankan prokes COVID-19

KPU Binjai Sosialisasi Ajak Masyarakat Binjai Gunakan Hak PilihRelawan demokrasi sesaat akan menjalankan tugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Robby mengaku, kegiatan dilaksanakan bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan hak suara. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang tanggal pelaksanaan Pilkada, serta mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam aktivitas sehari-hari maupun nanti saat datang ke TPS. Salah satu menjalankan prokes adalah harus menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Sosialisasi ini sangat penting, apa lagi saat ini kita tengah menghadapi bencana non alam yakni COVID-19. Sehingga selain memberikan pemahaman akan pentingnya menggunakan hak suara dalam setiap pemilihan. Kita juga harus memberi contoh atau memberi pemahaman kepada masyarakat untuk selalu menjalankan Prokes," terang Robby Effendi, Senin (12/10/2020) siang.

Baca Juga: Ada 3 Petarung, Ini Nomor Urut Paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Binjai

2. Sampaikan tahapan yang tengah dijalani KPU kepada masyarakat

KPU Binjai Sosialisasi Ajak Masyarakat Binjai Gunakan Hak PilihKomisioner KPU Binjai Robby Efendi, saat memberikan arahan kepada Relawan Demokrasi (Relasi) dalam melakukan sosialisasi di Lapangan Merdeka, Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 berada pada masa pandemik COVID-19. Itu sangat berbeda dari pelaksanaan pemilu sebelumnya. Tentunya, ini juga menjadi tugas KPU memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam seluruh rangkaian tahapan pilkada.

"Selain sosialisasi, kita juga menyampaikan sekarang ini juga sudah masuk ke tahapan kampanye, tahapan pemutakhiran data pemilih dan sedang ada perekrutan KPPS disetiap kantor lurah. Kita juga tengah mempersiapkan debat publik serta persiapan logistik Pilkada," sebut Robby.

3. Ajak masyarakat gunakan hak pilih 9 Desember 2020 nanti

KPU Binjai Sosialisasi Ajak Masyarakat Binjai Gunakan Hak PilihKomisioner KPU Binjai Robby Efendi (IDN Times/ istimewa)

Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan Robby, masyarakat paham apa saja yang tengah berjalan dalam setiap tahapan Pilkada Binjai. Dengan demikian, masyarakat dapat menggunakan hak suara pada Pilkada Binjai 9 Desember 2020 mendatang. Dengan demikian, partisipasi masyarakat akan terus meningkat dan sadar akan menggunakan hak pilihnya.

Sehingga target KPU sebesar 77,5 persen untuk angka partisipasi pemilih di Kota Binjai dapat tercapai dengan baik. "Tentunya kita berharap pelaksanaan Pilkada Kota Binjai 2020, lancar dan tertib. Pilkada sehat kita selamat, ayo pakai masker. Jangan golput, gunakan hak pilih kita," ajak dia.

Baca Juga: Positif COVID-19, Lisa Tetap Mendaftar Bacalon Wali Kota Binjai ke KPU

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya