Comscore Tracker

Jelang Paskah, Tim Gegana Polda Sumut Sterilisasi Sejumlah Gereja

Antisipasi kemungkinan adanya teror bom

Langkat, IDN Times - Tim Gegana Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), melakukan sterilisasi terhadap sejumlah gereja. Salah satu yang didatangi adalah gereja Santa Elisabet di Kelurahan Perdamaian, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (1/3/2021) sore.

Setiap sudut gereja diperiksa tim Gegana, guna mencari benda-benda yang dicurigai. Bukan hanya didalam, tim juga menyisir sampai luar gereja agar pelaksanaan perayaan Misa Paska, berjalan aman dan kondusif.

1. Pengamanan ditingkatkan jelang dan pada pelaksanaan paskah

Jelang Paskah, Tim Gegana Polda Sumut Sterilisasi Sejumlah GerejaPemeriksaan yang dilakukan brimob poldasu jelang paskah (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kebag Ops Polres Langkat Kompol Arif Batubara mengatakan, pemeriksaan dan sterilisasi gereja dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan adanya teror pasca bom yang terjadi di Gereja Katedral Makasar dan penyerangan di Mabes Polri.

"Selain pemeriksaan jelang perayaan paskah, pengamanan juga akan dilakukan dan ditingkatkan saat pelaksanaan Misa Paskah," kata dia.

Baca Juga: Merantau Modal Gunting, Samino Kini Jadi Penjahit Beromzet Miliaran

2. Personel kepolisian disiagakan di gereja saat pelaksaan paskah

Jelang Paskah, Tim Gegana Polda Sumut Sterilisasi Sejumlah GerejaPeningkatan pengamanan yang dilakukan Polres Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dengan sterilisasi yang dilakukan, jelas dia, diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya warga kristiani yang akan melaksanakan ibadah perayaan paskah.

"Beberapa personel juga kita siagakan guna mengamankan pelaksanaan paskah nanti. Dengan kehadiran personil, diharapkan pelaksanaan kegiatan beribadatan berjalan baik dan khikmat," tegas dia.

3. Peningkatan pengamanan juga dilakukan di Mako Polres serta Polsek

Jelang Paskah, Tim Gegana Polda Sumut Sterilisasi Sejumlah GerejaPeningkatan pengamanan di Mako Polres Langkat dan Polsek (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Peningkatan pengamanan dan penjagaan yang diperketat tidak hanya dilakukan di rumah ibadah gereja jelang paskah. Namun juga dilakukan di Markas Kepolisian (Mako) Polres Langkat dan Polsek-polsek yang ada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Pengamanan berlapis juga diterapkan disetiap Mako Polres dan Polsek-polsek. Demikian juga peningkatan pengamanan di objek vital," sebut dia.

Pengaman berlapis ini di lakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Dia juga mengajak peran serta masyarakat ikut mengamankan dan menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan masing-masing.

"Diharapkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengamankan atau memelihara Kamtibmas agar lebih kondusif sehingga tidak terpancing dengan isu-isu yang meresahkan masyarakat," tegas dia.

Baca Juga: Tarif BBM Naik Rp200 Per Liter, Gubernur Sebut Pertamina Cari Momentum

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya