15 Rumah Hangus Dilalap Api di Tanjung Pura Langkat

Tak satupun harta berharga dapat diselamatkan

Langkat, IDN Times - Kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Jalan Tepian Benteng Bioskop Deli, Lingkungan I Kelurahan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Jumat (2/6/2023) dini hari. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, dugaan sementara api berawal dari korsleting listrik lemari es salah satu rumah warga.

Dalam peristiwa itu, belasan rumah ludes dilalap api. "Ada 15 rumah terbakar, dugaan sementara akibat korsleting listrik dari salah satu rumah warga," kata Kasi Humas Polres Langkat AKP S Yudianto.

1. Api diduga berasal dari korsleting listrik lemari es salah satu rumah

15 Rumah Hangus Dilalap Api di Tanjung Pura LangkatKebakaran hebat di Langkat, yang menghanguskan 15 rumah (IDN Times/ istimewa)

Disebutkan AKP S Yudianto, dugaan korsleting listrik berasal dari rumah Akien Cek. Api dengan cepat menyambar sekeliling bangunan semi permanen (rumah papan) di sana. Selain itu api juga menyambar rumah lainnya yang juga hampir rata-rata berbahan papan. Tak satupun benda berharga dari warga yang dapat diselamatkan dengan kobaran api cukup besar ini.

"Ini terungkap setelah kita melakukan penyelidikan awal dengan memintai keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian. Meski begitu, pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti," jelas dia.

Baca Juga: Saksi Ungkap Kekasih Menyesal Disuruh Ikut Membunuh Eks DPRD Langkat 

2. Tidak ada laporan korban jiwa, tiga unit mobil pemadam diturunkan

15 Rumah Hangus Dilalap Api di Tanjung Pura LangkatKebakaran hebat di Langkat, yang menghanguskan 15 rumah (IDN Times/ istimewa)

Api yang terus berkobar membuat warga di sekitar panik pada malam dini hari itu. Saling bergotong royong, warga di sana mencoba memadamkan api dengan alat seadanya dengan memanfaatkan air dari rumah warga. Usaha ini terus dilakukan hingga mobil pemadam sebanyak 3 unit turun membantu memadamkan api yang berkobar.

"Warga bahu membahu memadamkan api dan 3 unit mobil pemadam diturunkan guna memadamkan api. Sayang, api cepat menyambar dan menghanguskan 15 rumah di sana. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dan pihak kepolisian juga turun membantu memadamkan api," papar AKP S Yudianto.

3. Tim labfor turun selidiki kebakaran, berikut identitas pemilik rumah yang terbakar

15 Rumah Hangus Dilalap Api di Tanjung Pura LangkatKebakaran hebat di Langkat, yang menghanguskan 15 rumah (IDN Times/ istimewa)

Hingga sekitar pukul 02.00 dinihari, api akhirnya dapat dipadamkan. Untuk warga yang rumahnya hangus terbakar sementara terpaksa harus mengungsi di rumah warga sekitar dan posko yang sudah dibangun di sana.

Adapun rumah korban yang terbakar yakni milik Cekku, Kocik, Herman, Metta, Akhien, Abeng, Eka Wijaya, Feri Kamarul, Abun Ular, Alien, Lolom, Udin, Cuk Busuk dan Adek Pian serta Imeng.

PIhak kepolisian juga telah menurunkan tim labfor Polda Sumut, untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran. "Tim sudah turun guna mengetahui penyebab pasti kebakaran. Hingga kini masih terus dilakukan penyelidikan. Kita juga mendirikan posko untuk membantu warga sekitar korban kebakaran," tegas dia.

 

Baca Juga: Sembunyikan Sabu di Bawah Kasur, Karyawan BUMN Langkat Diciduk Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya