Wakil Ketua DPRD Minta Pj Bupati Tapteng Langsung Turun ke Barus

Elfin Elyas resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Tapanuli

Medan, IDN Times - Elfin Elyas Nainggolan resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Tapanuli Tengah menggantikan Yetty Sembiring di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Senin (14/11/2022) pagi. Elfin langsung dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Dalam arahannya, Edy mengatakan tidak mempersoalkan siapa yang menjabat. Namun, yang terpenting adalah Pj Bupati Tapteng amanah untuk menyejahterakan masyarakat.

“Saya tak mau mempersoalkan kenapa menjabat dan siapa yang menjabat, tetapi saya akan tuntut tugas dan kewajiban amanah untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Edy.

Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah Willy Silitonga meminta, setelah pelantikan Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas bisa langsung bekerja gesit menangani permasalahan di Tapanuli Tengah. Terutama terjun langsung ke lokasi banjir bandang di Kecamatan Barus.

Baca Juga: Baru Menjabat 166 Hari, Pj Bupati Tapteng Akan Segera Diganti

1. Willy: Bencana Barus harus ditangani dengan cepat dan tepat

Wakil Ketua DPRD Minta Pj Bupati Tapteng Langsung Turun ke BarusWakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah Willy Silitonga bersama Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas (Dok. IDN Times)

Willy menegaskan bahwa bencana di Barus yang memakan korban jiwa harus ditangani dengan cepat dan tepat.

"Jangan sampai korban merasa diabaikan dan kondisi di lokasi bencana harus segera dipulihkan. Semoga Pj Bupati yang baru bisa segera turun ke lokasi bencana untuk melihat kondisi korban terdampak banjir di sana," ungkapnya usai menghadiri pelantikan. 

Willy juga beharap Pj Bupati bisa bekerja sama dan berkomunikasi yang baik dengan OPD dan juga lembaga legislatif di Tapteng, tidak seperti Pj Bupati sebelumnya.

2. Tugas pertama saya mengunjungi lokasi banjir dan longsor di Barus

Wakil Ketua DPRD Minta Pj Bupati Tapteng Langsung Turun ke BarusElfin Elyas Nainggolan resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Tapanuli Tengah (Dok. IDN Times)

Pj Bupati Tapteng Elfyn Elyas Nainggolan mengamini permintaan Wakil Ketua DPRD Tapteng. Ia mengatakan tugas pertamanya adalah mengunjungi lokasi banjir dan longsor di Kecamatan Barus dan Barus Utara.

“Itu yang menjadi tugas utama saya, baru setelah itu saya berkoordinasi dengan Forkopimda dan perangkat daerah, untuk memastikan apa yang telah dirancang dalam rencana pembangunan yang menjadi tanggungjawab pejabat kepala daerah itu sudah terselenggara dengan baik ke depannya,” jelasnya.

Sementara itu, Yetty Sembiring kembali dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Tengah untuk kedua kalinya. Yetty sendiri dilantik sebagai Pj Bupati Tapanuli Tengah pada Mei 2022 lalu.

Gubernur Edy mengatakan pergantian Pj Bupati Tapanuli Tengah dari Yetty ke Elfyn Elyas karena adanya evaluasi.

“Kan sudah ada perintah bahwa setiap tiga bulan itu dievaluasi. Mungkin dari hasil evaluasi ini akan dilakukan perbaikan perbaikan dalam rangka, pertama menyiapkan tugas untuk mensejahterakan rakyat kita,” kata Edy.

“Mungkin atasan melihat perlu dilakukan perbaikan-perbaikan. Kalau selama ini, tugas yang dijalankan oleh ibu Yetty Sembiring, bagus, tapi perlu dilakukan lebih baik,” kata Edy.

Pelantikan Pj Bupati Tapteng yang baru ini, turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Silitonga, serta istri Pj Bupati Tapteng, Cathereen Napitupulu.

3. Puluhan rumah warga di Kecamatan Barus terendam banjir

Wakil Ketua DPRD Minta Pj Bupati Tapteng Langsung Turun ke BarusElfin Elyas Nainggolan resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Tapanuli Tengah (Dok. IDN Times)

Hujan deras melanda Tapanuli Tengah, Sumatra Utara meninggalkan duka bagi warga. Sejumlah desa di Kecamatan Barus dikabarkan terendam banjir bandang dan longsor, Jumat (11/11/2022).

Selain dilanda bencana alam, tiga warga dikabarkan tewas akibat tertimbun longsor.

"Selain banjir bandang, longsor juga terjadi di Kecamatan Barus dan Barus Utara," kata Rahmad, salah seorang pendamping Desa di Kecamatan Barus pasca banjir.

Rahmad menyebut, banjir yang melanda beberapa desa di Barus akibat luapan aliran sungai Aek Sarasa. Beberapa titik akses jalan terendam dan terkena longsoran tanah sehingga membuat arus lalu lintas terputus.

Akibat bencana itu, puluhan rumah warga di Kecamatan Barus, Desa Sigambo-gambo dan di Kelurahan Padang Masiang juga tergenang air.

"Akses jalan di Desa Parik Sinomba tidak dapat dilalui. Satu gedung sekolah SD Aek Dakka 2, Desa Siharbangan, Barus Utara tertimpa tanah longsor," sebutnya.

Sementara, Camat Barus Utara, Romulus Simanullang saat dikonfirmasi menyebutkan, dua rumah warga di Desa Siharbangan mengalami kerusakan akibat dilanda longsor.

Selain merusak rumah, longsor juga menelan tiga korban jiwa. Seorang ibu rumah tangga beserta dua anaknya dikabarkan tewas.

"Korban jiwa akibat longsor di Barus Utara, Kristina Simamora (37), Mikael Simbolon (9), Taskia Simbolon (5)," jelasnya.

Dari data yang diterima, kata Romulus, di Kecamatan Barus Utara, lima rumah warga terkena dampak longsor. Material tanah longsor disebutkan masuk ke dalam rumah warga.

Sementara, petugas BPBD Tapteng dan petugas Pos Sar Sibolga beserta pihak kecamatan sudah melakukan evakuasi di lokasi kejadian.

"Beberapa warga yang terdampak banjir dan longsor sudah mengungsi," jelasnya

Baca Juga: Hujan Deras Mengguyur Tapteng, Sejumlah Desa di Barus Terendam Banjir 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya