Punya 4 Program, Pemkab Asahan Launching Gerakan Sadar Adminduk

Administrasi kependudukan itu penting lho Guys!

Asahan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Asahan Launching Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Tahun 2019 di Halaman Disduk Capil Kabupaten Asahan, Selasa (30/7).

GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun Pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

1. Ada 4 Program yang akan dilakukan

Punya 4 Program, Pemkab Asahan Launching Gerakan Sadar AdmindukIDN Times/Abdurrahman

Kepala Disduk Capil Kabupaten Asahan Supriyanto dalam laporannya menyampaikan, peluncuran GISA ini ditandai dengan dimulainya empat program yaitu, sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, dan sadar melayani administrasi.

"Untuk warga Kabupaten Asahan agar dapat melakukan perekaman dan pencetakan KTP elektronik bagi warga yang belum memiliki, karena ke depan Indonesia akan menuju pada satu nomor kependudukan atau Single Identity Number," ungkapnya

Baca Juga: Diguyur Hujan, Tiga Gadis Ini Rela Basah-basahan Nunggu Jokowi

2. KIA bukti anak berusia kurang lebih dari 17 tahun dan belum menikah

Punya 4 Program, Pemkab Asahan Launching Gerakan Sadar AdmindukDok.IDN Times/Istimewa

Kabupaten Asahan dengan jumlah penduduk sebanyak 782.250 jiwa dengan wilayah yang sangat luas, tentu memerlukan pelayanan administrasi kependudukan serta meningkatkan metode dan inovasi-inovasi pelayanan kepada masyarakat.

KIA (Kartu Identitas Anak) adalah identitas anak resmi sebagai bukti diri anak yang berusia kurang lebih dari 17 tahun dan belum menikah, yang diterbitkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten/Kota.

Dengan memiliki KIA, anak-anak dapat mengunakan sebagai identitas diri seperti, pendaftaran kesekolah, dokumen keimigrasian, transaksi keuangan dan perbankan.

3. Kepala desa dan lurah harus bantu sadarkan masyarakat

Punya 4 Program, Pemkab Asahan Launching Gerakan Sadar AdmindukDok.IDN Times/istimewa

Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyampaikan bahwa program GISA untuk mewujudkan Indonesia yang sadar administrasi kependudukan, tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

"Kepada para camat beserta kepala desa/lurah dan perangkatnya agar dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada warganya betapa pentingnya administrasi kependudukan bagi keperluan masyarakat itu sendiri," pungkasnya

Plt Bupati Asahan juga ikut menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pemanfaatan data antara Disduk Capil Kabupaten Asahan dengan OPD Terkait dan Rumah ibadah.

Baca Juga: 1.100 Riders Ikut Jelajah Wisata Alam di Asahan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya