Comscore Tracker

Profil Jafar Sukhairi, Bupati Madina yang Bertekad Bangun Bandara

Jafar dijuluki Putra Panyabungan yang murah senyum

Laki-laki kelahiran 11 Desember tahun 1971 ini memiliki nama lengkap HM Ja’far Sukhairi Nasution. Ia merupakan salah satu politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Politisi ini lahir di Mandailing Natal dan mengabdikan diri di dunia politik untuk tanah kelahirannya. 

Mandailing Natal sendiri adalah suatu kabupaten di kawasan Sumatera Utara. Daerah ini juga kerap dikenal dengan sebutan Madina.

Terletak berbatasan langsung dengan Sumatera Barat, Madina terdiri dari 24 kecamatan. Berikut adalah profil dari Bupati Mandailing Natal periode 2021 ini :

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel dan Penginapan Murah di Mandailing Natal

1. Putra Panyabungan yang murah senyum

Profil Jafar Sukhairi, Bupati Madina yang Bertekad Bangun BandaraBupati Mandailing Natal, Jafar Sukhairi (Dok. IDN Times)

Jafar dijuluki sebagai Putra Panyabungan yang murah senyum. Hal ini dikarenakan ia merupakan Putra daerah asli Panyabungan, salah satu kecamatan di Mandailing Natal. Ia lahir, bersekolah dan mengabdi di kampung halamannya sendiri. 

Selain itu suami dari Hj. Eli Maharani ini dikenal murah senyum. Ia selalu bersikap ramah pada teman-teman, rekan kerja dan masyarakat Mandailing Natal. 

2. Jafar adalah sosok yang berperan aktif di organisasi dan pernah menjabat Wakil Bupati

Profil Jafar Sukhairi, Bupati Madina yang Bertekad Bangun BandaraBupati Mandailing Natal, Jafar Sukhairi dan Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika (Dok. IDN Times)

Jafar merupakan mantan wakil Bupati Mandailing Natal pada periode sebelumnya, yaitu 2016-2021. Pada masa jabatan sebelumnya, Jafar mendampingi Dahlan Hasan Nasution yang maju sebagai Bupati Mandailing Natal.

Hingga pada periode berikutnya ia menggandeng Atika Azmi sebagai pasangan Wakil Bupatinya dan akhirnya memenangkan pilkada tahun 2021. 

Bupati Mandailing Natal ini mengenyam pendidikan di kecamatan kelahirannya Panyabungan. Ia bersekolah dasar di SD 6 Panyabungan dan lulus pada tahun 1984. 

Selanjutnya ia melanjutkan pendidikan di SMP 2 Panyabungan dan menyelesaikannya pada tahun 1987. Setelah itu ia menempuh pendidikan sekolah menengah atas di SMA Panyambungan dan lulus pada tahun 1990. 

Jafar adalah sosok yang berperan aktif di organisasi. Hal ini ditunjukkan dengan amanah yang ia emban sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Mandailing Natal pada tahun 2004. Ia juga merupakan pengurus aktif di Nahdhatul Ulama’ (NU) cabang Mandailing Natal.

Pada tahun 2011, Jafar ditunjuk sebagai Wakil Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Kabupaten Mandailing Natal.

3. Akan membangun bandara dengan Bukit Malintang

Profil Jafar Sukhairi, Bupati Madina yang Bertekad Bangun BandaraBupati Mandailing Natal, Jafar Sukhairi (Dok. IDN Times)

Pada tahun 2014-2019 sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati, Jafar merupakan Wakil DPRD di Kabupaten Mandailing Natal. Ia mengundurkan diri dari anggota DPRD karena mengajukan diri pada pilkada tahun 2015 menjadi pasangan calon dari Dahlan Hasan Nasution. 

Pada pilkada 2015 tersebut, Dahlan dan Jafar menang. Sehingga mereka menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati di masa periode 2015-2021.

Selain aktif menjadi politisi, Jafar juga merupakan seorang pengusaha. Ia memiliki beberapa usaha yang sedang dikembangkan. Diantaranya adalah usaha air minum di kawasan Mandailing Natal. Selain itu ia juga memiliki Hotel atau penginapan sebagai usaha lainnya.

Demi meningkatkan konektivitas antar daerah dan mengembangkan perekonomian Mandailing Natal, dalam masa kepemerintahannya Jafar bekerja sama dengan pemerintah Sumatera Utara untuk membangun Bandar Udara.

Bandara yang diberi nama Bandara Bukit Malintang ini diharapkan bisa selesai tahun 2023 mendatang. Diharapkan dengan adanya bandara ini, Mandailing Natal bisa berkembang menjadi kawasan wisata yang bisa membuat perekonomian warga semakin meningkat.

Demikian profil singkat dari Jafar Sukhairi, seorang Bupati Mandailing Natal yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati pada periode sebelumnya. Ia bertekad membawa banyak perubahan baik dari pada kepemimpinan sebelumnya. 

Baca Juga: Menanti Penegakan Hukum Kepemilikan Satwa Dilindungi Bupati Terbit

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya