Comscore Tracker

Panti Rehabilitasi MAB, Eks Pecandu Narkoba Dilatih Beternak Jangkrik 

Ini nih tujuannya Guys!

Binjai, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Binjai melakukan kunjungan ke panti rehabilitasi Mutiara Abadi Bangsa (MAB) Jalan Gatot  Subroto Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Kamis (3/10).

Kunjungan dilakukan untuk melihat 25 Residen atau warga sedang melakukan rehabilitasi rawat inap yang dititipkan oleh Badan Narkotika Nasional di panti rehabilitasi Mutiara Abadi Bangsa Binjai. 

1. Puluhan residen mendapatkan pembinaan dan pelatihan di MAB

Panti Rehabilitasi MAB, Eks Pecandu Narkoba Dilatih Beternak Jangkrik IDN Times/Handoko

Kepala BNNK Binjai AKBP Suprayogi malalui Kasi Berantas BNN Binjai, Wawan mengatakan kerjasama antara Badan Narkotika Nasional dengan panti rehabilitasi Mutiara Abadi Bangsa Binjai sejak tahun 2017.

"Tahun 2017 kami menitipkan 14 orang, Tahun 2018, 20 orang dan tahun ini 25 orang yang kami  rehabilitasi di panti Mutiara Abadi Bangsa Binjai untuk mendapatkan pembinaan dan pelatihan," katanya. 

Wawan mengatakan pascarehabilitasi para residen juga terus dilakukan pengontrol oleh MAB agar para pecandu narkoba tidak mudah tergiur kembali mengunakan narkoba. 

"Program rehabilitasi BNN Pusat yang kami laksanakan untuk masyarakat Kota Binjai yang kurang mampu berlangsung dengan baik dan sukses," katanya.

Baca Juga: Diduga Terobsesi Ilmu Hitam, Heri Tega Tusuk Driver Ojol hingga Tewas

2. Memulihkan residen dengan pengobatan medis dan pendidikan mental

Panti Rehabilitasi MAB, Eks Pecandu Narkoba Dilatih Beternak Jangkrik IDN Times/Handoko

Pimpinan Mutiara Abadi Bangsa (MAB) Binjai Hendry Gunawan mengatakan, untuk memberikan pemulihan terhadap Residen MAB memberikan pemulihan melalui pengobatan medis dan pendidikan mental. 

"Selama direhabilitasi di sini Residen, kami berikan pengobatan medis, pembentukan karakter, pendidikan mental dan pendekatan agama," katanya. 

Selain itu kata Hendry selama direhabilitasi di MAB Residen juga diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan sehingga nantinya dapat mempermudah memperoleh pekerjaan setelah direhabilitasi. 

"Pelatihan yang kami berikan kepada Residen yakni pembuatan batako, las listrik pembuatan jerejak jendela dan beternak jangkrik," kata Hendry. 

3. Dukungan keluarga dibutuhkan bagi pecandu narkoba

Panti Rehabilitasi MAB, Eks Pecandu Narkoba Dilatih Beternak Jangkrik Pexels.com/Pixabay

Selama beroperasi Panti rehabilitasi yang diresmikan bulan November 2016 oleh Wali Kota Binjai Muhammad Idaham hingga kini telah menampung sekitar 60 Residen yang mana masa rehabilitasinya minimal 3 bulan dengan biaya mandiri sekitar Rp3 juta. 

"Untuk keberhasilan seorang pecandu menjadi tidak ketergantungan lagi, membutuhkan banyak faktor atau modalitas terapi, du­kungan keluarga, komitmen ingin berubah, adanya kegiatan positif dan dukungan sosial," katanya. 

Baca Juga: SAH! Dana Pilkada Binjai 2020 Sebesar Rp16,3 Miliar

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya