Comscore Tracker

Mengenang Haji Anif, Bikin MTQ untuk Memeringati Hari Ulang Tahun

Amanahkan pada anak cucunya untuk gelar MTQ tiap tahun

Kabar duka menyelimuti keluarga besar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah. Ayahandanya, Haji Anif Shah meninggal dunia, Rabu (25/8/2021) pukul 04.15 WIB pada usia 82 tahun.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Tembakau Deli, Medan. Kemudian akan dikebumikan Rabu (25/8/2021) ba’da zuhur di Masjid Al Musanif, Cemara Asri, Medan.

Semasa hidup, Haji Anif dikenal sebagai sosok yang dermawan. Dalam beberapa tahun terakhir, ia menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Masjid Al Musanif milik Yayasan Haji Anif untuk merayakan ulang tahunnya.

1. Mengamanahkan pada anak cucunya untuk gelar MTQ tiap tahun

Mengenang Haji Anif, Bikin MTQ untuk Memeringati Hari Ulang TahunWagub Sumut Musa Rajekshah bersama ayahnya, Haji Anif Shah. (Instagram/MusaRajekshah)

Terakhir kali H Anif merayakan ulang tahunnya dengan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yakni Maret 2020 sebelum pandemik COVID-19.

"MTQ ini yang kedua. Saya memohon seluruh yang hadir mendoakan saya agar Allah memberikan berkah umur yang panjang dan bisa berguna dan bermanfaat bagi orang banyak," ujar H Anif kala itu seperti dikutip dari ANTARA.

Dia berharap dengan MTQ menjadi bekal agama untuk generasi Islam ke depannya. "Oleh karena itu, saya berharap MTQ bisa terus dilaksanakan meskipun saya nanti sudah tiada. Saya sudah mengamanahkan kepada anak dan cucu soal MTQ tiap tahunnya dan semoga terkabul," katanya.

Baca Juga: Dapat Rp50 Juta, Ini Nama Pemenang Lomba Arsitektur Masjid H Anif

2. Karena pandemik, tahun ini menggelar lomba desain arsitektur pelebaran Masjid Al Musanif

Mengenang Haji Anif, Bikin MTQ untuk Memeringati Hari Ulang TahunPenyerahan Penghargaan Kepada Pemenang Sayembara Proyek Desain Pengembangan Arsitektur Bangunan Masjid Al Musannif. (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Namun tahun ini rencana gelaran MTQ dibatalkan mengingat masih maraknya pandemik COVID-19. Sebagai gantinya, Yayasan Haji Anif menggelar tiga Sayembara Desain Arsitektur Masjid Al Musannif. Di antaranya, Sayembara model 99 Masjid Al Musannif, Sayembara Mihrab Masjid Al Musannif dan Sayembara Pengembangan Masjid Al Musannif.

Ketua Yayasan Haji Anif, Musa Rajekshah mengakui biasanya setiap tahun Yayasan Haji Anif hanya melaksanakan MTQ. Tapi karena pandemik ini, akhirnya diputuskan membuat sayembara ini.

Menurut Ijeck, Masjid Al Musannif sudah ada sejak lama namun saat ini ingin dilakukan pengembangan karena lahannya masih luas.

"Kita mau masjid ini bukan hanya tempat ibadah, namun jadi sentra aktivitas masyarakat. Nantinya akan ada aula dan berbagai fasilitas lain," ungkapnya saat penyerahan hadiah kepada para pemenang Sayembara Pengembangan Masjid Al Musannif, 21 Juli 2021.

3. Gubernur Edy dibikin takjub

Mengenang Haji Anif, Bikin MTQ untuk Memeringati Hari Ulang TahunTwitter @RahmayadiEdy

Saat pertama kali gelaran MTQ dilaksanakan pada 2019 memeringati HUT Haji Anif ke-80, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terkejut sekaligus takjub.

"Saya betul betul terkejut, tersanjung. Ada yang berulangtahun memperingatinya dengan membuat MTQ. Yang biasanya meniup lilin, ini membuat MTQ, Masya Allah," ujar Edy kala itu.

Yang bikin lebih takjub lagi,  total hadiah MTQ lebih dari Rp 200 juta. Menurutnya MTQ ini sangat berarti bagi perkembangan agama.

"Apalagi memang tujuan H. Anif ini adalah untuk menghasilkan generasi muda yang mencintai dan memuliakan Al Quran serta membela agama Islam," katanya.

Gubernur berharap bahwa kegiatan MTQ ini bisa berlangsung sampai akhir hayat.

"Tahun ke depannya harus tetap dilaksanakan, jangan hanya 10 atau 20 tahun seperti yang dibilang Ijeck, kegiatan ini harus dibuat sampai akhir nanti, MTQ ini harus tetap diadakan selama Sumut ini masih ada," tutur Edy.

Baca Juga: [BREAKING] Haji Anif, Ayah Wakil Gubernur Sumut Meninggal Dunia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya