Mengenal Hariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas Utara

Hariro pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Paluta

Hariro Harahap merupakan Wakil Bupati terpilih di Kabupaten Padang Lawas Utara. Ia menjabat di periode 2018-2023. Hariro Harahap mendampingi Bupati Andar Amin Harahap dalam memimpin Kabupaten Padang Lawas Utara.

Politikus ini lahir di Gunungtua, 1 Februari 1966. Kini ia tinggal di Desa Siunggam Julu Kabupaten Lawas Panjang bersama istrinya Masdoripa Siregar.

Ia dikaruniai tiga orang anak dari pernikahan tersebut, Anak pertama bernama Muhammad Faisal Harahap, anak keduanya bernama Muhammad Ridho Al Barkah Harahap, dan anak ketiganya bernama Muhammad Nikmat Albarkah Perj. Harahap.

Baca Juga: 5 Fakta Kiras Bangun, Galang Kerja Sama Lintas Agama Melawan Penjajah

1. Hariro pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Paluta

Mengenal Hariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas UtaraHariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Dok. IDN Times)

Hariro bersekolah di SD Negeri 142746 Siunggam di tahun 1971 dan lulus di tahun 1977. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP di SMP Negeri Sipupus Siunggam di tahun 1977 dan lulus tahun 1981.

Kemudian di tahun 1981-1984, Hariro bersekolah di SMEA Negeri Padangsidimpuan dan ia melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri di STIE NUSBA Medan di tahun 1993 dan lulus tahun 1997. Di tahun 2010 ia memutuskan untuk melanjutkan studi pasca sarjananya di UPMI Medan dan lulus pada tahun 2012.

Di tahun 1992-1996 ia tergabung sebagai anggota tim Departemen Keuangan Kantor Pemeriksaan Penyidik Pajak Medan, kemudian di tahun 1996-2000 ia diangkat menjadi ketua tim Departemen Keuangan Kantor Pemeriksaan Penyidik Pajak Bengkulu. Setelah itu kembali lagi ke kantor Medan dan diangkat menjadi Ketua Tim sampai tahun 2006.

Di tahun 2006-2007 ia diangkat menjadi ketua tim Departemen Keuangan Kantor Pemeriksaan Penyidik Pajak Tangerang dan di tahun 2007-2013 ia menjadi Supervisor di kantor Cilegon.

Hingga di tahun 2014-2019 ia diangkat menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara.

Di bulan Februari tahun 2019, Hariro mewakili Kabupaten Padang Lawas Utara menghadiri kegiatan FGD (Forum Group Discussion) dengan para penilai di Aula Kantor Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara. 

Dalam acara tersebut, Kabupaten Padang Lawas Utara menerima penghargaan sebagai nominasi tiga besar dalam penghargaan pembangunan daerah. Hariro menyampaikan semua ini berkat kerjasama para pemangku jabatan dan ia berharap kedepannya Kabupaten Padang Lawas Utara bisa semakin maju dan bersaing dengan kabupaten lainnya.

2. Sosok yang peduli terhadap perkembangan religius masyarakat

Mengenal Hariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas UtaraHariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Dok. IDN Times)

Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara, ia memangku amanat sebagai Wakil Ketua DPRD Padang Lawas Utara. Namun pada September 2018, ia mengundurkan diri dari kursi DPRD.

Hal ini dikarenakan ia menjadi Wakil Bupati terpilih di Pilkada serentak pada bulan Juni 2018. Sehingga ia resmi menjabat sebagai Wakil Bupati periode 2018-2023. 

Hariro merupakan sosok yang peduli terhadap perkembangan religius para masyarakat Padang Lawas Utara. Hal ini bisa dilihat dari kehadirannya dalam kegiatan STQ-H (Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist) ke III tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara.

Dalam kegiatan tersebut, ia berpesan agar juara dari STQ tingkat kabupaten bisa mengharumkan nama kabupatennya di ajang STQ tingkat Provinsi mendatang. Ia mengapresiasi keberadaan kegiatan yang bisa mengembangkan kemampuan Al-Qur’an dan Hadis generasi muda di Padang Lawas Utara.

3. Calon tunggal pada Pilkada 2018

Mengenal Hariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas UtaraAndar Harahap, Bupati dan Hariro Harahap, Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Dok. IDN Times)

Yang unik, hingga hari terakhir pendaftaran Pilkada, KPU hanya menerima nama Andar Amin Harahap dan Hariro Harahap sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara di periode jabatan 2018-2023. 

Mereka mendapatkan dukungan dari 11 partai politik, sehingga dalam pilkada tersebut, Hariro merupakan satu-satunya calon wakil bupati.

Demikian profil dari Hariro Harahap, sosok wakil bupati Padang Lawas Utara yang menjabat di masa periode 2018-2023.

Baca Juga: Mengenal Andar Harahap, Mantan Wali Kota Sidimpuan Jadi Bupati Paluta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya