Comscore Tracker

Mengenal Eddy Berutu, Komisaris Perusahaan Asuransi Jadi Bupati Dairi

Pernah raih penghargaan internasional sebagai CEO terbaik

Eddy Keleng Ate Berutu adalah Bupati Dairi periode 2019-2024 yang dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi atas nama Presiden Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.12-354 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sumatera Utara.

Eddy Keleng Ate Berutu lahir di Dolok Ilir I, Dolok Batu Nanggar, Simalungun, Sumatra Utara pada 12 Januari 1960 dan sekarang dia berusia 61 tahun.

Yuk lihat perjalanan kariernya hingga menjadi Bupati Dairi:

Baca Juga: Selisih Satu Suara, Pilkades di Kabupaten Dairi Ricuh

1. Merupakan pendiri dan komisaris grup JUMA

Mengenal Eddy Berutu, Komisaris Perusahaan Asuransi Jadi Bupati DairiEddy Keleng Ate Berutu, Bupati Dairi (Dok. Pribadi)

Dia memiliki beragam prestasi di skala nasional maupun internasional. Sebelum memasuki dunia pekerjaan Eddy Keleng Ate Berutu menempuh Pendidikan dasar di SD ST. Yoseph II – Medan tahun 1966-1972, Lalu menempuh jenjang sekolah menengah pertama di SMP Kristen Imanuel  - Medan tahun 1972-1975 dan jenjang sekolah menengah atas di SMA Negeri 3 Kota Bandung tahun 1975-1979. 

Eddy Kelleng Ate Berutu sebagai Ahli Teknik Komputer di ITB juga lulusan S1 teknik sipil UNPAR BANDUNG. Melanjutkan S2 nya sebagai pastoral Konseling di STTS BANTEN dan mendapat S3 Doctor of Ministry in Counseling di STT Jakarta.

Sebagai lulusan S3 Eddy Keleng Ate Berutu memimpin industri keuangan di Prudential Indonesia, Bank Bali, Wana Artha Life serta memiliki posisi saat ini sebagai : Pendiri & Komisaris grup JUMA, komisaris PT. Pacific Life Insurance, Penasehat GAMKI Dairi, Komite Tetap investasi, keuangan dan perbankan dan Kontruksi dan Infratuktur KADIN Indonesia.

Tidak hanya itu Dr. Eddy kelleng ate berutu juga pernah mendapatkan penghargaan skala internasional sebagai CEO terbaik dalam strategi Bisnis 2012 oleh Majalah Buiness Review Best Innovative Leader 2017 oleh Parliament Magazine.

2. Me-launching penerapan Kelas Pintar di 38 Sekolah Dairi

Mengenal Eddy Berutu, Komisaris Perusahaan Asuransi Jadi Bupati DairiEddy Keleng Ate Berutu, Bupati Dairi (Dok. Pribadi)

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Dairi (POPKAB) Pekan olahraga pelajar tersebut diikuti oleh para atlet pelajar tingkat SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Dairi.

Cabang olahraga yang diperlombakan diantaranya adalah sepakbola, atletik, tenis meja dan renang. Diharapkan dengan diadakannya pekan olahraga pelajar ini para atlet dapat tumbuh lebih besar lagi tidak hanya di kabupaten dairi, namun bisa tumbuh hingga ke tingkat nasional.

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi me-launching penerapan Kelas Pintar di 38 Sekolah yang ada di Kabupaten Dairi. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Kelas Pintar menawarkan solusi belajar digital yang dapat diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses belajar mengajar menggunakan sistem yang terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa.

3. Gerak cepat dalam penanggulangan bencana

Mengenal Eddy Berutu, Komisaris Perusahaan Asuransi Jadi Bupati DairiEddy Keleng Ate Berutu, Bupati Dairi (Dok. Pribadi)

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu juga peduli terhadap masalah yang terjadi di daerahnya dengan terjun langsung ke lokasi bencana alam banjir bandang yang terjadi di Dusun Juma Batu, Desa Suka Dame, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi.

Kedatangan Bupati Eddy Berutu ke lokasi banjir bandang, yang meluluhlantakkan sebagian besar lahan pertanian milik warga dusun setempat untuk melihat langsung kondisi wilayah pasca bencana guna mempercepat koordinasi penanggulangan dampak bencana oleh jajarannya. 

Dalam kunjungan itu, Bupati Eddy Berutu menerangkan dampak bencana alam banjir bandang yang terjadi di Dusun Juma Batu, Desa Suka Dame, Kecamatan Tanah Pinem mengkibatkan rusaknya sejumlah lahan pertanian milik warga setempat akibat banjir badang yang terjadi membawa berbagai material lumpur dan pepohonan dengan debit yang cukup besar.

Baca Juga: Pilkades di Dairi Ricuh, Calon Kepala Desa Ditangkap Polisi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya