Mengasah Kemampuan, PTAR Berikan Pelatihan untuk Petugas Damkar

Mendorong petugas Damkar ke arah profesional

Tapanuli Selatan, IDN Times - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe mendukung pelatihan dasar lanjutan bagi personel Pemadam Kebakaran di Tapanuli Selatan.

Pelatihan yang digelar sejak tanggal 24-29 Mei 2021 tersebut diberikan kepada 42 personel Pemadam Kebakaran dari Sektor Batangtoru, Sektor Sipirok, dan Sektor Batang Angkola yang terbagi dalam dua batch di gedung ampiteater Sopo Daganak, Batangtoru, Tapanuli Selatan.

PTAR menggandeng fasilitator lembaga pelatihan dan mentor yang berpengalaman, Trust One Indonesia, dalam rangka meningkatkan keterampilan serta kemampuan dasar (basic skill training) masing-masing personel.

Baca Juga: Tunjukkan Pistol ke Anak yang Curi Kotak Amal, Oknum Polisi Diperiksa 

1. Perlu melakukan latihan simulasi secara rutin

Mengasah Kemampuan, PTAR Berikan Pelatihan untuk Petugas DamkarPTAR Berikan Pelatihan untuk Petugas Damkar (Dok. IDN Times)

Rahmat Lubis, General Manager Operations PTAR menyatakan program pelatihan ini terwujud atas kerjasama PTAR dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan.

“Pelatihan dasar ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi seluruh tim Pemadam Kebakaran di ketiga sektor di Tapanuli Selatan dan meningkatkan pentingnya kesadaran akan keselamatan dan sikap tanggap terhadap bahaya bagi masyarakat sekitar Tambang Emas Martabe,” kata Rahmat dalam sambutannya saat membuka secara resmi acara pelatihan.

Menurut Rahmat, selain pelatihan dasar, para personel Pemadam Kebakaran juga perlu melakukan latihan simulasi (drill) secara rutin dan juga disiplin karena respon penyelamatan perlu latihan rutin agar kesigapan dan kesiagaan terjaga.

Sebelumnya PTAR telah membantu 1 unit truk Pemadam Kebakaran di tahun 2016 untuk sektor Batangtoru ditambah beberapa perlengkapan di tahun 2020 seperti baju tahan api, selang dan lainnya untuk membantu sektor Batangtoru dalam siaga bencana kebakaran.

“Sebuah kebanggaan mendapatkan amanah sebagai tim Pemadam Kebakaran yang selalu diharapkan kehadirannya dalam membantu masyarakat saat terjadi musibah/ bencana, jadi mohon dijaga amanah dan tanggungjawab ini sebaik-baiknya,” kata Rahmat.

2. Meningkatkan sejumlah keterampilan dari masing-masing personil pemadam kebakaran

Mengasah Kemampuan, PTAR Berikan Pelatihan untuk Petugas DamkarIDN Times

Senior Manager Community Relations Pramana Triwahjudi menyatakan program pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pengelolaan Lingkungan Kehidupan Masyarakat yang diwujudkan melalui Program Pengurangan Resiko Bencana.

Target dari pelatihan ini menurut Pramana adalah meningkatkan sejumlah keterampilan dari masing-masing personil pemadam kebakaran.

Yakni keterampilan tentang penggunaan alat pemadam api ringan (APR), keterampilan penggunaan peralatan pada unit mobil pemadam, keterampilan tentang pertolongan penderita gawat darurat, ketrampilan tentang prosedur pemakaian dan penggunaan Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA), keterampilan berkomunikasi dalam keadaan darurat, keterampilan perawatan pemadam kebakaran serta terbentuknya sikap disiplin, fisik, mental personel Damkar.

“Dari pelatihan ini diharapkan meningkatnya profesionalisme serta sikap disiplin personel Damkar dalam merespons situasi darurat serta dalam menjalankan tugas,” kata Pramana.

Sementara itu materi yang disampaikan dalam pelatihan dasar ini adalah Perilaku Api, Pengetahuan tentang Alat Pemadam Api, Perawatan Mesin Darurat, Alat Pelindung Pernafasan (Breathing Apparatus), Proteksi Kebakaran Pada Bangunan, Managemen Keselamatan Pada Kebakaran Gedung, Keselamatan Petugas, Pembinaan Fisik (Fire Fighter Fitness Drill), Tali Temali dalam Penyelamatan, Komunikasi (Incident Commander), Teknik Perawatan Unit Damkar dan Peralatan Pemadam Kebakaran serta Evaluasi Pelajaran.

3. Mendorong petugas damkar ke arah profesional

Mengasah Kemampuan, PTAR Berikan Pelatihan untuk Petugas Damkarunsplash/Hermes Rivera

Sekretaris Daerah Pemkab Tapanuli Selatan, Parulian Nasution mewakili Pemkab Tapanuli Selatan menyatakan apresiasi dan terima kasih tak terhingga kepada PTAR yang telah menginisiasi kerjasama dalam melakukan basic training atau pelatihan dasar kepada para personel Pemadam Kebakaran di Tapanuli Selatan ini.

“Semoga kegiatan ini terus terbangun sehingga arah profesionalisme serta etos kerja yang militan dan lebih membaja akan terus mengalir di tubuh para abdi masyarakat. Dan kami berharap tak hanya hari ini tapi bisa berkelanjutan pelatihan di berbagai bidang,” kata Parulian.

“Atas nama Pemda Daerah di balik apresiasi ini, kami juga berterima kasih kepada PTAR yang telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan masyarakat, yang banyak ditopang oleh PTAR,” tambahnya.

Baca Juga: Begal Viral di Medan, Ternyata Residivis dan Pembunuh Abang Kandung

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya