Comscore Tracker

Libur Lebaran, Kapal Feri Penyeberangan ke Samosir Beroperasi 24 Jam

Berikut jadwal lengkapnya

Simalungun, IDN Times - Selama libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H pelayanan kapal feri yang beroperasi di Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dan di wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mengubah jadwalnya dari hari biasanya.

Kali ini beroperasi selama 24 jam guna melayani masyarakat secara maksimal yang menuju Kabupaten Samosir.

Baca Juga: Selama Lebaran, Ada Kapal Patroli Pantau Kawasan Wisata Danau Toba

1. Sebanyak 5 kapal feri melayani dari dermaga Tomok, Ajibata dan Tigaras

Libur Lebaran, Kapal Feri Penyeberangan ke Samosir Beroperasi 24 JamIDN Times/Kemenpar

Sebagaimana diketahui, ada 5 kapal feri menuju Kabupaten Samosir untuk dioperasi yaitu Kapal Feri Ihan Batak dari Ajibata ke dermaga Ambarita, KMP Toba 1 dan 2 dari Ajibata menuju Tomok dan KMP Toba 1 dan 2 dari Tigaras menuju Simanindo. Jadwal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung di kawasan wisata Danau Toba.

Jika selama ini jam operasi kapal feri yang akan menyeberangkan penumpang masing-masing dari jam 7.00 Wib hingga 19.00 Wib, namun untuk antisipasi lonjakan masyarakat menjadi 24 jam. Semua perubahan pelayanan ini telah dikoordinasikan melalui tim di Operasi Ketupat Toba tahun 2019 yang dipimpin Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan.

"Salah satu upaya Polres Simalungun dalam menghadapinya adalah dengan melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba Tahun 2019 bersama dengan Instansi terkait lainnya. Ini dilakukan mengingat tradisi perayaan Idul Fitri dirayakan dengan mudik dan saling kunjung ke rumah sanak saudara untuk bersilahturahmi, sehingga terjadi peningkatan aktivitas masyarakat" jelasnya.

2. Kapolres Simalungun telah berkoordinasi dengan manajemen kapal feri

Libur Lebaran, Kapal Feri Penyeberangan ke Samosir Beroperasi 24 JamDok BPTD II Sumut

Menindaklanjuti hal itu, Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan, sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen kapal feri KMP Toba I dan 2 serta Kapal Ihan Batak agar para pihak tersebut mau bekerjasama dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan menambah jam penyeberangnya.

Kapolres Simalungun juga menghimbau kepada para pihak manajemen, dalam setiap penyeberangan harus lebih mengutamakan keselamatan.

"Diharapkan agar seluruh masyarakat yang akan melakukan penyeberangan ke Samosir, agar tidak terburu-buru mengingat pihak kapal sudah 24 jam beroperasi" ucapnya.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati dalam melakukan perjalanan. Utamakan keselamatan daripada kecepatan, patuhi segala peraturan lalu lintas. Apabila mengalami gangguan atau ada melihat suatu perbuatan tindak pidana, segera hubungi pihak Kepolisian terdekat.

Baca Juga: [FOTO] Mengintip Uniknya Pasar Onan Balige di Pinggir Danau Toba

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya