Comscore Tracker

Indonesia Penghasil Sampah No 5 Dunia, KSOP Bersihkan Sampah di Pantai

Digelar secara serentak di Indonesia

Langkat, IDN Times - Peringatan hari Perhubungan Nasional dimanfaatkan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP) kelas IV Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dengan aksi bersih laut dan pantai dari sampah. 

"Aksi bersih laut ini dilakukan, karena kita ketahui Indonesia masuk urutan ke- 5 penghasil sampah terbesar di dunia," kata Kepala Kantor KSOP kelas IV Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (12/9).

1. Digelar secara serentak di Indonesia untuk kurangi sampah hingga 70 persen

Indonesia Penghasil Sampah No 5 Dunia, KSOP Bersihkan Sampah di PantaiIDN Times/Handoko

Menurutnya, gerakan aksi laut dan pantai dari sampah ini digelar secara serentak di Indonesia, hal ini dilakukan merupakan upaya untuk mendukung pemerintah mengenai penanganan sampah di laut dan pantai. Dan diharapkan dapat mengurangi sampah diseluruh gari pantai dan laut.

"Dalam rencana aksi nasional ini, pemerintah menargetkan mengurangi sampah plastik dilaut sebesar 70 persen pada tahun 2025. Hal ini sesuai Inpres nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental," katanya.

2. Motori masyarakat agar dapat membuang sampah pada tempatnya

Indonesia Penghasil Sampah No 5 Dunia, KSOP Bersihkan Sampah di PantaiIDN Times/Handoko

Gerakan ini sebut Gamal Sembiring,  diharapkan dapat berpengaruh dan memberi efek kepada masyarakat pada kebiasaan membuang sampah ke laut serta membangun kebersamaan, sehingga tidak ada saling lempar tanggung jawab dalam persoalan kebersihan laut dan pantai.

Kepada perusahaan dan masyarakat yang berdomisili disekitar pantai diimbau dan diajak untuk menjaga dan merawat pantai dan sungai agar tidak membuang sampah ke sungai laut dan pantai.

"Mari kita jaga rawat dan sayangi seperti kita mencintai dan menyayangi tubuh kita sendiri, jangan buang sampah ke sungai, laut atau pantai demi satu karya nyata yang dapat kita wariskan kepada anak cucu kita," kata Gamal.

3. Ajak semua elemen masyarakat menjadi duta sampah

Indonesia Penghasil Sampah No 5 Dunia, KSOP Bersihkan Sampah di PantaiIDN Times/Handoko

Lebih lanjut Gamal mengajak semua elemen masyarakat untuk menjadi duta pelopor penggerak sosialisasi gerakan buang sampah ke tempat sampah, agar kita bisa hidup bersih, sehat, dan biota laut dapat berkembang lebih baik lagi. Kegiatan ini melibatkan perusahaan, BUMN, Kapolsek Pangkalan Susu AKP Slamet Riyadi, Danramil-15, Camat Pangkalan Susu, pelajar dan masyarakat setempat.

Lurah Beras Basah Zulkarnain, berterima kasih kepada KSOP atas aksi bersih sampah di pantai dan laut di wilayah kelurahan Beras Basah.

Meski peran serta masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dianggap masih kurang peduli dengan sampah, namun dengan aksi ini diharapkan bisa mengedukasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan sungai, pantai dan laut.

Baca Juga: [BREAKING] Laga Pertama Jafri Sastra, PSMS Medan Kalahkan PSCS Cilacap

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You