GrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke Panti Asuhan

Ada 17 panti asuhan di Medan yang mendapat bantuan

Medan, IDN Times - Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dalam masa yang menantang ini, Grab, aplikasi serba bisa terdepan di Asia Tenggara menghadirkan program “Yuk Berbagi” di 7 kota di Indonesia, termasuk Medan.

Melalui program ini, Grab telah berhasil mengajak ribuan pelanggan dan lebih dari 40 mitra merchant GrabFood untuk berdonasi lebih dari 2.000 paket makanan ke 17 panti asuhan di Medan. Sejak November hingga awal Desember 2020, para pelanggan yang telah memesan makanan favorit mereka menggunakan kode promo “YUKBERBAGI” dari restoran yang berpartisipasi juga turut berdonasi satu paket makanan untuk panti asuhan di setiap kota.

Program ini hadir di 7 kota di Indonesia, termasuk Medan. Bertepatan dengan Hari Ibu, Grab bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara juga membagikan paket makanan kepada para ibu yang berprofesi sebagai penyapu jalanan. Sebelumnya, Grab juga telah membagikan bantuan kepada para korban bencana banjir di Medan dan Tebing Tinggi.

1. Program ‘Yuk Berbagi’ untuk merayakan semangat kebersamaan

GrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke Panti AsuhanNawal Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Sumut dan GrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke 17 Panti Asuhan di Kota Medan (Dok. IDN Times)

Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia menjelaskan melalui program ‘Yuk Berbagi’, Grab ingin merayakan semangat kebersamaan dari pelanggan dan mitra merchant untuk berbagi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi yang menantang bagi semua.

"Walaupun sederhana, kami berharap inisiatif ini tidak hanya menggerakan masyarakat untuk terus melakukan kebaikan, namun juga dapat terus mendorong roda perekonomian lokal berkat kontribusi dari seluruh ekosistem GrabFood, mulai dari pelanggan, mitra merchant, hingga mitra pengantaran. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait yang telah mendukung kami dalam menyalurkan paket makanan kepada anak-anak di panti asuhan, korban bencana banjir, hingga ibu-ibu penyapu jalanan di Medan," ujarnya.

Baca Juga: Grab-PKK Sumut Beri Bantuan untuk Korban Banjir di Medan dan Tebing

2. Grab mendukung jalannya roda perekonomian daerah

GrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke Panti AsuhanNawal Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Sumut dan GrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke 17 Panti Asuhan di Kota Medan (Dok. IDN Times)

Hj. Nawal Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, sangat mengapresiasi langkah Grab yang memperhatikan para anak yatim di era pandemi ini.

Ia menilai langkah yang dilakukan Grab ini sangat bagus karena dapat melibatkan banyak elemen di dalamnya. Masyarakat dapat mendukung jalannya roda perekonomian daerah dengan membeli produk dari UMKM lokal sehingga buat mereka tetap dapat mempertahankan bisnis di masa pandemik.

"Selain itu, penting bagi kita bersama untuk dapat berbagi dengan anak-anak yang ada di panti asuhan agar dapat meringankan beban sesama. Bertepatan dengan momen perayaan Hari Ibu, pemerintah juga ingin mengapresiasi para ibu tangguh yang bekerja dan merawat keluarga setiap harinya. Kami juga turut membagikan paket makanan kepada para ibu tangguh yang berprofesi sebagai penyapu jalanan yang dengan gigih bekerja setiap hari sambil merawat keluarga mereka,” ungkapnya.

Ribuan paket makanan telah disalurkan kepada anak yatim di 17 panti asuhan di Medan, termasuk Panti Asuhan Bani Adam As’ Panti Asuhan Bait Allah, Elim Grace Orphanage, Panti Asuhan Claresta, dan Yayasan Amal Sosial Panti Asuhan Al-Jamiyatul Washliyah. Nur Syafriana, Kepala Panti Asuhan Bani Adam As’,⁣ menyampaikan apresiasinya kepada Grab, “Di tengah pandemi ini, banyak donatur tetap yang terkena dampak dan ini jadi tantangan untuk panti asuhan. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Grab yang hadir untuk menyalurkan paket makanan untuk anak-anak yatim di panti asuhan ini. Semoga bantuan ini bisa menjadi berkah untuk semua orang yang terlibat di dalamnya dan mereka mendapatkan balasan yang berlipat.”

3. Kontribusi ekonomi Grab yang mencapai Rp2,66 triliun di Sumatera Utara

GrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke Panti AsuhanGrabFood Salurkan Lebih dari 2.000 Paket Makanan ke 17 Panti Asuhan di Kota Medan (Dok. IDN Times)

Selama masa pandemik, Grab turut serta dalam membantu masyarakat dan mitra Grab dengan berbagai rangkaian kegiatan dan inisiatif. Grab telah mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran virus dengan menghadirkan GrabProtect di Medan, protokol keamanan dan kebersihan berkendara dengan perlindungan ekstra bagi penumpang dan mitra pengemudi. Grab juga menghadirkan dua layanan baru yakni GrabMart dan GrabAssistant yang membantu mendorong roda perekonomian mitra dan UMKM di tengah pandemi.

Selain itu, Grab juga menghadirkan program #TerusUsaha di Medan yang didedikasikan untuk mendukung digitalisasi para pelaku UMKM dan pedagang tradisional, termasuk melalui kerja sama dengan PD Pasar Jaya untuk mendigitalisasi 5 pasar tradisional di Medan.

Riset Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics menunjukkan kontribusi ekonomi Grab yang mencapai Rp2,66 triliun di Sumatera Utara dan meningkatkan kualitas hidup mitra sebesar 8 persen.

“Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab telah menghadirkan rangkaian inisiatif untuk membantu banyak pihak agar dapat berjuang bersama di tengah pandemi. Teknologi Grab memudahkan masyarakat dan mitra merchant untuk lebih mudah berbagi serta memberikan kebahagiaan untuk sesama. Program “Yuk Berbagi” juga merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap UMKM lokal untuk #TerusUsaha dan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Kami berharap terus dapat menjadi bagian penting bagi masyarakat Indonesia di era ekonomi digital ini ,” tutup Richard.

Baca Juga: GrabFood Bagikan Ribuan Paket Makanan Bagi Anak Yatim dan Tenaga Medis

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya