Comscore Tracker

Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoU

Bukti SMA Harapan 3 menjadi salah satu sekolah terbaik

Medan, IDN Times - Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr Herman Fithra, ST.,MT., IPM.,ASEAN Eng melakukan kunjungan ke SMA Harapan 3 Jalan Karya Wisata Ujung, Kecamatan Deli Tua, Deli Serdang, Jumat (22/1/2021).

Dalam kunjungan ini, Herman mencoba memperkenalkan kampus yang terletak di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh yang dipimpinnya kepada pelajar-pelajar di Kota Medan, khususnya siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menduduki bangku perkuliahan.

"Unimal menjadi pilihan tepat untuk berkuliah. Salah satunya  karena Aceh menerapkan Perda Syariah yang diatur dalam Qonun. Sehingga orangtua tidak perlu khawatir anaknya merantau ke sana. Lokasi kampus juga sangat asri dan nyaman dengan luas 200 hektare menyatu dengan alam dan hutan di tanah berbukit. Satu lagi, lokasi kampus sangat strategis karena berdampingan dengan Bandara Malikussaleh. Sering jadi candaan, satu-satunya kampus di dunia yang ada bandaranya ya Unimal ini," katanya.

1. Unimal saat ini memiliki 6 Fakultas

Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoURektor Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr Herman Fithra, ST.,MT., IPM.,ASEAN Eng (Dok. IDN Times)

Herman juga menerangkan tentang sejarah Unimal yang awalnya kampus swasta bernama Akademi Ilmu Agama yang didirikan pada tahun 1969 kemudian berubah menjadi kampus negeri Unimal pada tahun 2001. Histori yang panjang, akhirnya membentuk Unimal menjadi kampus berkualitas. Didukung oleh 6 fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Ekonomi, Hukum, ISIP, Pertanian, dan Teknik.

"Dalam kunjungan kami ke beberapa sekolah di Medan ini yakni dalam rangka mengajak lebih banyak siswa dari Sumut, khususnya di Medan untuk melanjutkan studi ke Unimal dan membangun kerja sama dalam implementasi program Kampus Merdeka yang mana salah satu indikator nya adalah mahasiswa menghabiskan waktu minimal satu semester di luar kampus, di dalamnya ada pilihan untuk mengajar di sekolah-sekolah sesuai keilmuannya," jelas Herman.

Baca Juga: Ini 8 Prioritas Merdeka Belajar Kemendikbud sepanjang 2021

2. Kunjungan Unimal membuktikan SMA Harapan 3 menjadi salah satu sekolah terbaik di Sumut

Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoUWakil Kepala Sekolah 2 Bidang Perlengkapan dan Keuangan serta Plt  Kesiswaan SMA Harapan 3 Ahmad Razali M,Sos (kanan) (Dok. IDN Times)

Wakil Kepala Sekolah 2 Bidang Perlengkapan dan Keuangan serta Plt  Kesiswaan SMA Harapan 3 Ahmad Razali M,Sos menyampaikan sangat gembira dengan kunjungan pihak kampus Unimal karena membuktikan SMA Harapan 3 menjadi salah satu sekolah terbaik di Sumut dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

"Kami akan menindaklanjuti kunjungan ini. Kami akan menawarkan jalur undangan (SNMPTN) untuk para siswa berprestasi di sekolah kami baik yang dari Tahfidz Qur'an atau jalur-jalur prestasi lain dan meminta kesempatan beasiswa juga jika dimungkinkan. Kami akan segera berkoordinasi untuk rapat menentukan Formulasi kerja sama terbaik yang saling menguntungkan," ungkapnya.

Guru lulusan Magister Sosiologi USU ini menambahkan usulan Rektor yang ingin memagangkan para mahasiswa Unimal calon Guru ke sekolah-sekolah tujuan kunjungan yang salah satunya di SMA Harapan 3 disambut sangat antusias dan akan segera ditindaklanjuti.

"Nanti akan ada pertemuan lanjutan dan tidak menutup kemungkinan kami pihak sekolah akan melakukan kunjungan balasan ke Unimal,” tambah Ahmad Razali.

3. Rombongan melihat fasilitas sekolah di program unggulan SMA Harapan 3 yaitu kelas Focus Kedokteran

Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoUPenandatanganan MoU Unimal dan SMA Harapan 3 Medan (Dok. IDN Times)

Usai saling menyampaikan sambutan, pertemuan ini dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah SMA Harapan 3 Bapak Abd Jalil S.Pd ., MS dan Rektor Unimal Dr. Herman Fithra , ST., MT., IPM., ASEAN Eng. Dilanjutkan melihat proses belajar daring dan fasilitas sekolah di program unggulan SMA Harapan 3 yaitu kelas Focus Kedokteran.

Dalam kunjungan ini, Rektor Unimal tak sendirian. Ia didampingi Wakil Rektor  Bidang Kemahasiswaan Dr Baidhawi ,S.P., M.P, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan Dr.Ir.Azhari , M.S.C., ASEAN Eng , Ketua Dharma Wanita Unimal, Sahnora, SE, dan Humas Riandy Praza . Selain ke SMA Harapan 3 Medan, rombongan Rektor Unimal juga berkunjung ke SMAN 8 Medan, SMA Al Azhar, SMAN 1 Medan, dan SMAN 4 Medan.

4. Sekilas tentang Unimal

Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoURektor Universitas Malikussaleh dan rombongan melakukan kunjungan ke SMA Harapan 3 Jalan Karya Wisata Ujung, Kecamatan Deli Tua, Deli Serdang, Jumat (22/1/2021). (Dok. IDN Times)

Universitas Malikussaleh didirikan dengan mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama, yang dilandasi pada semangat estafet kepemimpinan dan pembangunan yang telah diletakkannya melalui sifat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya Sultan Malikussaleh.

Universitas Malikussaleh bermula dari menjelmanya Akademi Ilmu Agama jurusan Syariah yang didirikan tahun 1969.  Tahun  1971, Akademi Ilmu Agama diubah namanya menjadi Perguruan Tinggi Islam dengan jurusan Akademi Syariah, jurusan Akademi Ilmu Politik, jurusan Akademi Tarbiyah, serta jurusan Dayah Tinggi/Pesantren Luhur.

Perguruan Tinggi Islam ini mengalami perubahan nama lagi menjadi Perguruan Tinggi Islam Malikussaleh (disingkat dengan sebutan PERTIM), melalui Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Islam tanggal 24 Mei 1972. Tahun 1980 menjadi Yayasan Universitas Malikussaleh dengan singkatan Unima.

Kondisi politik di Aceh yang ditandai oleh konflik berkepanjangan telah menimbulkan dampak yang serius dan mendalam terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Aceh, berupa kehilangan harkat dan martabat, degradasi nilai-nilai sosial yang semakin memprihatinkan dan semakin menjauhkan dari suasana Masyarakat Madani (Civil Society). Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut tanpa upaya penyelesaian yang kongkrit dan komprehensif, maka dapat menimbulkan ancaman terjadinya disintegrasi bangsa.

Untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat Aceh kepada Pemerintah Pusat yang berkesinambungan dalam suasana masyarakat Madani, diperlukan adanya usaha untuk melahirkan sebuah Universitas Negeri kedua setelah Universitas Syiah Kuala yang merupakan dambaan masyarakat Samudera Pasai khususnya dan masyarakat Aceh umumnya.

Kala itu Presiden RI Abdurrahman Wahid (almarhum Gusdur) memiliki peranan penting dalam menginisiasi penegerian Unimal sebagai salah satu upaya rekonsiliasi dan membantu anak anak kurang mampu di wilayah Aceh.

Upaya ini merupakan bagian dari proses penyelesaian konflik Aceh yang menyeluruh sebagai suatu kebijakan strategis politik, mengingat wilayah Samudera Pasai yang terdiri dari Kabupaten Aceh Utara, Bireuen, Pidie, Aceh Timur, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara yang sebahagian wilayahnya merupakan daerah pusat konflik paling bergolak. serta paling intensif menentang pemerintah pusat sebagai akibat dari ketidakadilan dan kekeliruan kebijakan Pemerintah Pusat di masa lalu. Disamping itu, di wilayah tersebut juga memiliki deposit sumber daya alam yang maha kaya yang dapat diolah bagi kemakmuran masyarakat.

5. Unimal resmi menjadi PTN pada tahun 2001

Dukung Merdeka Belajar, SMA Harapan 3 dan Unimal Teken MoURektor Universitas Malikussaleh dan rombongan melakukan kunjungan ke SMA Harapan 3 Jalan Karya Wisata Ujung, Kecamatan Deli Tua, Deli Serdang, Jumat (22/1/2021). (Dok. IDN Times)

Menteri Pendidikan Nasional dengan keputusannya Nomor : 216/P/2000 tanggal 16 November 2000 membentuk Tim Persiapan Perubahan Status Universitas Malikussaleh Lhokseumawe dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), selanjutnya disingkat Tim Persiapan.

Akhirnya, dengan Rahmat Allah Yang Maha Kuasa, pada hari Sabtu Tanggal 8 September 2001 di Lhokseumawe, Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri meresmikan Pendirian Universitas Malikussaleh sebagai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi Masyarakat Aceh, semoga Allah SWT meridhai upaya kita bersama dalam mencerdaskan bangsa. Saat ini Universitas Malikussaleh memiliki singkatan nama Unimal.

Dengan dinegerikannya Universitas Malikussaleh, kini Provinsi Aceh yang berpenduduk sekitar 4,3 juta jiwa sudah memiliki dua universitas negeri, yakni Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh dan Universitas Malikussaleh (Unima) di Lhokseumawe, Aceh Utara, serta satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry di Darussalam Banda Aceh.

Baca Juga: Dukung Merdeka Belajar, PT TPL Teken MoU dengan Kampus USI

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya