Comscore Tracker

Ajak Olahraga, Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama dengan Gadget

Biasakan anak bermain di luar ruangan

Binjai, IDN Times - Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir dengan tajuk “Menjadi Pemimpin Cerdas dan Cakap Digital”.

Hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Umar Fauzi Bahanan, Akademisi Ilmu Komunikasi; Humaini, Akademisi Ilmu Komunikasi; Warjio, Ketua Prodi Ilmu Politik FISIP USU; dan Ibnu Jarot Jauhari, Penyuluh Non PNS Agama Islam, Kemenag Kota Binjai.

Ibnu Jarot Jauhari menuturkan karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, watak, budi pekerti dan akhlak ataupun ciri khas (karakteristik) yang dimiliki oleh seseorang yang dapat membuat seseorang berbeda dari orang lain, baik di dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) dirinya.

“Karakter biasanya memiliki hubungan dengan sifat-sifat yang relatif tetap dan bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Mengajari Anak Berpuasa Gak Sulit, Simak Nih 5 Caranya

1. Harus memahami revolusi teknologi baru

Ajak Olahraga, Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama dengan GadgetIlustrasi main game. (IDN Times/Mardya Shakti)

Warjio, menjelaskan dari sekian banyak  tantangan beragam dan menarik yang kita hadapi saat ini, yang paling intens dan penting adalah bagaimana memahami dan membentuk revolusi teknologi baru yang memerlukan tidak kurang dari transformasi umat manusia.

2. Terkadang anak-anak lebih cakap menggunakan digital dibanding orang tua

Ajak Olahraga, Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama dengan GadgetIlustrasi Bermain Game (IDN Times/Mardya Shakti)

Umar Fauzi Bahanan, menyampaikan teknologi informasi dan Komunikasi telah memberikan manfaat yang signifikan di segala bidang kehidupan manusia, mulai dari bidang sosial hingga ekonomi dan bisnis. Siapa yang mampu mengelola Informasi dengan baik, akan memiliki posisi yang kuat untuk berkembang dan maju.

Menurutnya saat ini terkadang anak-anak lebih cakap menggunakan digital dibanding orang tua. Justru orang tua yang harus belajar lebih banyak kepada anak dalam menggunakan digital.

“Yang perlu dilakukan adalah kita sebagai orang tua harus memantau apa yang dilakukan anak dalam berselancar di dunia digital, kita sebagai orang tua harus mengembalikan kebiasaan anak di luar seperti olahraga dan lainnya, jangan terlalu sering menggunakan gadget,” jelasnya.

3. Manfaatkan skill yang kita miliki untuk hal yang bermanfaat di internet

Ajak Olahraga, Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama dengan GadgetLatihan Akademi Sepakbola Utamasia (Dok. IDN Times)

Humaini mengatakan internet menjadi suatu kebutuhan yang sangat pokok, banyak hal yang didapat dari internet, internet menjadi referensi dalam realitas keseharian.

Chacha Annissa selaku Key Opinion Leader menyampaikan karena sekarang semua serba online dan adanya gadget kita bisa melakukan banyak hal, jadi kita harus berhati hati dalam menggunakan gadget jangan sampai kita terjerumus dalam kenikmatan internet.

“Kita bisa menggunakan internet untuk positif dan jauhkan hal negatif dan manfaatkan skill yang kita miliki untuk hal yang bermanfaat di internet,” jelasnya.

Baca Juga: Bank Sampah Yamantab, Upaya Kecil Menjaga Lingkungan di Tapteng

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya