Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Event W20 di Danau Toba

Beberap Fakta Menarik Seputar W20 di Danau Toba

Women20 (W20) Summit akan digelar di kawasan Danau, Niagara Hotel, Simalungun, Sumatra Utara pada 18-21 Juli mendatang.

Gelaran ini merupakan salah satu rangkaian Engagement Group G20 Indonesia Presidency 2022. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) siap mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Berikut beberapa fakta menarik seputar W20 yang akan berlangsung mulai besok.

1. Ini negara anggota G20

5 Fakta Menarik Seputar Event W20 di Danau TobaGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan keterangan pers mengenai penyelenggaraan Women-20 (W20) di Halaman Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (15/6). W20 akan berlangsung pada 19-21 Juli di Danau Toba, tepatnya di Parapat Kabupaten Simalungun, Sumut.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Dari 20 negara anggota, yang sudah menyatakan akan hadir sebanyak 14 hingga 15 negara.

W20 sebagai salah satu engagement group G20, fokus pada isu-isu perempuan bertema “Recover Together, Equally”, dan akan mengadvokasi dan mengimplementasikan komitmen isu pemberdayaan perempuan dan kesetaraan bagi perempuan di G20.

Indonesia meneruskan estafet keketuaan atau presidensi G20 dari Italia dan untuk pertama kalinya pada tahun 2022. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, pada Minggu, 31 Oktober 2021 yang lalu.

Presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar “Recover Together, Recover Stronger”. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga: W20 Presidensi Indonesia, Fokus Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan

2. Ada 4 tokoh wanita dunia yang akan hadir

5 Fakta Menarik Seputar Event W20 di Danau TobaAnne Hathaway (Dok. nationalpost.com)

Akan Ada empat tokoh wanita dunia yang akan datang adalah aktris Hollywood Anne Hathaway, Melinda Gates, Ratu Rania Yordania, hingga Ratu Maxima Belanda. Siapa aja sih mereka?

Melinda Ann French atau dikenal juga dengan nama Melinda Gates. Seorang pebisnis dan filantropis asal Amerika Serikat (AS).

Melinda adalah mantan istri dari CEO Microsoft, Bill Gates, sekaligus pendiri dan pendamping serta ketua pendamping Bill & Melinda Gates Foundation.

Melinda Gates pernah jadi manajer unit untuk beberapa produk Microsoft seperti Publisher, Microsoft Bob, Encarta, dan Expedia.

Anne Hathaway adalah aktris Hollywood Anne Hathaway lahir di Brooklyn, New York, AS, 12 November 1982.

Ia dikenal sebagai aktris Hollywood yang populer lewat perannya sebagai Mia Thermopolis dalam film produksi Disney. Selain dalam film, Hathaway juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Artis menawan ini juga menjadi anggota The Creative Coalition, The Step Up Women's Network, Lembaga non Profit untuk RS anak, Kampanye HAM, dan Teater non Profit untuk anak-anak cacat.

Ratu Rania Al-Abdullah atau Queen Rania merupakan Ratu Yordania, istri dari Abdullah II Jordan yang kini sedang menjabat sebagai Raja Yordania. Queen Rania memiliki kepedulian yang tinggi terhadap beberapa masalah sosial, baik lokal maupun global seperti masalah anak-anak, pendidikan dan kasus sosial lainnya. 

Terakhir adalah Queen Maxima of the Netherlands. Maxima Zorreguieta Cerruti lahir 17 Mei 1971 adalah Permaisuri Belanda yang merupakan istri dari Raja Willem-Alexander.

Ia menjadi permaisuri pasca kenaikan tahta suaminya pada tahun 2013, dan merupakan Permaisuri Belanda pertama sejak 1890.

Sosok Maxima juga dikenal memiliki kepedulian tinggi kepada imigran yang masuk ke Belanda.

Selain itu tokoh perempuan skala nasional yang aka hadir di antaranya CEO perbankan dunia Melly Ellen Iskenderian, Direktur Bank Dunia Mari Elka Pangestu dan Direktur Eksekutif UN Women Sima Sami Bahous.

3. Sebanyak 775 personel gabungan TNI Polri akan mengamankan acara

5 Fakta Menarik Seputar Event W20 di Danau TobaIDN Times/Prayugo Utomo

Sebanyak 775 personel gabungan TNI, Polri dan unsur lain disiapkan untuk pengamanan W20 yang diselenggarakan di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 18-20 Juli 2022.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi meminta seluruh pasukan yang bertugas untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya. Sebab akan ada delegasi-delegasi dari berbagai negara yang akan hadir pada perhelatan W20 di Danau Toba. 

“Seluruh tim, baik tim pengamanan maupun tim yang berurusan langsung dengan protokoler saya minta lakukan secara profesional dan proporsional, jadilah kita tuan rumah yang baik, kita tunjukkan Sumut yang bermartabat,” kata Edy.

4. Ada pameran produk ekonomi kreatif

5 Fakta Menarik Seputar Event W20 di Danau TobaIDN Times/Prayugo Utomo

Untuk meramaikan acara, akan ada menggelar pameran yang akan menampilkan berbagai produk ekonomi kreatif.

Pameran tersebut akan digelar selama 10 hari yang dimulai dari 15-24 Juli 2022 di Pantai Bebas Parapat. Yuk ramaikan

5. Ada pameran mobil dan sepeda motor listrik

5 Fakta Menarik Seputar Event W20 di Danau TobaIDN Times/Prayugo Utomo

Selain promosi produk UMKM, rangkaian kegiatan juga akan menyasar kepada isu lingkungan di Danau Toba. Para delegasi akan diajak dalam kegiatan melepaskan burung dan ikan endemik.

BPODT juga menggandeng PT PLN (Persero)  untuk memamerkan mobil dan sepeda motor listrik. Ini adalah bagian promosi kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat.

Para delegasi juga dijadwalkan akan menyebrang ke Samosir untuk mengunjungi Huta Siallagan. Di atas KMP Kaldera Toba, delegasi juga akan mendapat pemaparan tentang proses terjadinya Danau Toba. Baik dari sisi mitologi dan ilmiah.

Selanjutnya delegasi akan disuguhi atraksi budaya Batak dan storytelling tentang batu persidangan Huta Siallagan. Para delegasi akan melakukan tari tor tor bersama.

BPODT juga menggandeng komunitas pemuda Rumah Karya Indonesia (RKI) untuk  menggelar  nonton bareng. Nantinya akan dilaksanakan pemutaran film pendek dan series karya anak-anak muda Danau Toba di Ampitheater RTP Pantai Bebas Parapat pada malam hari.

Baca Juga: Arungi Liga 2, Homebase Karo United Resmi di Stadion Teladan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya