TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Simalungun Sudah Terapkan New Normal, Edy Rahmayadi Semprot Bupati

Simalungun tak termasuk daerah yang direstui Jokowi

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (dok Humas Sumut)

Medan, IDN Times – Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih disemprot Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi karena sudah menerapkan new normal atau kenormalan baru di tengah pandemik COVID-19. Edy tampaknya sedikit berang dengan kebijakan yang diambil JR Saragih.

“New Normal itu keputusannya dari gubernur. (Simalungun) salah itu,” ujar Edy kepada awak media di Medan, Selasa (2/6).  

Penerapan kenormalan baru di Simalungun bahkan mendahului DKI Jakarta dan daerah lain yang sudah ditetapkan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Simalungun juga tidak termasuk dalam 102 daerah yang dapat restu Jokowi untuk penerapan kenormalan baru.

Baca Juga: Tak Direstui Jokowi, Simalungun Nekat Berlakukan New Normal Hari Ini

1. Simalungun sama sekali tidak pernah koordinasi dengan Pemprov Sumut terkait penerapan kenormalan baru

Buoati Simalungun JR Saragih bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kata Edy, Bupati JR Saragih sama sekali tidak berkoordinasi dengan dirinya terkait penerapan new normal. Apalagi saat ini, Sumut juga tengah membahas soal regulasi new normal yang belum tahu kapan akan diterapkan.

“Sumut ada 33 Kabupaten kota dan berbeda beda kondisinya. Tak bisa dipukul rata semua. Sehingga nanti, contohnya Simalungun, pelaksanaannya bla bla bla semua, Medan, pelaksanannya bla-bla...Itu pun harus seizin Menkes,” tukasnya.

2. New normal rencananya akan dituangkan dalam Pergub

Aparat kepolisian memeriksa sushu tubuh masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Minggu (24/5) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Regulasi new normal nantinya, kata Edy, akan dituangkan ke dalam peraturan gubernur. Dia tidak mau terburu-buru dalam membahas soal regulasi ini. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. “Makanya, masanya saat ini adalah transisi,” ujar Mantan Pangkostrad itu.

Baca Juga: Simalungun Terapkan New Normal, Anggota DPRD: Itu Belum Tepat

Berita Terkini Lainnya