[FOTO] Bebas, Begini Detik-Detik Ahok Keluar Rutan Mako Brimob

Sudah jalani hukuman dipenjara hampir 2 tahun

Jakarta, IDN Times - Basuki Tjahaja "Ahok" Purnama keluar rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada Kamis (24/1) pagi.

Ia sudah mendekam selama hampir dua tahun karena kasus dugaan penistaan agama.

Media dan sebagian pendukung Ahok telah menanti di depan rutan sejak pagi tadi. 

Namun, mereka harus menelan kekecewaan karena Ahok sudah keluar dari rutan Mako Brimob tanpa diketahui oleh publik. Tapi, tim Ahok kemudian mengunggah beberapa foto di akun media sosial mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk menyampaikan kepada publik bahwa ia telah benar-benar bebas. 

Ahok dijatuhkan vonis bersalah telah menista agama pada 9 Mei 2017 lalu oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pria yang kini ingin disapa sebagai BTP itu menerima keputusan majelis hakim, namun bersikukuh membantah telah menodai agama Islam. 

Oleh sebab itu, ia menolak fasilitas pembebasan bersyarat yang pernah ditawarkan oleh Kemenkum HAM dan menunggu waktunya untuk bebas penuh. Berikut beberapa foto yang diunggah ke akun media sosial Ahok dan menggambarkan detik-detik pembebasannya dari rutan Mako Brimob. 

1. Ahok terlihat tengah menandatangani dokumen sebagai persyaratan adminstratif untuk bisa keluar dari rutan Mako Brimob

[FOTO] Bebas, Begini Detik-Detik Ahok Keluar Rutan Mako Brimob(Ahok tengah menandatangani dokumen pembebasan) Instagram/@basukibtp

Baca Juga: Ahok Diam-diam Meninggalkan Mako Brimob, Ahoker Kecele

2. Ahok membubuhkan cap tiga jari di dokumen pembebasan. Wajah Ahok terlihat sumringah saat akan dibebaskan

[FOTO] Bebas, Begini Detik-Detik Ahok Keluar Rutan Mako Brimob(Ahok melakukan cap tiga jari) Instagram/@basukibtp

3. Ahok menerima dokumen pembebasan dari pihak rutan Mako Brimob

[FOTO] Bebas, Begini Detik-Detik Ahok Keluar Rutan Mako Brimob(BTP akhirnya menghirup udara bebas) www.instagram.com/@basukibtp

Secara administratif, mantan Bupati Belitung Timur itu ditahan di Lapas Cipinang. Namun, pada praktiknya, Ahok selama hampir dua tahun ditahan di rutan Mako Brimob Kelapa Dua. 

Menurut Kepala Lapas Cipinang, Andika Dwi Prasetya, dokumen administrasi untuk pembebasan Ahok sudah disiapkan di Lapas Cipinang. 

"Tapi pelaksanaan (pembebasannya) di rutan Mako Brimob. Hanya penyelesaian seperti penyerahan surat lepas, pencatatan buku keluar, pengambilan sidik jari," ujar Andika ketika dikonfirmasi di Lapas Cipinang pada Kamis (24/1). 

4. Ahok dijemput pulang oleh putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama

[FOTO] Bebas, Begini Detik-Detik Ahok Keluar Rutan Mako BrimobPutra sulung Ahok Nicholas Sean Purnama bersama adik Ahok. (Instagram.com/fifiletytjahajapurnama)

Menurut keterangan staf Ahok, Sakti, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijemput pulang oleh putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama. Ahok kemudian berkumpul bersama keluarga di suatu tempat yang hingga saat ini belum diketahui. 

Berdasarkan informasi, Ahok tidak berkumpul dengan keluarganya di rumah di Villa Pantai Mutiara. 

Baca Juga: Ahok Bebas: Anak Sulung Menjemput di Mako Brimob

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya