Mendagri: KTP Digital untuk Berbagai Keperluan di Masa Depan

Dukcapil berkembang dengan bantuan teknologi

Batam, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyoroti pentingnya data yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Hal itu diungkapkan Tito saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil 2024 yang diselenggarakan secara hybrid di Harmoni One Hotel Batam, Selasa (27/2).

“Dukcapil adalah satu-satunya instansi yang memiliki data kependudukan terlengkap dibanding instansi lain di Indonesia. Data ini menjadi sangat penting untuk pemerintah dan swasta dalam membangun Indonesia,” kata Tito.

1. Dukcapil sebagai jantung bangsa

Mendagri: KTP Digital untuk Berbagai Keperluan di Masa Depanilustrasi masyarakat Bali sembahyang (unsplash.com/Ruben Hutabarat)

Tito menjelaskan, data Dukcapil menjadi dasar untuk perencanaan pembangunan, pendataan kemiskinan ekstrem, tingkat pendidikan, dan distribusi bantuan sosial.

Ia memberikan apresiasi terhadap Dukcapil sebagai ‘jantung bangsa’ karena data yang dimilikinya mencakup hampir semua aspek kehidupan dan perencanaan di Indonesia.

“Dukcapil ini seperti jantung bangsa karena semua data berada di sini,” ujarnya.

2. Dukcapil berkembang dengan bantuan teknologi

Mendagri: KTP Digital untuk Berbagai Keperluan di Masa DepanTampilan KTP digital (IDN Times/Khusnul Hasana)

Dalam upayanya untuk meningkatkan pemanfaatan data, Mendagri menyebutkan bahwa basis data tersebut akan terus berkembang dengan dukungan teknologi.

Pemerintah berencana untuk mengembangkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital sebagai langkah menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“KTP digital ini nantinya akan menjadi dasar untuk digital ID yang akan digunakan dalam berbagai keperluan di masa depan,” lanjutnya.

3. Mendagri apresiasi inovasi yang dilakukan Dukcapil

Mendagri: KTP Digital untuk Berbagai Keperluan di Masa DepanSeorang warga Gunungpati Semarang saat menjajal aplikasi IKD untuk mengecek data e-KTP dan TPS untuk pemilu 2024. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga memberikan apresiasi terhadap inovasi yang sudah dilakukan oleh Dukcapil.

Adapun beberapa inovasi yang dilakukan seperti integrasi sistem administrasi kependudukan yang memudahkan masyarakat untuk memperpanjang KTP, mencetak Kartu Keluarga (KK), dan berbagai keperluan kependudukan lainnya.

“Inovasi ini sangat membantu masyarakat, mengurangi beban bagi mereka yang tinggal jauh dari daerah asal,” tutupnya.

Baca Juga: Pelarian Buronan Interpol Yusuke Yamazaki Terhenti di Batam

Putra Gema Pamungkas Photo Community Writer Putra Gema Pamungkas

🛵🛵🛵

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya