Artis HH Dipulangkan, Masih Berpotensi Menjadi Tersangka Prostitusi

Pengacara tak banyak bicara

Medan, IDN Times – Artis peran berinisial HH hanya menjadi saksi dalam kasus prostitusi yang menjeratnya. Begitu juga pengusaha berinisial A yang memakai jasa untuk memuaskan nafsu birahinya.

Keduanya hanya ditetapkan sebagai saksi oleh Polrestabes Medan. Sementara itu, polisi menetapkan R, pengemudi taksi online yang membantu HH selama di Medan sebagai tersangkanya. Termasuk seorang fotografer berinisial J diduga muncikari yang saat ini masih buron.

1. HH kembali ke Jakarta, pengacara bungkam

Artis HH Dipulangkan, Masih Berpotensi Menjadi Tersangka ProstitusiPersonel kepolisian membawa artis berinisial HH (tengah) saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7/2020). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Usai konferensi pers yang digelar polisi Selasa 14 Juli 2020, HH pulang ke Jakarta. Dia terlihat keluar dari Kantor Satreskrim Polrestabes Medan bersama pengacaranya Machi Ahmad, Rabu (15/7/2020), sekitar pukul 15.56 WIB.

HH yang bercelana biru tampak buru-buru masuk ke dalam mobil yang sudah menunggu di depan pintu. Machi yang ditanyai awak media pun tak banyak bicara. Dia menyebut jika mereka langsung kembali ke Jakarta. Mobil yang membawa mereka langsung bergerak keluar dari Mapolrestabes Medan.

“Iya-iya (langsung balik ke Jakarta),” ujar Machi sambil bergegas masuk ke dalam mobil.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan, Kompol Martuasah Tobing juga membenarkan pemulangan Hana Hanifah.

"Iya sudah pulang," tutur Martuasah dengan singkat.

Baca Juga: Status Artis FTV HH Belum Jelas, Keluarga: Insyaallah Pulang Hari Ini

2. J diburu polisi hingga ke Jakarta

Artis HH Dipulangkan, Masih Berpotensi Menjadi Tersangka Prostitusi(Ilustrasi prostitusi online) IDN Times/Sukma Shakti

Polisi terus mengembangkan kasus prostitusi tersebut. Sementara tersangka R disangkakan melanggar Pasal 2 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang (human traficking). Dia terancam dengan hukuman penjara selama tiga tahun dan maksimal 15 tahun penjara

Polisi juga tengah memburu J. Fotografer yang diduga menyambi menjadi muncikari. “Kami sedang kami dalami ke Jakarta,” ujar Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko.

3. HH dan A masih berpotensi menjadi tersangka

Artis HH Dipulangkan, Masih Berpotensi Menjadi Tersangka ProstitusiIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, HH mengaku sudah menerima Rp20 juta dari J. Uang itu diduga sebagai uang muka yang disetor oleh A, pengusaha yang memakai jasa HH.

Polisi juga menduga HH menggunakan dokumen palsu. Namun polisi enggan membeberkan dokumen apa yang dipalsukan HH. Polisi pun mendalami kasus itu. Riko akan mengirimkan anak buahnya ke Jakrta.

HH mengaku sudah menjalani bisnis prostitusi selama setahun. Dia mengaku baru pertama kali ke Kota Medan. Polisi pun tengah mengembangkan pengakuan HH. Sejumlah obrolan di ponsel miliknya terdapat kontak terhadap sejumlah kolega di Jawa Timur, Sumsel, Jabar dan lainnya. Namun Riko belum mau menyimpulkan itu berkaitan dengan kegiatan prostitusi.

Meski berstatus saksi, HH masih akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Tidak tertutup kemungkinan dia juga dijadikan tersangka. “Mungkin dan sangat mungkin,” jelas Riko.

HH yang dihadirkan dalam konferensi pers itu pun menyampaikan permintaan maaf. “Pertama-tama saya memohon maaf kepada kedua orang tua saya dan kerabat saya. Saya mengucapkan permohonan maaf kepada warga kota Medan. Dan saya berterima kasih kepada bapak Kapolda Sumut, bapak Kapolres Medan dan Satreskrim Polrestabes yang sudah menjaga saya selama di Kota Medan. dan tim penasihat hukum Machi dan Kak Putri. Status Saya di sini hanya sebagai saksi,” ucap perempuan yang juga dikenal aktif dalam kegiatan modelling itu.

Untuk diketahui, HH dan A digerebek di salah satu kamar hotel di kawasan Medan Barat, Minggu 12 Juli 2020 malam. Saat digerebek keduanya dalam keadaan tidak berbusana. Polisi menyita sejumlah barang bukti, termasuk sekotak alat kontrasepsi.

Baca Juga: Diduga Prostitusi, Ini Kronologi Penangkapan Artis FTV HH di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya