Hari Lahir Pancasila, Aulia Rachman Minta Tak Hanya Jadi Seremonial

Nilai Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Medan, IDN Times - Dalam rangka memeringati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kota Medan menggelar upacara yang dipimpin Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman di Halaman Kantor Wali Kota Medan, pada Kamis (1/6/2023).

Wakil Wali Kota Medan tampak mengenakan pakaian baju adat Melayu berwarna hitam beserta peci.

Dalam kata sambutan, Aulia Rachman memberikan arahan peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni ini  yang tidak semata-mata hanya menjadi seremonial.

“Peringatan hari lahir Pancasila menjadi peringatan rutin pada 1 Juni setiap tahunnya. Hal ini sebagaimana telah ditetapkan melalui peraturan Presiden nomor 24 tahun 2016 tentang hari lahir Pancasila. Penetapan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila tidak semata-mata menjadi seremonial belaka. Namun, kita diajak untuk meningkatkan semangat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di setiap aspek kehidupan kita dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkap Aulia Rachman.

“Pancasila adalah ideologi bangsa kita yang nyata membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya. Oleh sebab itu, dalam peringatan hari lahirnya Pancasila sudah saatnya kita semakin menjiwai dan menerapkan setiap pesan dalam Pancasila,” tutur Wakil Wali Kota Medan.

1. Butir-butir Pancasila diminta untuk memaknai dan mengimplementasikan

Hari Lahir Pancasila, Aulia Rachman Minta Tak Hanya Jadi SeremonialPemko Medan menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Wali Kota Medan (Dok. Istimewa)

Aulia Rachman menambahkan pesan kepada seluruh pemangku kekuasaan mulai eselon 2 sampai yang terendah di lingkungan Pemko Medan.

“Saat ini peradaban kita sudah sangat berubah, moral-moral kita sudah sangat, kebersamaan d idalam kehidupan bermasyarakat sudah mulai terkikis saat ini sudah mulai sirna. Butir-butir Pancasila tersebut penuh dengan makna tapi kita belum bisa mengimplementasikan makna tersebut,” ujar Aulia Rachman.

Baca Juga: Saksi Ungkap Kekasih Menyesal Disuruh Ikut Membunuh Eks DPRD Langkat 

2. Timbulkan rasa jiwa nasionalisme terkhusus untuk warga Medan

Hari Lahir Pancasila, Aulia Rachman Minta Tak Hanya Jadi SeremonialPemko Medan menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Wali Kota Medan (Dok. Istimewa)

Wakil Wali Kota Medan menyarankan bagi seluruh yang duduk didalam Pemerintahan Kota Medan terkhusus di Kecamatan dan Kelurahan agar bisa hadir di  tengah keluarga bukan masyarakat. 

Hal ini dikatakan guna menimbulkan rasa jiwa nasionalisme didalam tubuh bangsa ini terkhusus rakyat kota Medan.

“Kita harus memaknai nilai Pancasila bahwa kita sebagai pelayan masyarakat bisa memberikan pelayanan terbaik, dan bisa mengedukasi. Saya haqqul yaqin kebersamaan jiwa nasionalis didalam tubuh kita ini akan bangkit dan Insyallah program-program pemerintah bisa berjalan dengan mulus berkat dukungan bersama dengan rakyat Kota Medan,” pesan Aulia Rachman.

3. Diharapkan pesan ini dilakukan dengan ramah dan santun

Hari Lahir Pancasila, Aulia Rachman Minta Tak Hanya Jadi SeremonialPemko Medan menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Wali Kota Medan (Dok. Istimewa)

Diharapkan pesan ini dapat dilaksanakan dengan santun dan ramah, untuk memberikan pelayanan dan solusi yang terbaik bagi masyarakat kota Medan.

“Insyallah apa yang diharapkan momentum lahirnya Pancasila ini bisa kita nikmati untuk anak dan cucu kita kedepan,” tutup Aulia Rachman.

Sebagai tanda kebesaran, hadir Ketua DPRD Medan, Hasyim memimpin pembacaan teks Pancasila dalam memeringati Hari Lahir Pancasila. Dilanjut dengan pembacaan laporan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Turut hadir juga seluruh jajaran dilingkungan Pemerintah Kota Medan dalam upacara hari lahir Pancasila.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Kesultanan Deli di Upacara Hari Lahir Pancasila

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya