Bebas dari Penjara, Ahok Bakal Masuk Partai Politik?

PSI berharap Ahok bergabung untuk memperkuat TKN

Jakarta, IDN Times - Meski pernah mendekam dipenjara karena tuduhan penodaan agama, pesona Ahok tak pudar.

Para Ahokers tetap setiap mendukungnya. Tak heran ia bakal menjadi rebutan partai politik untuk mendongkrak suara pada Pemilu 2019.

Banyak kabar yang menyebutkan bahwa Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok akan bergabung dengan partai politik tertentu. Salah satu yang diterpa kabar tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Karena kabar tersebut masih simpang siur, PSI sendiri masih enggan menganggap kabar tersebut sebagai pernyataan yang firm.

1. PSI berharap Ahok bergabung

Bebas dari Penjara, Ahok Bakal Masuk Partai Politik?IDN Times/Gregorius Aryodamar

Namun, partai berlogo tangan memegang bunga ini tak mengelak bahwa mereka ingin Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017 itu bergabung ke partai mereka.

“Tentunya PSI berharap beliau bergabung ke PSI,” kata Juru Bicara PSI, Dedek Prayudi kepada IDN Times, Kamis (24/1).

2. Tetap menghormati pilihan Ahok

Bebas dari Penjara, Ahok Bakal Masuk Partai Politik?IDN Times/Gregorius Aryodamar

Meski berharap, lelaki yang akrab dipanggil Uki itu mengaku akan menghormati pilihan Ahok kemanapun dia akan melabuhkan pilihan politiknya.

"Tapi, kemanapun pak Ahok berlabuh itu adalah hak beliau. Saya yakin beliau mengutamakan refreshing," ujarnya.

Baca Juga: PSI Berharap Ahok Bergabung ke Partainya Usai Menghirup Udara Bebas

3. TKN juga harap Ahok bergabung

Bebas dari Penjara, Ahok Bakal Masuk Partai Politik?IDN Times/Gregorius Aryodamar

Bukan hanya PSI, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin juga berharap Ahok bergabung dalam kelompoknya.

"Tentu saja kami di TKN berharap dukungan Pak Ahok,” ujar Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf, Dedek Prayugi kepada IDN Times, Kamis (24/1).

Menurut Dedek, bergabungnya Ahok akan menambah semangat TKN karena mantan Bupati Belitung Timur itu dinilai merupakan stimulan yang memunculkan figur-figur bersih.

4. Ahok salam 3 jari, apa artinya?

Bebas dari Penjara, Ahok Bakal Masuk Partai Politik?Instagram/@ima.mahdiah

Setelah menghirup udara bebas usai mendekam dibalik jeruji besi Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat akibat kasus penistaan agama, dan mengurus registrasi kebebasannya di Mako Brimob, dalam sebuah foto Ahok tampak mengacungkan salam 3 jari.

Momen kebebasan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut langsung menyebar di jagat media sosial, lantas apa ya arti dari salam 3 jari tersebut?

Salah satu kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang juga merupakan tim BTP, Imah Mahdiah menjelaskan arti dari salam 3 jari Ahok tersebut.

Di media sosial Instagram miliknya, Imah menyebut bahwa itu merupakan salam kepada partai PDI Perjuangan.

“Pas lagi pengambilan sidik jari. @basukibtp: ‘Ini bukan no 1 atau 2, tapi 3’. Gw: ‘gapapa pak no 3 kan @pdiperjuangan’. BTP: ‘oh iya poto ulang berarti,” jelas Ima di akun Instagram pribadi miliknya.

Baca Juga: Kubu Jokowi-Ma'ruf Berharap Dukungan Ahok untuk Pilpres 2019

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya