Pekanbaru Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis Porsi Rp15 Ribu 

Dipersiapkan untuk 1.000 siswa PAUD hingga SMP

Pekanbaru, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, bakal melakukan uji coba program pemberian makan bergizi gratis kepada anak-anak. Sasarannya mulai PAUD hingga tingkat SMP.

Melalui Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, uji coba makan bergizi gratis tersebut, bakal dilakukan di dua sekolah, yakni satu SD dan satu SMP. Dimana, nantinya disiapkan untuk 1.000 anak.

"Rencana untuk simulasi ini satu SD dan satu SMP dulu," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Kamis (1/8/2024).

"Uji coba dilakukan satu kali pada pekan ketiga bulan ini (Agustus)," sambungnya.

Terkait dengan hal ini, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru belum memiliki kriteria tertentu, terhadap penerima manfaat makan bergizi gratis tersebut.

1. Gandeng swasta untuk dapatkan dana CSR

Pekanbaru Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis Porsi Rp15 Ribu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal (IDN Times/ IG disdikpku)

Lebih lanjut dikatakan Jamal, dalam program tersebut, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akan menggandeng pihak swasta. Tujuannya, untuk mendapatkan dana CSR dalam membiayai uji coba makan bergizi gratis tersebut.

"Pakai dana CSR dulu untuk simulasi. Kita akan coba dengan porsi sekitar Rp15 ribu," katanya.

"Nantinya juga dilakukan kajian dengan porsi Rp15 ribu untuk satu anak, apakah memenuhi gizi empat sehat lima sempurna," sambungnya.

2. Masih mengaji penyedia makan, apakah melibatkan komite atau UMKM

Pekanbaru Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis Porsi Rp15 Ribu https://dpmpt.kulonprogokab.go.id/detil/1301/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia

Diterangkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru itu, pihaknya masih mengaji apakah melibatkan pihak komite atau pelaku UMKM untuk penyedia makan bergizi tersebut.

"Jadi yang masak-masaknya belum diputuskan, belum ada juknis-nya. Bisa juga komite nanti yang dekat dengan sekolah yang masak," terangnya. 

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, terkait menu makanan yang disediakan. Menu yang diberikan tentunya yang sesuai standar gizi yang telah ditetapkan.

3. Prediksi Januari 2025 program berjalan

Pekanbaru Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis Porsi Rp15 Ribu ilustrasi kalender (pexels.com/Shvets Production )

Ditambahkannya, Jamal memprediksi, untuk program pemberian makan bergizi gratis itu, bakal berjalan mulai Januari 2025 mendatang.

"Dengan uji coba ini, akan dilakukan evaluasi terhadap kekurangan yang ditemukan di lapangan nantinya," tambahnya.

Baca Juga: Gegara Suap Kasus Narkoba, Pasutri Polisi dan Jaksa Divonis Penjara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya