Comscore Tracker

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman Warga

Pilot teriak minta tolong!

KAMPAR, IDN Times - Satu unit pesawat tempur Hawk milik Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin jatuh di pemukiman warga di Kubang, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6). Pilot ditemukan selamat meski jet tempur itu hangus terbakar.

"Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri seperti dilansir Antara Pekanbaru.

Zukri mengatakan pesawat tersebut hanya diterbangkan oleh seorang pilot.

Sementara itu, sejumlah warga mengatakan pilot terjatuh sekitar 30 meter dari lokasi pesawat terbakar.

1. Satu rumah rusak parah akibat dihantam langsung badan pesawat Hawk

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman WargaRumah rusak akibat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (Dok. IDN Times/Istimewa) (IDN Times/Virda Elisa)

Satu rumah rusak parah akibat dihantam langsung badan pesawat Hawk dengan nomor registrasi TT-0209 tersebut.

Salah satu warga, Hendri mengatakan, kebetulan rumah itu telah lama kosong karena ditinggal pemiliknya.

"Sudah enam bulan lebih rumah itu kosong. Pemiliknya pegawai BUMN yang tugas di luar kota Pekanbaru. Rumah itu baru direhab, tapi sekarang rusak," ujarnya dilansir Antara, Senin (15/6).

Baca Juga: Pesawat Tempur Jatuh Rusak di Kampar, Tiga Rumah Warga Rusak

2. Warga dengar pilot minta tolong

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman WargaIDN Times/esquiresg.com

Tak lama setelah mendengar suara dentuman yang keras, salah seorang warga bernama Hotma Nurjana mendengar suara pria yang meminta tolong. Dia pun keluar dari rumah dan melihat Lettu Pnb Apriyanto Ismail jatuh di atas atap rumah lalu terguling ke tanah.

"Pilotnya jatuh di atap lalu jatuh ke bawah, kita warga yang nolong. Dengar teriakan dia, tolong mati aku. Terus nampak (pilot) terguling-guling. Tapi saya ndak berani tolong jadi saya minta tolong warga lainnya. Lalu banyak orang ramai yang foto-foto," ungkap Hotma kepada awak media.

3. Pilot alami luka memar di mata

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman WargaRumah rusak akibat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (Dok. IDN Times/Istimewa)

Saat terjatuh di atap rumah warga, Lettu Pnb Apriyanto Ismail tampak mengenakan parasut. Warga sekitar yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.

Indra Kusuma yang merupakan salah seorang warga yang menolong pilot dari Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin tersebut, Lettu Pnb Apriyanto tak mengalami luka yang parah. Hanya ada memar di bawah mata.

"Kita kasih salep memar di matanya dan kasih dia minum," sebutnya.

Saat ini pilot berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU.

4. Ketiga rumah rusak itu kini dipasangi garis polisi dan dijaga aparat TNI

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman WargaRumah rusak akibat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (IDN Times/Virda Elisa)

Sementara itu, satu rumah lainnya yang rusak berada di samping rumah yang mengalami kerusakan parah tersebut. Kerusakan kecil hanya terjadi pada bagian pagar rumah.

Kemudian satu rumah lainnya yang juga rusak berada sekitar 500 meter dari lokasi pesawat jatuh. Rumah itu rusak akibat tertimpa kursi pelontar. Tampak rumah itu mengalami kerusakan pada bagian atap.

Ketiga rumah rusak itu kini dipasangi garis polisi dan dijaga aparat TNI.

5. Warga dan media dilarang ambil foto dan video

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman WargaPesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (Dok. IDN Times/Istimewa)

Pantauan di lapangan puluhan anggota TNI berada di sekitar lokasi kejadian di perumahan Mutiara, Jalan Sialang Indah, Desa Kubang, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Riau. Tim Basarnas dan anggota kepolisian juga berada di sekitar kejadian.

Aparat TNI terlihat cukup tegas melarang warga dan awak media untuk mengambil foto dan video bangkai pesawat yang telah dibungkus terpal.

6. Sudah beberapa kali pesawat jatuh di Riau

Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman WargaIDN Times/id.wikipedia.org

Sebelumnya, pada 16 Oktober 2012, sebuah pesawat Hawk 200 buatan British Aerospace Inggris milik TNI AU juga jatuh di sekitar perumahan Pandau Permai, Kabupaten Kampar.

Kemudian pada 30 Oktober 2007 pesawat tempur TNI AU juga jatuh Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.

Dan, pada 21 November 2006, Pesawat Hawk 209 bernomor seri TT 0207 milik TNI AU jatuh di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, karena kerusakan mesin.

Baca Juga: Jatuh di Atap Rumah Warga, Pilot Pesawat Tempur Teriak Minta Tolong

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya