Comscore Tracker

Kartini Masa Kini, Ini 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan 

#AkuPerempuan Selamat Hari Kartini

Medan, IDN Times - Siapa yang tak tahu dengan pelopor kebangkitan perempuan yang lahir pada 21 April. Ya, ia adalah R.A Kartini. Sejarah RA Kartini sendiri memang sangat menginspirasi banyak perempuan. Terbukti dari pesan-pesan yang disampaikannya. Habis gelap terbitlah terang adalah surat-surat Kartini yang berisi harapanya untuk memperoleh pertolongan dari luar kala itu.

Untuk melanjutkan perjuangannya, anak muda harus berkeinginan kuat dan mandiri seperti beliau untuk kemajuan bangsa. Namun, kalau kamu berpikir sangat sulit menjadi seperti beliau, lakukan 5 langkah berikut. Terlihat sederhana, namun ini bisa kamu terapkan untuk dirimu sendiri.

1. Kamu perlu mengatur waktumu dengan baik

Kartini Masa Kini, Ini 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan unsplash.com/Kyle Gregory Devaras

Untuk menjadi Kartini masa kini kamu perlu mengatur waktumu dengan baik. Ini adalah syarat utama dan banyak diantara mereka yang tidak tahu caranya. Keraslah disiplin waktu terhadap dirimu sendiri. Sikap ini akan membantumu menjadi Kartini masa kini.

2. Sikap selalu ingin belajar

Kartini Masa Kini, Ini 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan Pexels/Tranmautritam

Sikap selalu ingin belajar adalah syarat menjadi Kartini masa kini. Ayo niatkan pada dirimu untuk terus belajar dari hal-hal baru. Dengan begitu, kamu bisa memperjuangkan hak-hak mu sendiri.

Baca Juga: Inspirasi Perempuan, 11 Fakta Tentang R.A Kartini yang Patut Kamu Tahu

3. Belajar bahasa baru

Kartini Masa Kini, Ini 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan pexels.com/mentatdgt

Mulai sekarang, belajar lah mempelajari bahasa baru.  Hal ini, akan menjadi keseruan yang luar biasa untukmu. Kamu bisa buktikan sendiri manfaat dari belajar bahasa baru. Buktikan kamu bisa, dan buktikan bahwa hal ini bisa membuatmu naik satu kelas. Jangan ragu untuk berteman dengan wanita di seluruh dunia. Luaskan relasimu untuk melanjutkan perjuangan R.A Kartini.

4. Membaca buku

Kartini Masa Kini, Ini 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan https://www.pexels.com/@zenzazione

Tidak perlu diragukan lagi bagaimana kekuatan sebuah buku. Namun bagaimana sikapmu setelah membaca buku itulah yang perlu dipertanyakan. Tidakkah menjadi percuma membaca buku setiap hari jika kamu hanya diam saja dan tidak melakukan apapun setelahnya? Menjadi Kartini masa kini harus bergerak dan melakukan perubahan.

5. Berani bermimpi dan mewujudkannya

Kartini Masa Kini, Ini 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan IDN Times/Istimewa

Meski setiap kemungkinan dapat terjadi dalam perjalanan kita meraih mimpi, seperti halnya Ibu R.A Kartini yang tidak dapat melanjutkan mimpinya menjadi dokter dan berakhir menjadi guru, namun percaya atau tidak mimpi yang ditulis seperti memiliki kekuatan lebih. Sebenarnya bukan soal apa yang kita tulis, tetapi kemauan dan keyakinan kita menulis mimpi itulah yang membuatnya menjadi kenyataan.

Suatu hari, meskipun mimpi itu tidak terwujud, takdir baik akan menghampiri kita. Seperti halnya Kartini yang namanya terus dikenang sampai saat ini.

Baca Juga: Perempuan-perempuan Sumbar yang Tidak Kalah Harum dari Kartini

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya