Comscore Tracker

Sudah Buka Puasa Bersama Alumni Sekolahan? Ini 5 Faedahnya

Menjaga silaturahim itu penting yah guys...

Medan, IDN Times - Ramadan tinggal sehari lagi. Kalian sudah ikutan momen buka puasa bersama teman-teman lama belum?

Buka puasa bersama atau yang kita kenal sebagai bukber, seperti sudah menjadi budaya di Indonesia. Entah siapa yang memulai tradisi ini. Tapi, saban tahun Ramadan, bukber selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu lho guys.

Bukber biasanya juga menjadi ajang lain untuk sekadar reunian. Mulai dari teman alumni SD, SMP, SMA atau pun sekantor. Bahkan ada juga yang bikin bukber teman alumni se-Taman Kanak-Kanak (TK).

Namun, siapa yang tahu. Di balik bukber dengan segala ceritanya, tersirat nilai yang bisa diambil faedahnya.

1. Silaturahim jadi nilai utama dalam bukber

Sudah Buka Puasa Bersama Alumni Sekolahan? Ini 5 FaedahnyaIDN Times/istimewa

Harus dipahami, silaturahim menjadi nilai tertinggi saat bukber. Ajang bukber terkadang mempertemukan kita dengan teman-teman yang sudah bertahun-tahun tidak bersua.

Biasanya, yang jarang ketemu itu adalah para alumni di sekolah. Nah di momen bukber ini kita bisa bertatap muka langsung.

Dalam ajaran Islam silaturahmi aadalah salah satu amalan yang mulia. Banyak ayat Alquran dan hadis yang menganjurkan kita untuk menyambung tali silaturahim.

Rasulullah juga pernah bersabda. “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka muliakanlah tamunya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka sambunglah tali silaturahim. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka katakanlah yang baik atau diam” (HR. Bukhari).

Baca Juga: Ramadan 2019, 6 Pasangan Artis Ini Dikaruniai Anak

2. Membangun relasi membuka pintu rezeki

Sudah Buka Puasa Bersama Alumni Sekolahan? Ini 5 FaedahnyaIDN Times/istimewa

Faedah bukber lainnya adalah membangun relasi. Silaturahmi lah yang jadi penyambung relasi.

Dari relasi yang terjalin, tak menutup kemungkinan terbuka pintu rezeki. Obrolan dalam bukber terkadang memunculkan ide-ide baru untuk membuka peluang di bidang ekonomi. Karena biasanya, teman-teman yang sudah jarang bertemu berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan.

Dalam Bukber juga bisa membagi pengalaman dengan teman kita.

3. Mengingat kisah lama zaman berseragam sekolah

Sudah Buka Puasa Bersama Alumni Sekolahan? Ini 5 FaedahnyaIDN Times/Indiana Malia

Poin yang ini dikhususkan untuk yang bikin momen bukber bersama alumni sekolahan. Obrolan-obrolan tentang kisah zaman sekolahan pasti bakal jadi topik bahasan utama.

Mulai dari membahas soal kenakalan, mantan pacar, teman sekelas, guru, hingga jadi ajang pencarian teman-teman yang sudah tak ada kabarnya.

Nah..romantisme zaman sekolah ini juga mempererat silaturahmi dengan para alumni. Khususnya yang pernah seangkatan waktu duduk di bangku sekolah.

4. Membuat terus awet muda

Sudah Buka Puasa Bersama Alumni Sekolahan? Ini 5 Faedahnyaunsplash.com/lesly juarez

Momen bukber ternyata juga bisa membuat awet muda guys. Sambil bersilaturahmi, setidaknya, kita juga saling mendoakan teman-teman kita. Bahkan tak jarang asa yang curhat soal perasaan atau pun soal perjalanan hidup.

Setidaknya bisa mengurangi ketegangan psikologi dengan membagi cerita kepada teman-teman. Melupakan sejenak persoalan yang dihadapi.

5. Melebur konflik di masa lalu

Sudah Buka Puasa Bersama Alumni Sekolahan? Ini 5 FaedahnyaSumber Gambar: www.hpa.com.eg

Bukber juga bisa jadi ajang rekonsiliasi. Mana tahu ada yang pernah punya konflik di masa lalu. Lewat bukber, bisa juga saling memaafkan soal konflik di masa lalu.

Ingat, bukber adalah momen silaturahmi.

Yuk...ikutan Bukber...

Pasti jadi salah satu hal yang dirindukan saat Ramadan. Semoga kita masih dipertemukan lagi dengan Ramadan tahun depan

Baca Juga: Wujud Keberagaman, Warga Tionghoa Bagi Makanan Berbuka Puasa di Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya