Comscore Tracker

Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong 

Padahal aslinya ramah kok!

Medan, IDN Times - Banyak orang yang beranggapan bahwa orang pendiam selalu identik dengan sifat sombong. Belum lagi, jika tak mengenal secara langsung. Biasanya orang pendiam juga dinilai menarik diri dari pergaulan, dianggap sering menyendiri dan ‘sibuk’ dengan dunianya sendiri.

Karena perilaku seperti itu, banyak pula yang menjulukinya arogan, tak peka, kurang peduli, dan apatis tingkat tinggi. Di balik itu semua, sebenarnya ada alasan mengapa orang pendiam biasanya terkesan sombong karena kurang peduli dengan lingkungan dan suasanya sekitarnya. Apa saja? Yuk intip!

1. Suka menyendiri bukan berarti tak mau bersosialisasi

Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong Pexels/Leah Kelley

Kebiasaan seorang pendiam yang senang menyendiri membuatnya kerap dianggap sebagai sosok yang antisosial. Padahal gak begitu kok, kesendirian mereka lebih didasarkan atas rasa nyaman dan kebiasaan yang sama sekali tak berkaitan dengan kesombongan. Pada situasi tertentu, si pendiam mau juga kok berbaur dengan lingkungan sekitar.

2. Hanya tertawa bersama orang-orang tertentu

Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong Photo by Helena Lopes on Unsplash

Jika bertemu dengan orang-orang yang mampu menjembatani karakternya, orang pendiam biasanya akan kehilangan karakternya sebagai seorang pendiam. Ia bisa tertawa terbahak atau jingkrak-jingkrakan jika berhadapan dengan orang-orang tertentu. Hal tersebut yang menjadi alasan orang pendiam hanya mau berteman dengan segelintir orang saja sehingga membuatnya kerap dicap sombong.

Baca Juga: Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenak"

3. Suasana ramai membuat mereka merasa ‘kelelahan’

Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong pexels.com/Pille Kirsi

Bagi orang yang pendiam, suasana ramai adalah situasi yang sangat mereka hindari. Ia biasanya akan merasa lelah ketika berada dalam keramaian dalam jangka waktu lama. Hal itu lah yang membuat mereka ingin beristirahat dengan menyendiri agar tenaganya bisa pulih kembali.

4. Mereka kurang ekspresif padahal aslinya ramah kok

Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong unsplash/ Alex Halyoake

Karena si pendiam memang biasanya terlihat kaku dan kurang eksresif pada situasi tertentu, maka orang lain akan dengan mudah menganggapnya sebagai si sombong. Meski aslinya ramah, orang dengan ekspresi datar akan selalu dianggap apatis karena kurang peduli dengan suasana sekitar. Mau sedih, senang, melihat yang lucu, atau marah, wajah si pendiam akan terlihat sama dari waktu ke waktu.

5. Jarang ngomong membuat mereka terkesan sombong

Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong instagram.com/festering.wounds

Orang pendiam memang biasanya jarang ngomong meski di lingkungan sekitarnya sedang terjadi perdebatan panjang. Jikapun ditanya basa-basi, si pendiam hanya akan menjawab sekadarnya tanpa keinginan bertanya balik. Sikap dasar inilah yang menjadi penyebab utama mengapa seorang pendiam sering diidentikkan dengan sikap sombong. Padahal, sikap sombong tidak selalu harus dikaitkan dengan banyak atau sedikitnya omongan, ya kan?

Baca Juga: Bro, Ini 5 Hal yang Membuat Kamu Terlihat Sombong di Mata Cewek

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya