Comscore Tracker

Sering Mengeluh? Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Faktor yang Memicunya

Tarik nafas dalam-dalam dan buang perlahan

Medan, IDN Times - Datangnya masalah silih berganti kerap membuat kita melontarkan keluhan. Entah itu sekedar mengaduh dan mencerca keadaan hidup yang dirasa begitu menyedihkan.

Banyak berkeluh kesah bukan membuat hidupmu semakin tenang dan nyaman, justru semakin runyam dan gak tenang. Apapun masalah yang menghadang, coba hadapi dengan kepala dingin dan selalu tenang.

Tarik nafas dalam-dalam dan buang perlahan. Setiap ujian hidup bukan untuk dihindari, melainkan dilewati dengan ikhlas dan lapang hati. Berikut, IDN Times merangkup, 5 hal yang memicu kamu dalam berkeluh kesah menghadapi masalah. 

1. Terlalu sempit memandang masalah

Sering Mengeluh? Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Faktor yang MemicunyaUnsplash.com/Soroush Karimi

Orang yang mempunyai masalah terkadang akan begitu mudah berkeluh kesah. Ia akan merasa tak berdaya menghadapi setiap ujian yang menghadang. Hal ini bisa saja dilatarbelakangi oleh terlalu sempitnya pola pikir kita dalam memandang masalah.

Ketika menghadapi ujian, seseorang harus punya perspektif luas dalam mencari solusi. Semua bisa digencarkan asal dibarengi dengan ikhtiar dan berdoa. Ingatlah, jika kita merasa hidup sudah sedemikian susah, sebenarnya masih banyak saudara kita yang lebih sulit lagi hidupnya. Untuk itu, lebih baik perbanyak bersyukur daripada mengeluh.

Baca Juga: Sukses dengan Harry Potter, Ini 10 Kisah Kerasnya Hidup J.K. Rowling

2. Dikuasai nafsu sehingga gampang mengeluh

Sering Mengeluh? Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Faktor yang MemicunyaPexels/Karyme

Seorang manusia harus mampu meredam nafsu, karena jika tidak, kita sendiri yang akan terjebak dan merugi sampai mati.

Nafsu harus dikendalikan, terutama jika mengarah ke arah negatif yang berdampak buruk bagi hidup kita. Nafsu harus dikalahkan, karena manusia sudah diberikan akal dan hati untuk mengendalikannya.

Terkadang jika nafsu sudah menguasai diri, seseorang bisa lepas kontrol dan bisa dengan mudah merusak dirinya, salah satunya dengan cara mengeluhkan masalah hidupnya.

3. Gak ikhlas menghadapi masalah

Sering Mengeluh? Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Faktor yang Memicunyaunsplash.com/Aricka Lewis

Tak bisa dipungkiri keikhlasan menjadi faktor penting saat menghadapi masalah. Jika kita ikhlas menjalani hidup, maka hati pun akan lapang dan tenang.

Sebaliknya jika tidak ikhlas, maka tidak heran rentetan keluhan akan keluar dari mulut kita, karena sulitnya menghadapi alur kehidupan yang tengah ia jalani.

Jadikan keikhlasan sebagai ikhtiar kita melewati ujian, jangan buat hati nelangsa karena sulitnya medan. Beri ruang hati untuk lapang dada menghadapi masalah.

4. Tidak percaya diri dalam menghadapi masalah

Sering Mengeluh? Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Faktor yang MemicunyaPixabay.com

Hidup memang selalu menawarkan cerita baru di setiap harinya, tidak ada kisah yang sama, dan hari esok selalu menjadi misteri karena hanya Tuhan saja yang tahu keadaannya.

Untuk itu dibutuhkan Kepercayaan diri dalam melewati hidup ini, libatkan Sang Maha Pencipta sebagai petunjuk jalan kita menjalani hari di dunia ini.

5. Jauh dari Sang Pencipta

Sering Mengeluh? Tanpa Kamu Sadari, Ini 5 Faktor yang MemicunyaPexels.com/Tess Emily Seymour

Ketika manusia sudah jauh dari Sang Penciptanya, hati tentu akan hampa alias merasa kosong. Seringnya mengeluh juga menjadi penyebab diri kita yang mungkin sudah terlalu jauh dari Sang Pencipta.

Padahal hidup ini tentu tak lepas dari campur tangan sang maha, untuk itu semestinya kita sebagai manusia berserah dan memohon petunjuk pada-Nya.

Baca Juga: Liza Tanjung Tampilkan Busana Edgy Style yang Terinspirasi dari Saong 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya