Comscore Tracker

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan 

Pengin sukses lewat pikiran alam bawah sadar?

Banyak orang-orang sukses yang mengatakan bahwa kunci kesuksesan adalah sebuah keyakinan. Yakin untuk percaya bahwa kita bisa mencapai kesuksesan itu sendiri. Banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk mencapai kesuksesan tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan pikiran alam bawah sadar kita atau subconscious mind. Pikiran bawah sadar juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan lho, entah itu pengen keluar negeri, lancar pas berbicara di depan umum, atau bahkan pengen kuliah juga bisa.

Lalu gimana sih caranya agar bisa melatih pikiran alam bawah sadar kita? Karena tidak jarang banyak orang yang gagal dalam melatih pikiran bawah sadarnya, sehingga apa yang di inginkannya tidak tercapai. Nah, berikut setidaknya ada 13 cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih pikiran alam bawah sadar kamu. Pantengin sampai habis ya!

1. Siap untuk melihat perubahan yang tidak dapat diubah

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk melatih pikiran alam bawah sadar kamu adalah bukan yakin dulu, tetapi siap atau bersikap terbuka untuk menerima apakah hal yang kamu inginkan itu mungkin terjadi. 

2. Izinkan diri sendiri untuk menjadi bahagia atau sukses

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/ROONAE Productions

Setiap orang mendefinisikan kebahagiaan dan kesuksesan itu berbeda-beda. Ada yang menganggap sudah sukses apabila mendapat pekerjaan yang sesuai passion, bahagia setelah berat badan turun, atau bahkan mendapat rangking di kelas.

Tetapi, akan lebih baik jika terlebih dahulu kamu mengizinkan diri kamu sendiri untuk bahagia atau mengizinkan kamu untuk sukses. Misalnya dengan mengucapkan "Saya membiarkan diri saya sendiri untuk bahagia, untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, serta mengizinkan saya untuk sukses."

3. Jangan biarkan pendapat orang lain membuat dirimu ragu

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Sebagai contoh ketika kamu hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebagian orang mungkin akan berpendapat bahwa untuk apa sekolah tinggi-tinggi tapi ujung-ujungnya ke dapur?

Untuk kamu yang sedang melatih pikiran alam bawah sadar kamu, akan lebih baik jika kamu tidak mendengarkan pendapat orang lain yang belum tentu baik untuk kamu. Lakukanlah sesuatu yang menurutmu benar.

4. Kelilingi diri kamu dengan hal-hal positif setiap harinya

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Tirachard Kumtanom

Percayakah kamu bahwa pikiran kita adalah sumber kehidupan kita? Ketika kamu selalu berpikir positif, maka hal-hal positif lah yang akan hadir ke hidup kamu. Dan begitu juga sebaliknya ketika kamu selalu berpikir negatif, maka yang akan datang ke hidupmu juga hal-hal negatif. Itulah yang dinamakan dengan hukum tarik-menarik alam bawah sadar.

Jadi mulai sekarang kelilingi hidupmu dengan hal-hal yang positif ya. Kamu bisa memulainya dengan berhenti mengikuti akun-akun di media sosial yang tidak ada manfaatnya seperti akun gosip dan mulai mengikuti akun-akun di media sosial tentang motivasi misalnya, atau bahkan mendengarkan musik yang membangkitkan semangat.

5. Pikirkan rencana untuk mencapainya di masa sekarang, bukan di masa yang akan datang

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Bich Tran

Kebanyakan orang hanya berbicara mengenai keinginannya di masa yang akan datang, tetapi tidak memikirkan cara untuk mencapainya. Jadi, alih-alih kamu mengucapkan tentang "Aku akan mempunyai rumah itu nanti."

Tapi akan lebih baik jika kamu mengucapkan "Mulai sekarang aku akan mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama untuk membeli rumah."

Baca Juga: 5 Tempat yang Disukai Orang Introvert Menghabiskan Waktunya 

6. Visualisasikan apa yang kamu inginkan

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/ Ketut Subiyanto

Ketika kamu sudah menyusun rencana, saatnya kamu harus memvisualisasikannya, baik itu di dalam pikiran, menuliskannya di kertas, atau gambarnya diprint kemudian di tempel di kamar kamu juga bisa lho. Dengan hal itu kamu akan mempermudah jalan kamu untuk mencapainya sehingga kamu tidak akan kehilangan arah. Selain itu, cara ini juga akan membuat kita semakin semangat dalam mencapainya serta konsisten.

7. Identifikasi hal yang bisa membuat kamu semakin yakin

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexel.com/Andrea Piacquadio

Ketika kita sudah sangat yakin dengan apa yang kita capai, pasti ada saatnya kita akan mengalami keraguan. Nah, ketika hal itu terjadi akan lebih baik jika kamu bertanya kepada dirimu sendiri sehingga kamu semakin yakin bahwa kamu bisa mencapainya.

Misalnya dengan bertanya "Kenapa aku harus bisa ber-public speaking?".Jawabannya "Karena jika aku bisa public speaking itu akan mempermudah aku untuk semakin percaya diri, serta bisa menaikkan jabatanku." 

8. Perbanyak bersyukur dalam hidup

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Tima Miroshnichenko

Tahukah kamu ketika kamu merasa cukup dengan segala sesuatu yang kamu miliki, itu berarti kamu siap untuk menerima nikmat yang lebih banyak lagi. Selain itu, bersyukur akan membuat hidup kamu lebih tenang karena tidak merasa kekurangan. Mulailah bersyukur dari hal-hal kecil ya.

9. Katakan apa yang kamu inginkan

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Moose Photos

Mulai sekarang ucapkanlah apa yang kamu inginkan dalam hidup. Dengan mengucapkan hal itu, alam bawah sadar akan membantu kamu untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Ucapkanlah hal-hal positif setiap harinya sembari berusaha mewujudkan hal itu.

10. Jangan katakan "Bagaimana", tapi katakanlah "mengapa"

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Anna Tarazevich

Daripada kamu mengatakan "Bagaimana aku bisa mendapatkan sesuatu?" Lebih baik kamu mengatakan "Mengapa aku harus mendapatkan sesuatu?" Dengan begitu kamu akan terdorong untuk berusaha mendapatkan apa yang kamu inginkan tersebut.

11. Bergaul dengan circle pertemanan yang positif

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Lendric Fauntleroy

Percayakah kamu bahwa circle pertemanan kamu itu bisa menentukan kebiasaan kamu? Jika kebiasaan circle kamu adalah suka mengeluh, bermalas-malasan, dan suka bergosip, maka kemungkinan besar kebiasaan kamu juga akan seperti mereka.

Begitu juga sebaliknya, jika circle kamu adalah orang-orang yang positif, rajin, suka beribadah, maka kemungkinan besar kebiasaan kamu juga akan menjadi positif.

12. Isi waktu luang kamu dengan motivasi dan afirmasi positif

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Ivan Samkov

Ketika kamu sedang menunggu temanmu, menunggu dosen masuk ke kelas, atau bahkan sedang berada di bus, kamu bisa mengisi waktu luang tersebut dengan menonton video motivasi atau bahkan menonton podcast yang berhubungan dengan apa yang ingin kamu capai. 

13. Buat rutinitas harian dan konsistenlah

13 Cara Melatih Pikiran Bawah Sadar untuk Mencapai Kesuksesan pexels.com/Aline Viana Prado

Kamu bisa mengisi pagi hari kamu dengan membaca buku, olahraga, menonton podcast, journaling, atau bahkan meditasi. Rutinitas di pagi hari akan menentukan seperti apa kita di hari itu. Jika pagi hari kita isi dengan hal-hal positif, maka kemungkinan besar di hari itu juga kita akan selalu bersikap positif. Selain itu, rutinitas di pagi hari juga akan membuat kita semakin produktif.

Nah, itu dia guys setidaknya ada 13 cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih pikiran alam bawah sadar kamu. Semakin kamu yakin bahwa kamu bisa mencapainya maka kemungkinan besar hal itu akan terjadi. Jangan lupa buat berusaha dan berdo'a juga ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga: 6 Fakta Unik dari Musik untuk Mengurangi Stres dan Cemas

Bunga Photo Community Writer Bunga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya