Comscore Tracker

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantor

Buat kemampuan bahasa Inggris di kantor semakin kaya

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris lancar di dunia kerja tak dapat dipungkiri membuat seorang karyawan menjadi memiliki nilai plus. Namun, kamu mungkin masih menganggap kemampuan bahasa Inggris kamu pasif. Kuncinya memang cuma satu percaya saja dengan kemampuan kamu dan latihlah lewat praktek sebanyak mungkin. Selain itu, agar cara berbicara kamu tidak terlihat terlalu kaku, kamu bisa coba gunakan idiom atau frasa dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa frasa atau kalimat umum yang biasa digunakan oleh para native speakers, yang erat dalam dunia kerja. Mengetahui dan memahami frasa bahasa Inggris paling umum digunakan ini akan membuatmu terdengar lebih natural saat berbicara dalam bahasa Inggris, sekaligus  membantumu lebih mudah memahami percakapan dari seorang native speakers. Berikut ini kumpulan frasa paling umum dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan sehari-hari khususnya di dunia kerja!

1. To eat one's word

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi para pegawai kantor sedang berdiskusi (unsplash.com/Arlington Research)

Sering terjadi di kehidupan sehari-hari, frasa idiom bahasa Inggris ini digunakan dalam kondisi ketika kamu ingin menarik kembali ucapan yang sudah kamu katakan. Contohnnya ketika dalam situasi kamu berpendapat mengenai seseorang atau suatu hal. Kemudian, kamu menyadari bahwa perkataan tersebut ternyata membuat seseorang tersinggung. Hingga akhirnya kamu ingin menarik kembali ucapanmu. Contoh kalimatnya seperti, "She ate her words when she realised, she was talking badly about the boss right to his face."

2. To make a splash

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi para pegawai kantor sedang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

"To make a splash" memiliki arti untuk menarik perhatian orang lain. Kamu mungkin memahami frasa ini sering digunakan ketika berada di kolam renang. Kemudian membuat percikan-percikan di dalam air yang bisa menarik perhatian banyak orang. Jadi pengertiannya, ketika seseorang melakukan sesuatu baik disengaja atau tidak hingga membuat banyak orang memperhatikannya. Contoh kalimatnya dalam dunia kerja, "Fred made a splash in the meeting today when his phone started ringing."

3. To be on the safe side

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi para pegawai kantor sedang berdiskusi (pexels.com/RF._.studio)

Jika kamu sedang melakukan meeting bersama para rekan kantor, ketika kamu mengutarakan suatu pendapat, kamu bisa banget coba menambahkan frasa bahasa Inggris satu ini. "To be on the safe side", memiliki arti untuk menciptakan rasa aman dan meminimalisir kemungkinan risiko yang akan terjadi. Contoh kalimat penerapan frasa ini, "We recorded a video of the incident just to be on the safe side."

4. As far as one can tell

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi para pegawai kantor sedang berdiskusi (pexels.com/jopwell)

Kalau frasa bahasa Inggris umum satu ini memiliki arti menyimpulkan sesuatu berdasarkan informasi yang tersedia. Misalnya, ketika kamu menarik kesimpulan sebuah informasi berdasarkan dari apa yang kamu lihat, berdasarkan apa yang beredar secara online, dan lain sebagainya. Contoh kalimat penerapan frasa ini, "As far I could tell, the shop was closed today."

Baca Juga: 7 Bahasa Asing yang Wajib Kamu Pelajari Selain Bahasa Inggris

5. To go down the drain

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi seorang pegawai bekerja di depan laptop (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Ketika kamu merasa apa yang kamu lakukan tiba-tiba menjadi sia-sia, saat ada sesuatu tidak diinginkan terjadi. Frasa ini dipilih karena perasaan dalam situasi ini cocok diibaratkan seperti saat kamu menumpahkan kopi tanpa sengaja. Kamu harus membuatnya ulang dan semua jadi terasa seperti sia-sia. Contoh kalimatnya, seperti "All of his efforts on the new product went down the drain when the office caught fire."

6. To go down in history

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi karyawan presentasi di meeting (pixabay.com/RAEng_Publications)

Ketika kamu ingin meyakinkan bahwa pekerjaan kamu bersama tim, harus bisa tercatat dalam sejarah. Maka, katakan frasa bahasa Inggris "To go down in history" ini. Itu artinya kamu membuat atau melakukan sesuatu yang rasanya akan diingat selamanya, diingat dalam sejarah. Contoh kalimat yang menggunakan frasa ini, "His speech will go down in history as one of the great greatest!"

7. To take a rain check

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi seorang wanita sedang menelpon (pixabay.com/VinzentWeinbeer)

Frasa bahasa Inggris ini bisa kamu gunakan ketika kamu mendapatkan undangan bertemu atau acara tertentu dari orang lain. Dalam situasi ini seperti dengan rekan kerja, klien, dan lain sebagainya. Kamu terpaksa harus menolak ajakan mereka, namun berkeinginan untuk memenuhi undangan tersebut dalam kesempatan lain yang lebih memungkinkan. Maka, coba katakan, seperti pada contoh kalimat berikut, "I can't go to the market today, but I'm happy to take a rain check! How about next week?"

8. To take advantage of

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi dua karyawan dalam rapat (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Katanya hal ini bukan hal yang jarang terjadi di dunia kerja. Maksud dari frasa satu ini menggambarkan ketika seseorang berusaha memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau demi keuntungan dirinya sendiri. Namun, di sisi lain frasa satu ini juga tetap bisa digunakan dalam situasi yang positif atau netral. Ini bisa terjadi tergantung dari tujuannya. Adapun contoh kalimatnya, "He took advantage of the boss by showing up late to work each day."

9. To call something of

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi seorang boss menelpon (pexels.com/Kampus Production)

Frasa bahasa Inggris "to call something of" berarti membatalkan sesuatu. Mengatakan apa yang sebelumnya sudah direncankan untuk batal. Kamu mungkin akan sering akan menggunakan ini mengingat di kantor sering kali membuat janji temu untuk meeting atau bahkan membatalkan suatu acara dan lain sebagainya. Untuk hasil yang terdengar lebih natural, ingat-ingatlah frasa yang sering digunakan ini. Contoh kalimatnya, "We had to call the festival off when we found out that it was going to rain."

10. To come to a head

10 Frasa Umum Bahasa Inggris Sering Digunakan Sehari-Hari di Kantorilustrasi para pegawai kantor sedang berdiskusi (pexels.com/Darlene Alderson)

Frasa bahasa Inggris satu ini juga perlu kamu ingat-ingat. Karena penggunaannya cocok dalam situasi yang sering terjadi di kantor. "To come to a head" memiliki arti ketika sesuatu terjadi yang menyebabkan situasinya menjadi kritis, menjadi membahayakan, membuat sesuatu yang buruk atau serius terjadi. Contoh kalimat untuk frasa ini, "The situation come to a head when she showed up to a important meeting very late."

Yuk, mulai sekarang mulai tambah keahlian bahasa Inggris kamu melalui cara belajar dan penerapannya yang berbeda. Daripada menganggap kemampuan bahasa Inggris kamu terlalu pasif, langsung saja tes kelancaran berbahasa Inggris kamu dengan sering-sering latihan menggunakan bahasanya selayaknya saat seorang native speakers berbicara. Ingat, ada banyak manfaat dan peluang karir yang bisa kamu dapatkan dari lancar berbahasa Inggris yang mungkin menanti, loh.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Community Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya