Comscore Tracker

Begini 5 Cara Bikin Foto Keren saat Traveling Ala Nikko Ilham

Komunikasi dengan objek penting ya guys

Medan, IDN Times – Traveling menjadi tren bagi millennials saat ini. Setiap momentum traveling pasti layak untuk didokumentasikan.

Apalagi di Indonesia, begitu banyak destinasi wisata yang apik. Jika terdokumentasikan dengan baik, bisa semakin membuat keren media sosial kita guys.

Kali ini, IDN Times bertemu dengan Nikko Ilham. Laki-laki kelahiran 1995 ini, berbagi tips kreatif bagaimana memotret yang baik saat traveling.

Nikko adalah fotografer sekaligus content creator. Dia banyak mengunggah foto-foto perjalanannya ke sejumlah destinasi wisata. Sejak 2012 dia memulai menggunakan instagram. Sampai sekarang, pengikutnya terus bertambah.

Bagaimana Nikko mendokumentasikan hal – hal menarik yang ditemuinya saat traveling, simak nih tips nya.

1. Jadi traveler harus rajin bangun pagi guys

Begini 5 Cara Bikin Foto Keren saat Traveling Ala Nikko IlhamKarya Nikko Ilham saat traveling. (Dok. Nikko Ilham)

Kata Nikko, dia mulai tertarik dengan dunia traveling sejak 2015. Dia juga mulai mengunggah foto-foto menariknya saat itu. Di mulai dari mengulik-ulik, hal apa yang menarik bisa menginspirasi banyak orang.

“Kayaknya kok sayang kalau traveling tapi gak foto foto dan kita unggah ke media sosial,” ujar Nikko memulai obrolan santainya dengan IDN Times, Sabtu (1/10/2022).

Bahkan awalnya, Nikko cuma iseng saja. Namun keisengannya itu mulai dijalani serius.

Kata Nikko, jika hendak mendapat foto yang bagus saat jalan-jalan ke destinasi wisata, seorang traveler harus  rajin bangun pagi.

“Bangun pagi. Ini hal yang wajib. Karena di Indonesia matahari ketika pagi bagus. DI sini kita bisa mengeksplore banyak hal untuk didokumentasikan,” ungkapnya.

2. Arah cahaya penting untuk kualitas foto yang baik

Begini 5 Cara Bikin Foto Keren saat Traveling Ala Nikko IlhamKarya Nikko Ilham saat berkunjung ke Danau Toba. (Dok: Nikko Ilham)

Dalam perjalanannya, Nikko juga mengeksplorasi berbagai teknik fotografi. Ternyata, kata dia, arah datangnya cahaya bisa menjadi faktor penentu baik atau tidaknya foto.

“Jangan sampai backlight, ini kurang baik,” katanya.

3. Eksplorasi dan komunikasi dengan objek

Begini 5 Cara Bikin Foto Keren saat Traveling Ala Nikko IlhamKarya Nikko Ilham saat traveling. (Dok: Nikko Ilham)

Saat traveling, sudah tentu banyak hal yang akan ditemui. Ini bisa menjadi referensi objek foto.

Niko sendiri, lebih tertarik dengan human interest yang dibalut dengan lansekap yang bagus di suatu destinasi wisata.

Kemudian, yang tak kalah penting, fotografer juga harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan objek.

“Misalnya kita mau foto orang. Kita bangun komunikasinya. Ketika ada interaksi, maka pasti ada cerita menarik. Ini bisa menjadi cerita saat kita mengunggah foto itu ke media sosial,” ujar laki-laki yang punya latar belakang broadcasting ini.

4. Menentukan komposisi foto

Begini 5 Cara Bikin Foto Keren saat Traveling Ala Nikko IlhamKarya Nikko Ilham saat berkunjung ke kawasan Danau Toba. (Dok. Nikko Ilham)

Supaya foto memiliki perspektif, komposisi foto juga menjadi bagian penting. Soal komposisi ini juga sebenarnya bisa dieksplorasi. Pengetahuan tentang bagaimana komposisi foto juga sudah banyak ada di internet.

“Fotografi ini seni. Tapi bisa dipelajari. Meskipun gak saklek,” ungkapnya.

Nikko pun menyarankan, seorang fotografer tidak harus bertaut pada satu genre fotografi saja. Sehingga bisa mengeksplore genre lainnya.

“Pelajari banyak hal. Jangan takut mencoba,” ujarnya.

5. Maksimalkan editing foto

Begini 5 Cara Bikin Foto Keren saat Traveling Ala Nikko IlhamKarya Nikko Ilham saat traveling. (Dok Nikko Ilham)

Sebagai pemanis, fotografer juga harus bisa memaksimalkan editing. Nikko sendiri memakai lebih dari satu aplikasi editting untuk memaksimalkan fotonya. Karena, masing-masing aplikasi memiliki keunggulan tersendiri di fiturnya.

“Ini membuat foto lebih bervariasi,” pungkasnya.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya