Comscore Tracker

5 Hal Tersembunyi yang Bisa Digali dari Pertarungan Kawaki dan Boruto 

Ada beberapa hal mengejutkan dari situ

Saat ini manga Boruto sudah sampai edisi 47 yang menyajikan pertarungan Isshiki Otsutsuki kontra Kashin Koji dan ada penampakan Kawaki yang menjerit kesakitan dan segel karmanya hilang. Nah, menarik jika mengkaji apa yang dilihat di masa depan pada anime Boruto episode 1 yang sudah lama tayang. 

Saat itu diperlihatkan pertarungan Kawaji dan Boruto di desa Konoha yang hancur. Setelah manga Boruto berjalan, ada beberapa hal yang perlu digali dari penampakan di pertarungan itu apa saja? Ini 5 di antaranya.

1. Kawaki terlihat masih memiliki Karma

5 Hal Tersembunyi yang Bisa Digali dari Pertarungan Kawaki dan Boruto xuehua.us

Ini jadi menarik karena kejadian di manga Boruto 47. Di manga itu, segel Karma Kawaki hilang setelah Isshiki Otsutsuki bereinkarnasi dengan tubuh Jigen.

Karena di episode 1 Kawaki masih memiliki segel Karma, tampaknya antara Isshiki akan memberi Kawaki Karma lagi, atau itu Karma dari Otsutsuki berbeda.

2. Baik Kawaki maupun Boruto belum bereinkarnasi jadi Isshiki atau Momoshiki

5 Hal Tersembunyi yang Bisa Digali dari Pertarungan Kawaki dan Boruto Google

Saat seorang Otsutsuki bereinkarnasi, maka tubuh wadahnya akan diambil alih sepenuhnya. Lalu si Otsutsuki akan kembali jadi penampilannya yang sejati.

Ini terutama ditegaskan setelah proses reinkarnasi Isshiki di bab 47. 

Meski begitu, Kawaki dan Boruto tak menunjukkan transformasi seperti itu saat mereka bertarung.

Saat mereka berhadapan, keduanya masih menjadi wadah Otsutsuki (keduanya masih punya Karma), tapi mereka belum sepenuhnya dibajak untuk reinkarnasi.

Yang bikin khawatir adalah kalau ternyata setelah salah satu kalah dan mati, proses reinkarnasi resmi dimulai. 

Baca Juga: Efeknya Buruk, 3 Manusia Buatan di Boruto yang Harusnya Gak Diciptakan

3. Boruto bisa menggunakan Jougan dan Karma sekaligus

5 Hal Tersembunyi yang Bisa Digali dari Pertarungan Kawaki dan Boruto crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Ini menarik sekali, karena sejauh ini Jougan dan Karma tidak diperlihatkan aktif sekaligus Sumber kekuatan itu juga soalnya beda. Jougan dari Toneri, sementara Karma dari Momoshiki.

Saat Momoshiki membajak Boruto pun satu matanya menjadi Byakugan bukan Jougan. Gimana caranya Boruto bisa mengaktifkan dua kemampuan ini bersamaan?

Boruto bisa mengaktifkan Jougan ini juga seperti menandakan kalau saat itu Boruto masih menguasai tubuhnya, dan dia belum dibajak Momoshiki. 

4. Belum ada wajah baru di Batu Hokage

5 Hal Tersembunyi yang Bisa Digali dari Pertarungan Kawaki dan Boruto crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Di Batu Hokage yang hancur, wajah para Hokage beneran masih tujuh.

Ini pertanda kalau terjadi sesuatu kepada Naruto, seperti yang dikatakan Kawaki, maka kejadian itu belum berlangsung lama sebelum pertempuran Kawaki dan Boruto.

Dalam situasi seperti itu, kalaupun Naruto hilang atau dianggap mati, maka Hokage penerusnya belum sempat akan diukir wajahnya ke monumen.

Sama seperti saat Tsunade baru terpilih jadi Hokage baru. 

5. Apa maksudnya kata-kata "Era shinobi telah berakhir."

5 Hal Tersembunyi yang Bisa Digali dari Pertarungan Kawaki dan Boruto themoviedb.org

Baik Boruto dan Kawaki sama-sama mengucapkan kalau "Era shinobi telah berakhir." Kata-kata seperti itu tak bisa diucapkan semata karena Konoha hancur. Kalau Konoha hancur saja bisa dianggap era shinobi berakhir sih, Pain bisa mendeklarasikannya sejak dulu.

Namun saat itu Konoha pun pulih. Bila Kawaki bisa mendeklarasikan seperti itu, kemungkinan penyebabnya adalah seluruh desa ninja mungkin telah diserang juga. Tak hanya Konoha.

Itulah lima hal menarik dari pertarungan Kawaki dan Boruto di episode 1, yang kini jadi semakin menonjol setelah kita disuguhi pengungkapan soal Karma dan lain-lain.

Bagaimana pendapat kamu?

Baca Juga: Boruto Edisi 47 Ungkap Cara Membunuh Permanen Otsutsuki 

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Duniaku dengan judul 5 Hal Menarik dari Pertarungan Kawaki dan Boruto di Episode 1

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya