Comscore Tracker

9 Serial Anime yang Menemani Kamu dari Masa Kecil Hingga Dewasa

Kisah mereka tak akan pernah dilupakan penonton setianya

Anime adalah animasi asal Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan komputer. Kata anime merupakan singkatan dari animation yang merujuk pada semua jenis animasi. Di luar Jepang, istilah ini digunakan secara spesifik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi oleh negara Jepang. 

Tak hanya populer di Jepang, Anime juga sangat populer di Indonesia. Buat kamu yang sudah mengenal Anime sejak masa kanak-kanak pada era 90-an atau awal 2000-an dan masih mencintainya hingga saat ini, itu berarti kamu tumbuh dewasa bersama dengan anime kesukaan kamu. Di bawah ini adalah 9 serial Anime yang menemani kamu dari kecil hingga dewasa.

1. Neon Genesis Evangelion

https://www.youtube.com/embed/GZfuWMDEJpw

Neon Genesis Evangelion merupakan serial anime yang tayang perdana pada tahun 1995 dan tetap merilis episode hingga tahun 2021 lalu. Serial ini mengeksplorasi pengalaman dan emosi pilot Evangelion dan anggota Nerv ketika mereka mencoba untuk mencegah Angelss menyebabkan lebih banyak bencana alam.

Dalam perjalanannya, mereka dipanggil untuk memahami penyebab akhir dari peristiwa dan motif tindakan manusia.  Setelah hampir 30 tahun, Evangelion berakhir dengan film Thrice Upon A Time. Di sini, Shinji mengatasi bab tergelap dalam hidupnya. 

2. Bleach

https://www.youtube.com/embed/g4iZo9sAz9I

Setelah hiatus sejak tahun 2012, Bleach kembali akhir tahun ini dengan adaptasi dari arc terakhir manga yakni The Thousand-Year Blood War". Kembalinya Ichigo Kurosaki tidak hanya untuk memberikan kesimpulan kepada penggemar lama bahwa mereka telah menunggu hampir satu dekade, tetapi untuk mengakhiri bagian penting dari sejarah anime Bleach. Final Bleach tidak hanya akan menjadi anime terkeren yang pernah ada, tetapi juga menandai awal dari akhir era untuk penggemar dewasa yang tumbuh dengan judul anime yang ikonik ini.

3. One Piece

https://www.youtube.com/embed/S8_YwFLCh4U

Ketika pertama kali mengudara pada tahun 1999, One Piece tampaknya tidak lebih dari sekedar anime yang mengangkat tema bajak laut. Petualangan menyenangkan dan mengasyikkan Topi Jerami pada awalnya ditujukan untuk anak-anak tetapi semakin lama perjalanan Monkey D. Luffy dan teman-teman tumbuh bersama dengan penggemar mereka yang beranjak dewasa dan melihat betapa kerasnya dunia nyata.

Dunia One Piece hidup di bawah cengkeraman pemerintah, dan pembajakan adalah satu-satunya bentuk pemberontakan dan kekuatan yang dimiliki orang biasa. Impian sederhana Luffy tentang kerja keras dan persahabatan berkembang menjadi perjuangan untuk kebebasan dan keadilan, hal yang sangat related dengan penggemar dewasa anime ini.

4. Gintama

https://www.youtube.com/embed/GWeuZr6fT6o

Karena kelucuan mereka, dan final palsu yang tak terhitung jumlahnya, sepertinya anime yang satu ini masih jauh dari kata tamat. Tapi setelah membuat penonton tertawa sejak tahun 2006, pada tahun 2021 Gintama akhirnya pamit dengan penggemar setia mereka lewat film Gintama: The Final.

5. Doraemon

https://www.youtube.com/embed/oiCwcpB837A

Meskipun dimulai pada tahun 1973, Doraemon adalah andalan masa kecil yang bisa dinikmati oleh banyak generasi. Kisah Doraemon dan Nobita tidak lekang oleh waktu. Konon, Doraemon tahu bahwa masa kanak-kanak tidak akan bertahan selamanya, dan itu berakhir dengan adegan akhir dalam film Stand By Me.

Final sinematik dua bagian yang berfokus pada Nobita dan Doraemon yang berpisah saat Nobita bertambah tua. Doraemon masih sangat dicintai saat ini, tetapi Stand By Me adalah titik akhir yang pahit bagi banyak penggemar lama anime tercinta yang satu ini.

Baca Juga: Bukan Jinchuriki, 6 Manusia dengan Chakra Besar di Naruto 

6. Digimon Adventure

https://www.youtube.com/embed/wR7U3IDmFYA

Digimon Adventure adalah anime yang paling dicintai dari franchise Digimon yang sudah berjalan lama. Seperti penggemar mereka, DigiDestined bertemu dengan pasangan mereka yakni Digimon saat masih anak-anak, kemudian alur cerita beralih ke sekolah menengah di film Adventure Tri dan akhirnya dewasa di Last Evolution Kizuna. Setiap bab dari timeline Digimon Adventure bertepatan dengan usia kehidupan nyata penggemarnya, yang membuat seluruh konflik Last Evolution Kizuna menjadi lebih bermakna.

7. Yu-Gi-Oh! Duel Monsters

https://www.youtube.com/embed/nLn4J50xjIw

Yu-Gi-Oh! Duel Monster bertahan selama 224 episode dan tiga film yang mengesankan, salah satu anime paling terkenal yang menggunakan konsep permainan kartu. Duel Monsters berlangsung cukup lama dan tumbuh bersama dengan penggemarnya. Yami Yugi benar-benar melakukan ini di awal Yu-Gi-Oh! GX ketika dia mewariskan warisan gamenya kepada Jaden.

8. Naruto

https://www.youtube.com/embed/-G9BqkgZXRA

Ketika berbicara tentang pahlawan shonen, tidak ada yang setua Naruto Uzumaki. Dalam seri pertamanya, Naruto adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dengan impian besar menjadi Hokage berikutnya. Alih-alih tetap seperti itu selamanya, Naruto menjadi remaja yang gelisah tapi gigih di Shippuden, dan mengakhiri petualangannya ketika dia akhirnya menjadi Hokage.

Apa yang membuat akhir perjalanan Naruto lebih bermakna adalah penggemar aslinya yang berusia kira-kira sama dengan dia, dan ini bukanlah akhir dari cerita Naruto. Setelah Shippuden, Naruto menyerahkan kendali kepada putranya Boruto di Bortuo: Naruto Next Generations.

9. Inuyasha

https://www.youtube.com/embed/UCFBsLagBPk

Setelah jeda enam tahun yang dimulai pada tahun 2004, pertempuran Inuyasha, Kagome, dan teman-teman mereka melawan kejahatan akhirnya berakhir dengan Inuyasha: The Final Act. Dengan nsebuah epilog yang menunjukkan semua orang memiliki kehidupan baru, di mana ada yang hidup bersama keluarganya, tetapi ini bukan akhir dari kisah Inuyasha.

Pada tahun 2020, Inuyasha kembali dengan Yashahime: Princess Half-Demon yang mengisahkan tentang anak-anak dari karaker yang ada dalam anime Inuyasha. Pada saat Yashahime ditayangkan, mereka yang tumbuh bersama Inuyasha kini telah dewasa, beberapa di antaranya memiliki keluarga sendiri.

Walaupun sudah berlangsung selama belasan atau bahkan puluhan tahun, nyatanya Anime masih tetap digemari hingga saat ini. Tak jarang ada Anime yang disukai oleh lintas generasi seperti Anime di atas.

Baca Juga: Andalan Klan Uchiha di Naruto, 7 Fakta tentang Mata Sharingan

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya